Cara mengatasi website yang loadingnya lambat

Cara mengatasi website yang loadingnya lambat

Website yang loadingnya lambat dapat menjadi masalah yang frustrasi bagi anda maupun pengunjung , serta dapat mengurangi tingkat kepercayaan mereka terhadap situs tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah loading yang lambat pada website Anda:

  1. Periksa koneksi internet Anda. Jika koneksi internet Anda lambat, maka website Anda juga akan ikut terpengaruh dan akan memakan waktu lebih lama untuk dimuat.
  2. Gunakan caching. Caching adalah proses penyimpanan konten website secara temporaer di dalam memori cache komputer pengunjung. Ini akan membuat website Anda lebih cepat loading karena konten yang diperlukan sudah tersedia di dalam cache komputer pengunjung.  Jika anda pengguna WordPress, anda bisa menggunakan plugin Cache seperti WP Rocket ( Berbayar ), Litespeed Cache, atau Autoptimize.
  3. Optimalkan gambar. Gambar yang besar dapat memperlambat loading website. Optimalkan ukuran gambar Anda sebelum mengunggahnya ke website Anda untuk mengurangi waktu loading. Anda bisa memperkecil ukuran gambar anda menggunakan Photoshop, Paint kemudian mengcompressnya menggunakan aplikasi webbase seperti tinypng.com atau tinyjpg.com.
    Jika anda menggunakan WordPress, anda bisa menggunakan plugin optimasi Gambar seperti Shortpixel juga.
  4. Gunakan Content Delivery Network (CDN). CDN adalah jaringan server yang tersebar di seluruh dunia yang menyimpan salinan konten website Anda. Ini akan membuat website Anda lebih cepat loading karena pengunjung akan terhubung ke server CDN yang terdekat dengan lokasi mereka. Anda bisa menggunakan CDN seperti Cloudflare ataupun BunnyCDN ( Berbayar ) sebagai server CDN anda.
  5. Hapus plugin yang tidak diperlukan. Plugin yang tidak diperlukan dapat memperlambat loading website. Hapus plugin yang tidak Anda gunakan atau yang tidak relevan untuk website Anda untuk meningkatkan kecepatan loading.
  6. Gunakan server yang handal. Server yang handal akan dapat menangani traffic yang tinggi dan memastikan website Anda tetap loading dengan cepat. Pilih hosting provider yang terpercaya seperti Cloud Hosting Gapurahoster dan pastikan untuk memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.
  7. Optimalkan kode website. Kode yang tidak teroptimalkan dapat memperlambat loading website. Pastikan untuk menulis kode yang efisien dan gunakan tool seperti minifier untuk mengurangi ukuran file kode Anda.
BACA JUGA :  Perbedaan CPanel vs. DirectAdmin: Dua Wajah, Satu Tujuan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mempercepat loading website Anda dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung.

Simak Juga Artikel Lainnya :