7 Penyebab Kenapa Website Anda Sepi Pengunjung

Kenapa Website Anda Sepi Pengunjung?

Memiliki website yang sepi pengunjung bisa menjadi hal yang frustasi, terutama jika Anda telah mencurahkan waktu dan usaha untuk membuatnya. Akan sangat percuma jika anda memiliki website dengan desain tampilan yang menarik namun tidak ada seorangpun yang tahu tentang keberadaannya, Ibarat anda memiliki rumah atau toko yang megah, tapi ada di tengah kuburan yang sepi. Ada banyak alasan mengapa website Anda mungkin tidak mendapatkan traffic yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab website sepi pengunjung yang dirangkum oleh Gapurahoster :

Penyebab Website Sepi Pengunjung

1. Kurangnya Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Meningkatkan pengunjung dengan SEO

SEO adalah ilmu sekaligus teknik untuk engoptimasi website anda agar mudah ditemukan oleh mesin mencari sekaligus merangking dengan baik didalamnya, dan merupakan kunci untuk memastikan website Anda muncul di hasil pencarian ketika orang mencari informasi terkait dengan apa yang Anda tawarkan. Jika website Anda tidak dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari, kemungkinan besar orang tidak akan menemukannya. Baca artikel Cara Optimasi SEO dan tips SEO mudah untuk UMKM dari Gapurahoster untuk mengetahui apa saja yang harus anda lakukan untuk meningkatkan SEO website anda.

2. Konten yang Tidak Menarik atau Berkualitas Rendah

Konten adalah raja dalam dunia website. Jika web anda adalah blog, company profile & sejenisnya maka artikel & konten isi landingpage adalah penentunya.  Jika konten Anda tidak menarik, informatif, dan berkualitas tinggi, orang tidak akan mau menghabiskan waktu untuk membacanya. Pastikan konten Anda relevan dengan target audience Anda dan memberikan nilai bagi mereka.

BACA JUGA :  Cara Menggunakan Anchor Text untuk Optimasi SEO

3. Desain Website yang Buruk

Desain website yang buruk dapat membuat pengunjung enggan untuk menjelajah lebih lanjut. Ada yang bilang , jika kita membuat website untuk bisnis maka fokusnya adalah konten, namun bukan berarti anda kemudian mengabaikan soal desain. Desain website yang menarik akan menambah kepercayaan orang membeli atau menggunakan jasa anda daripada yang tidak. Nah Pastikan selain memiliki konten yang menarik , berkualitas & original, website Anda juga perlu memiliki desain yang user-friendly, mudah dinavigasi, dan terlihat menarik secara visual.

4. Kecepatan Website Lambat

Website yang lambat dapat membuat pengunjung frustrasi dan pergi. Siapa juga kan yang mau menunggu kalau masih banyak alternatif lainnya?  , Nah agar web anda tidak dikesampingkan oleh pengunjung pastikan website Anda dioptimalkan untuk kecepatan dan dimuat dengan cepat di semua perangkat. Anda bisa memeriksa kecepatan website anda dengan menggunakan tools gratis dari Google yang bernama Google Pagespeed Insight.  Anda juga bisa membaca artikel Cara mempercepat Website dari Gapurahoster untuk membantu mengoptimasi kecepatan website anda.

5. Kurangnya Promosi

Website Anda tidak akan dikunjungi orang jika mereka tidak tahu tentang keberadaannya. Ya, Website pun perlu dipromosikan agar banyak orang mengetahui keberadaannya. Hanya sekedar memiliki website tanpi tidak melakukan promosi apapun tidak akan mendatangkan pengunjung ke website anda. Pastikan Anda mempromosikan website Anda melalui berbagai saluran, seperti media sosial, email marketing, dan iklan online.

6. Kurangnya Interaksi dengan Pengunjung

Penting untuk berinteraksi dengan pengunjung website Anda dan membangun komunitas. Jawab komentar, pertanyaan, dan umpan balik mereka.  Jika website anda berupa blog, maka aktifkah menanggapi komentar pada artikel / postingan website anda. sementara jika website anda adalah website bisnis atau toko online, pastikan anda memasang fitur livechat / chat WhatsApp & fast respon ketika ada chat masuk. Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan audience Anda dan ingin memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka.

BACA JUGA :  Apa itu Internal Link Nofollow? Panduan Lengkap dan Cara Menggunakan

7. Analisis Data yang Kurang

Penting untuk melacak data website Anda dan menganalisisnya untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Gunakan alat analisis web seperti Google Analytics untuk memahami perilaku pengunjung Anda dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan performa website Anda. Dengan Google analytics, anda bisa mengetahui dengan pasti berapa jumlah pengunjung website anda setiap harinya, halaman mana saja yang paling banyak dikunjungi , dan darimana saja sumber pengunjung website anda.  Bahkan dengan settingan advance, anda bisa menggunakan Google Analytics untuk mentracking data penjualan pada website ecommerce / toko online anda.

Tips untuk Meningkatkan Traffic Website:

  • Lakukan riset keyword untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan target audience Anda dan targetkan kata kunci tersebut dalam konten Anda. Anda bisa menggunakan tools riset keyword profesional seperti Ahrefs, Semrush, atau ubersuggest.
  • Buatlah konten yang menarik dan berkualitas tinggi yang akan membuat orang ingin kembali lagi. Jika anda menggunakan AI untuk membuat artikel, Jangan mengcopas mentah – mentah hasil generate artikel anda, namun anda bisa melakukan penambahan konten, merewrite atau menggunakan AI sekedar untuk membuat point pembahasan saja. Konten utamanya anda tulis secara manual atau menggunakan jasa penulis artikel profesional.
  • Pastikan desain website Anda user-friendly, mudah dinavigasi, dan terlihat menarik secara visual. Anda bisa menambahkan fitur light mode / night mode untuk memudahkan pengunjung website anda yang sensitif pada warna yang terlalu terang / terlalu gelap.
  • Optimalkan website Anda untuk kecepatan dan pastikan dimuat dengan cepat di semua perangkat. Sekali lagi gunakan fitur seperti Google Pagespeed insight untuk mengetes kecepatan website anda.
  • Promosikan website Anda melalui berbagai saluran, seperti media sosial, email marketing, dan iklan online. Anda bisa memanfaatkan iklan online sebagai traffic instan sembari menunggu optimasi SEO anda berefek maksimal.
  • Berinteraksi dengan pengunjung website Anda dan bangun komunitas. Anda juga bisa memanfaatkan channel Youtube, Grup Facebook maupun akun Instagram & Tiktok sebagai jembatan penghasil traffic organic secara instan.
  • Lacak data website Anda dan analisisnya untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dengan menggunakan tools pelacakan seperti Google Analytics anda bisa menilai apa yang harus dikembangkan & ditambahkan pada website anda dan apa yang harus dibenahi jika ada konten yang tidak mendatangkan pengunjung padahal sebenarnya penting.
BACA JUGA :  Cara agar website cepat terindex di google

Dengan mengatasi masalah-masalah di atas dan mengikuti tips-tips yang diberikan, Anda dapat meningkatkan traffic website Anda dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Simak Juga Artikel Lainnya :