Apa Itu WordPress? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Itu WordPress? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa Itu WordPress? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya – WordPress, nama yang tidak asing lagi bagi para blogger, developer, dan bahkan masyarakat umum yang ingin membangun website. Platform Content Management System (CMS) ini telah menjadi pilihan utama bagi lebih dari 43% website di dunia, termasuk blog Gapurahoster, karena kemudahan penggunaan dan fitur-fitur canggihnya. Bahkan website besar seperti Microsoft & Harvard University pun menggunakan WordPress.

Kelebihan WordPress & Mengapa banyak orang Memilih WordPress

Ada beberapa faktor yang membuat WordPress begitu populer diantara web developer ataupun pengguna awam yang membuat website untuk berbagai kebutuhan, berikut ini beberapa alasan mengapa mereka memilih WordPress :

1. Gratis dan Open-Source

WordPress dapat digunakan secara gratis tanpa biaya lisensi. Platform ini bersifat open-source, memungkinkan siapa saja untuk memodifikasi dan mendistribusikan kodenya. Hal ini membuka peluang bagi komunitas developer untuk berkontribusi dan mengembangkan plugin serta tema yang inovatif. Banyak web developer di seluruh dunia mengembangkan WordPress untuk berbagai kebutuhan baik untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk project clientnnya.

2. Mudah Digunakan

WordPress terkenal dengan user interface yang intuitif dan user-friendly. Pengguna baru pun dapat dengan mudah membuat dan mengelola website tanpa memerlukan pengetahuan coding yang rumit. Bahkan dengan hadirnya fitur Gutenberg Editor bawaan WordPress ataupun Plugin Web Builder yang dikembangkan oleh para WordPress Developer seperti Elementor, Beaver Builder, Siteorigin dll saat ini semua orang bisa membuat website sendiri dengan semudah drag & drop saja.

3. Fleksibilitas dan Skalabilitas

WordPress menawarkan berbagai macam plugin dan tema yang memungkinkan Anda untuk membangun website dengan berbagai fungsi dan desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Platform ini juga skalabel, sehingga dapat berkembang bersama dengan kebutuhan website Anda. Sehingga anda bisa memulai sebuah project dengan lebih mudah, fleksibel & terjangkau dari sisi developmentnya.

4. Keamanan

Komuntitas WordPress memiliki tim pengembang yang memiliki kemampuan keamanan yang dedicated untuk menjaga platform ini aman dari serangan hacker. Selain itu, terdapat banyak plugin keamanan pihak ke 3 yang dibuat oleh para developer WordPress lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan website Anda misalnya seperti WordFence security, Hide my WP Ghost, All in One Security, Sucury dan plugin keamanan lainnya.

BACA JUGA :  Cara Backup dan Restore Web via JetBackup

5. SEO-friendly

WordPress memiliki struktur URL yang SEO-friendly dan terintegrasi dengan plugin SEO seperti Yoast SEO, Rank Math, All in One SEO dan plugin SEO lainnya yang membantu website Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.  Dengan begitu proses optimasi SEO pada website ataupun blog yang anda miliki akan semakin mudah.

6. Komunitas yang Besar

WordPress memiliki komunitas yang besar dan aktif di seluruh dunia. Anda dapat menemukan banyak tutorial, dokumentasi, dan forum online yang dapat membantu Anda dalam membangun dan mengelola website Anda. Selain itu anda juga bisa mengikuti kegiatan WordPress Meetup yang diadakan secara online & offline di seluruh dunia untuk menambah ilmu dan berjejaring dengan sesama pengguna WordPress lainnya.

Kekurangan WordPress & Bagaimana cara mengatasinya

Walaupun memiliki banyak kelebihan, tentu WordPress juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan pada WordPress beserta tips cara mengatasinya :

1. Perlu Instalasi Manual

  • Bagi pengguna awam, instalasi manual WordPress di hosting bisa menjadi tantangan.
  • Solusi: Gunakan layanan WordPress hosting ramah seperti Simple WordPress hosting dari Gapurahoster, dimana WordPress akan terinstall secara otomatis begitu order anda aktif, fitur ini sangat memudahkan bagi pengguna WordPress pemula yang mengalami kesulitan jika harus menginstall WordPress secara manual.

2. Sasaran Hacker

Popularitas WordPress kadang memiliki sisi negatif juga, seperti yang terjadi pada WordPress dimana hal ini membuat WordPress  menjadi salah satu target utama hacker (94% serangan hacker!).

  • Solusi:
    • Pengguna dan pengembang harus rutin meningkatkan keamanan CMS menggunakan Plugin Keamanan tambahan.
    • Lakukan update rutin setidaknya 2 hari sekali untuk meminimalisir celah keamanan.

3. Kecepatan Berkurang Seiring Penggunaan

Kecepatan WordPress dapat melambat seiring waktu jika tidak dicek & diotimasi secara berkala. Ada beberapa penyebab mengapa website WordPress menjadi lambat, misalnya :

  • Penyebab:
    • Terlalu banyak gambar pada website.
    • Menginstal plugin yang tidak dibutuhkan.
  • Solusi:
    • Optimalkan gambar dengan kompresi dan format yang tepat, Anda bisa menggunakan plugin optimasi gambar seperti WP Smush ataupun Shortpixel untuk melakukan optimasi Gambar pada WordPress Secara otomatis.
    • Pilih dan instal plugin yang benar-benar dibutuhkan. Semakin banyak plugin yang anda install akan berpotensi memperlambat loading website anda karena WordPress membutuhkan waktu untuk meload data dari database ketika suatu halaman diakses.
    • Gunakan plugin caching seperti Litespeed cache, Autoptimize atau Wp Rocket untuk meningkatkan performa website dengan melakukan optimasi pada css, javascript, html, serta load gambar pada website WordPress anda.
BACA JUGA :  Apa itu Imunify360 dan Cara Menggunakannya

Memulai membuat website dengan WordPress

1. Memilih Platform yang Tepat:

Saat ini, Terdapat dua platform WordPress yang perlu Anda pahami agar anda tidak bingung ketika nantinya ingin membuat website dengan WordPress.

a. WordPress.org (Self-Hosted)

WordPress Self Hosted adalah CMS WordPress yang dapat anda download file masternya di situs resmi WordPress ( WordPress.org ) dan anda upload ke shared hosting atau VPS terlebih dahulu untuk menggunakannya. Berikut ini keunggulan menggunakan WordPress Self Hosted :

  • Memberikan kontrol penuh atas website Anda.
  • Membutuhkan Anda untuk membeli web hosting dan nama domain.
  • Cocok untuk pengguna yang menginginkan fleksibilitas dan kontrol maksimal.

b. WordPress.com (Hosted)

WordPress.com atau kadang dikenal dengan WordPress Hosted adalah sebuah layanan WordPress dimana anda bisa membuat website WordPress yang disimpan di server milik WordPress.com.
ini kelebihannya :

  • Solusi yang lebih mudah dan terkelola.
  • Tidak memerlukan web hosting atau nama domain.
  • Memiliki beberapa keterbatasan dalam hal fungsionalitas dan desain.
  • Cocok untuk pengguna yang baru memulai dan menginginkan solusi yang mudah digunakan.

2. Memilih Web Hosting

Jika Anda memilih platform WordPress.org, Anda memerlukan web hosting untuk menyimpan file website Anda. Pilihlah web hosting yang menawarkan performa tinggi, keamanan yang kuat, dan support yang baik untuk WordPress seperti WordPress Hosting dari Gapurahoster misalnya.

3. Menginstal WordPress

Proses instalasi WordPress cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Anda dapat mengikuti panduan instalasi yang tersedia di website resmi WordPress, atau bisa juga menggunakan panduan cara install WordPress dari Gapurahoster.

4. Memilih Tema dan Plugin

WordPress menawarkan ribuan tema dan plugin yang dapat Anda gunakan untuk memperluas fungsionalitas dan desain website Anda. Pilihlah tema dan plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website Anda. Plugin WordPress yang umum dan hampir wajib digunakan oleh para web developer diantaranya : Plugin Keamanan, Plugin Web Builder & Plugin SEO.

5. Menulis Konten dan Membangun Website Anda

Setelah instalasi dan konfigurasi awal, Anda dapat mulai menulis konten dan membangun website Anda. WordPress menyediakan berbagai tools dan fitur yang memudahkan Anda dalam membuat halaman, postingan, dan berbagai jenis konten lainnya.

Mengoptimalkan Website WordPres Anda

1. Keamanan

Pastikan website Anda aman dengan menginstal plugin keamanan dan mengikuti praktik keamanan terbaik. Ada banyak plugin keamanan pada WordPress yang dapat anda gunakan, diantaranya Wordfece, All In One security, Sucury dan Hide my WP Ghost.

2. Kecepatan

Optimalkan kecepatan website Anda dengan menggunakan plugin cache dan teknik optimasi lainnya. Dengan melakukan optimasi kecepatan website akan menjadi kan website anda lebih cepat & ringan ketika diakses. Anda juga bisa memanfaatkan CDN untuk lebih memaksimalkan kecepatan website anda sekaligus menghemat bandwith.

3. SEO

Gunakan plugin SEO seperti Yoast SEO, Rankmath, All in one SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari. Rata – rata plugin tersebut memiliki versi gratis, sehingga anda tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya. Namun jika memang anda memiliki budget lebih, menguprade plugin SEO ke versi pro akan lebih baik lagi.

BACA JUGA :  Plugin Disable Copy dan Klik Kanan di WordPress (Anti COPAS)

4. Backup

Lakukan backup website Anda secara rutin untuk menghindari kehilangan data. Yup, ibarat kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, walaupun sudah ada backup dari sisi server akan lebih baik lagi jika anda juga melakukan backup secara mandiri.  di Gapurahoster anda bisa melakukan backup menggunakan softaculous, backup menggunakan Jetbackup ataupun menggunakan plugin backup pada WordPress lalu menyimpan backup website di Google drive.

5. Pelajari dan Kembangkan

WordPress adalah platform yang luas dan selalu berkembang. Luangkan waktu untuk mempelajari fitur-fitur baru dan ikuti perkembangan terbaru dalam komunitas WordPress. baik itu grup WordPress di social media, WordPress meetup ataupun acara besar seperti WordCamp.

Bantuan & Panduan Seputar WordPress

1. Dokumentasi Resmi WordPress

Website resmi WordPress menyediakan dokumentasi yang lengkap dan mudah dipahami untuk membantu Anda dalam menggunakan platform ini. Anda bisa mengakses dokumentasi resmi WordPress di website https://wordpress.org/documentation/

2. Komunitas WordPress

Terdapat banyak komunitas WordPress online dan offline yang dapat membantu Anda dalam memecahkan masalah dan mendapatkan tips dan saran. Anda bisa search / mencari dengan kata kunci “WordPress” atau “WordPress Indonesia” di social media seperti facebook dan menemukan banyak grup komunitas yang mendiskusikan tentang WordPress.

3. Jasa Pembuatan Website

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam membangun website Anda, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website profesional seperti Globalcybermedia untuk membantu anda membuat website WordPress sesuai kebutuhan.

Memulai Perjalanan Digital Anda dengan WordPress bersama Gapurahoster

Bagi anda yang ingin membuat website menggunakan WordPress Gapurahoster juga menawarkan WordPress Hosting dengan fitur-fitur yang teroptimasi untuk WordPress, seperti:

  • Instalasi WordPress 1-klik
  • Performa tinggi dengan SSD NVME storage
  • Keamanan yang kuat dengan Imunify360
  • Fitur backup dengan Jetbackup & Softaculous Backup
  • Dukungan penuh dari tim Technical Support yang merupakan ahli WordPress Profesional

Paket WordPress Hosting yang Terjangkau

Gapurahoster menyediakan berbagai paket hosting WordPress yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Anda bisa memilih paket Medium atau paket Bisnis untuk memulai website WordPress anda di Gapurahoster.

wordpress hosting gapurahoster

Fitur-Fitur Canggih untuk Meningkatkan Website WordPress Anda

Agar website WordPress anda lebih maksimal, Gapurahoster sengaja meramu paket WordPress dengan kombinasi hardware & software yang teroptimasi untuk WordPress, berikut ini contohnya :

  • LiteSpeed Cache: Meningkatkan kecepatan website Anda dengan teknologi caching yang canggih.
  • Gratis SSL Certificate: Menjaga keamanan website Anda dan meningkatkan kepercayaan pengunjung.
  • Unlimited Email Accounts: Buat email dengan nama domain Anda sendiri.
  • Directadmin Control Panel: Mengelola website Anda dengan mudah dan intuitif.
  • Redis cache : Fitur cache tambahan pada server yang akan semakin memaksimalkan cache website anda pada sisi server.
  • Auto Installer WordPress : Website anda akan otomatis terinstall WordPress begitu order anda aktif.

Dukungan Penuh dari Tim Ahli WordPress

Tim ahli Gapurahoster siap membantu Anda 24/7 dalam memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan Anda terkait WordPress. Tim Gapurahoster sudah berpengalaman selama 16 Tahun menggunakan WordPress & mengatasi banyak kendala pada WordPress , jadi anda dapat memanfaatkan tim ahli WordPress kami untuk berkonsultasi seputar website WordPRess anda.

Mulai Membangun Website WordPress Anda Hari Ini

Kunjungi website Gapurahoster untuk memilih paket hosting WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kunjungi halaman WordPress Hosting kami , Pilih Paket & mulai bangun website WordPress anda hari ini juga.

Kesimpulan

WordPress adalah platform CMS yang ideal untuk membangun website dengan mudah dan cepat. Dengan Gapurahoster, Anda mendapatkan WordPress Hosting yang teroptimasi dengan fitur-fitur canggih dan dukungan penuh dari tim ahli. Serta panduan penggunaan dan optimasi WordPress anda.

Mulai bangun website Anda hari ini dan raih potensi digital Anda!

Simak Juga Artikel Lainnya :

×