Cara Setting Plugin SEO Rank Math

Jika Anda ingin melakukan optimasi SEO blog, maka Anda harus memahami terlebih dahulu cara setting plugin SEO Rank math.

Jenis plug in ini sudah banyak digunakan oleh para blogger untuk urusan SEO on-page, karena rank math tergolong plugin yang memiliki fitur lengkap dibandingkan plugin lainnya dan website serta konten Anda bisa lebih mudah terdeteksi mesin penelusur.

Apa itu Plugin Rank Math?

Apa yang dimaksud Plugin Rank Math? Plugin Rank-Math merupakan salah satu jenis plugin SEO yang saat ini banyak digunakan para blogger untuk mengoptimasi konten pada mesin pencarian.

Plugin jenis ini banyak digunakan lantaran ada beragam fitur menarik yang bisa diakses. Dimana fitur-fitur tersebut biasanya hanya bisa diakses jika Anda membayarnya, namun dengan menggunakan Rank-Math Anda bisa menggunakan fitur tersebut secara cuma-cuma.

Anda juga jangan khawatir kesulitan atau bingung saat menggunakan plugin ini untuk pertama kalinya, karena fitur-fitur Rank-Math ini sangat mudah digunakan, walaupun Anda baru pertama kali menggunakannya.

Kelebihan Plugin Rank Math

Sebelum memahami cara setting plugin SEO Rank Math, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan plugin yang satu ini.

Seperti jenis plugin lainnya, Rank Math juga memiliki segudang kelebihan hingga membuatnya menjadi plugin yang paling difavoritkan oleh para blogger. Simak kelebihan plugin rank math berikut ini.

BACA JUGA :  Cara Backup dan Restore Web via JetBackup

1. Dapat Mentargetkan Banyak Keyword

Plugin Rank Math banyak disukai lantaran kemampuannya dalam mentargetkan keyword dengan jumlah yang banyak.
Tidak seperta Yoast SEO yang hanya bisa menargetkan dua kata kunci, Rank Math bisa mentargetkan keyword dengan jumlah yang lebih banyak dari Yoast SEO.

2. Fitur yang Lengkap

Kelebihan lain yang disukai dari plugin rank math yaitu memiliki fitur-fitur yang lengkap. Bahkan Anda juga bisa menikmati fitur-fiturnya secara gratis, yang biasa hanya bisa diakses jika Anda membayarnya.

Tentunya ini memberi keuntungan bagi Anda untuk bisa lebih bebas mengoptimasikan website atau konten yang Anda buat.

3. Lebih Hemat Biaya

Kelebihan yang satu ini sangat disukai oleh para blogger pemula yang belum memiliki penghasilan adsense besar layaknya website yang sudah diketahui banyak orang. Keuntungan ini bisa Anda dapatkan, akibat dipengaruhi oleh keuntungan space disk yang semakin longgar.

4. Bisa Menghasilkan Artikel yang Lebih Berkualitas

Kelengkapan fitur yang ada di Rank Math ini, dapat membantu Anda untuk menghasilkan konten artikel yang lebih berkualitas. Beberapa fitur yang bisa Anda nikmati antara lain seperti pemahaman tentang basic SEO, title readability hingga content readability.

Ketiga fitur tersebut nantinya akan sangat membantu Anda dalam menentukan judul, kata kunci hingga konten artikel yang sesuai dengan aturan SEO yang baik dan benar.

Cara Setting Plugin Rank Math

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan plug in rank math dan kelebihannya, lalu bagaimana cara setting plugin SEO rank math? Biar nggak penasaran, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Login Website

Cara setting plugin SEO rank math pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke Dashbord website Anda, selanjutnya buka menu Pluggins > add new. Lalu ketik rank math pada kolom Search Plugin yang ada di kanan atas.

BACA JUGA :  Cara Install SSL di DirectAdmin Hosting Gapurahoster

2. Install Plugin Rank Math

Ada dua carayang bisa Anda pilih untuk meng-install plugin rank math. Pertama melalui dashboard WordPress.

Silahkan pilih bagian plugin, lalu pilih menu tambah baru dan masukkan keyword plugin SEO WordPress-Rank Math di pencarian plugin. Lalu install dan aktifkan.

Cara kedua yaitu dengan masuk ke web Rank-Math untuk mengunduh file plugin Rank Math dalam bentuk zip di halaman web rankmath.

Masuklah ke WordPress dan pilih menu plugin lalu pilih menu tambah baru. Pilih file yang sudah di unduh untuk di install dan diaktifkan.

3. Akan Ada Notifikasi untuk Mengaktifkan

Jika plugin sudah selesai terinstall, Anda akan mendapat notifikasi bertuliskan Active. Silahkan klik notifikasi tersebut, agar Rank Math bisa segera aktif.

4. Setting Setup Wizard Rank Math

Setelah selesai menginstall, selanjutnya Anda akan diminta untuk men-setup wizard oleh pihak rank math. Bagi Anda yang pemula, silahkan klik pada bagian Easy, lalu klik tombol Start Wizard.

Anda juga perlu memastikan apakah website Anda sudah compatible atau sesuai dengan keinginan Rank Math. Jika sudah, biasanya akan anda tanda ceklis hijau di bagian sebelah kiri.

Tapi jika belum sesuai, tanda ceklis tersebut akan berwarna kuning. Saat Anda mengetahui kalau website Ande kurang sesuai, silahkan periksa terlebih dahulu kira-kira apa yang membuat website Anda kurang compatible, dengan cara mengklik more.

5. Pengaturan Website

Cara setting plugin SEO rank math selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan pada website Anda. Ditahap ini, Anda harus menentukan kategori apa yang sesuai dengan website Anda. Setelah itu silahkan isi informasi pada kolom yang tersedia.

Hal yang satu ini juga penting! Pastikan Anda tidak lupa dan jangan sembarangan untuk meng-upload logo yang mewakili website Anda ya.

BACA JUGA :  Cara membuat link pada gambar

Karena logo tersebut adalah identitas website Anda yang akan muncul di mesin pencarian Google. Dengan menggunakan plugin, Anda juga bisa menyesuaikan ukuran logo yang sesuai dengan website Anda.

6. Pengaturan Search Console

Mengatur search console adalah cara setting plugin SEO rank math selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah mengatur website.

Cara mengaturnya juga sangat mudah. Anda tinggal klik tombol Get Authorization Code, yang akan secara otomatis menghubungkan ke akun Google Anda.

Selanjutnya, Anda tinggal membuka akun Google Anda untuk mendapatkan code yang harus Anda masukkan ke dalam kolom search console. Setelah selesai memasukkan code, silahkan klik Authorize. Untuk bisa masuk ke langkah selanjutnya, Anda tinggal klik save and continue.

7. Setting Sitemap

Cara setting plugin SEO rank math selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah setting sitemap atau pengaturan pada sitemap.
Langkah pertama, Anda harus melakukan pengaturan pada bagian sitemaps serta include images dan pastikan keduanya berada di posisi ON. Selanjutnya, silahkan Anda centang bagian Products, Post dan Pages.

Lalu setelah itu, centang bagian Categories. Setelah selesai, silahkan simpan pengaturan yang telah Anda lakukan sebelumnya dengan cara mengklik Save and Continue.

8. Setting SEO Tweaks

Cara setting plugin SEO rank math yang kedelapan yang harus Anda lakukan adalah mengatur SEO Tweaks. Caranya sangat mudah. Anda tinggal klik ON pada bagian Noindex Empty Category Tag Actives dan Open External Links in New Tabs/Window.

Lalu pada bagian Nofollow External Links tidak perlu diaktifkan. Jika sudah, simpan pengaturan yang telah Anda lakukan dengan mengklik Save and Continue.

Baca juga 12 Plugin Keamanan WordPress Terbaik untuk Websitemu

Setelah mengetahui cara setting plugin SEO rank math, silahkan Anda praktikkan agar website Anda lebih mudah terdeteksi mesin penelusur.

Simak Juga Artikel Lainnya :