Apa itu Internal Link Nofollow? Panduan Lengkap dan Cara Menggunakan

Apa itu Internal Link Nofollow?

Internal link nofollow adalah salah satu konsep penting dalam optimasi mesin pencari (SEO) yang sering kali menjadi perhatian bagi para pemilik situs web. Namun, apa sebenarnya arti dari istilah ini?

Apa itu Internal Link Nofollow?

Dalam dunia SEO, internal link nofollow mengacu pada tautan internal yang diberi atribut “nofollow”. Atribut ini memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengikuti atau menelusuri tautan tersebut saat menjelajahi halaman web. Dengan kata lain, jika Anda menambahkan atribut “nofollow” pada tautan internal di situs web Anda, Anda memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa Anda tidak ingin mentransfer otoritas SEO dari halaman satu ke halaman lain yang ditautkan.

Namun, mengapa Anda mungkin ingin menggunakan internal link nofollow? Salah satu alasan utamanya adalah untuk mengendalikan aliran otoritas halaman di situs Anda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memiliki halaman-halaman di situs Anda yang tidak relevan atau kurang penting dalam konteks SEO. Dengan menggunakan internal link nofollow, Anda dapat memastikan bahwa otoritas SEO tidak terbagi secara tidak perlu antara halaman-halaman yang relevan dan yang tidak relevan.

Selain itu, penggunaan internal link nofollow juga dapat membantu mengarahkan otoritas SEO secara lebih efektif ke halaman-halaman yang benar-benar penting bagi situs Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin fokus mengalirkan otoritas SEO ke halaman-halaman produk atau layanan utama Anda, daripada halaman-halaman kontak atau kebijakan privasi yang mungkin kurang penting dalam konteks SEO.

Bagaimana cara menggunakan internal link nofollow secara efektif? Pertama, tentukan dengan hati-hati halaman-halaman mana yang sebaiknya tidak menerima otoritas SEO tambahan dari halaman-halaman lain di situs Anda. Ini bisa berupa halaman-halaman seperti halaman login, halaman keranjang belanja, atau halaman testimonial yang mungkin kurang relevan secara SEO.

BACA JUGA :  10 Cara Meningkatkan Pengunjung Toko Online

Cara Menggunakan Internal Link Nofollow

Setelah Anda menentukan halaman-halaman tersebut, tambahkan atribut “nofollow” pada tautan internal yang mengarah ke halaman-halaman tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan mudah menggunakan kode HTML dengan menambahkan atribut rel=”nofollow” pada tag tautan Anda, misalnya:

<a href="halaman-tujuan.html" rel="nofollow">Tautan Anda</a>

Dengan menggunakan internal link nofollow secara bijaksana, Anda dapat mengoptimalkan aliran otoritas SEO di situs web Anda dan meningkatkan kinerja SEO secara keseluruhan. Namun, ingatlah bahwa penggunaan internal link nofollow sebaiknya tidak berlebihan. Gunakanlah dengan bijaksana dan hanya pada halaman-halaman yang benar-benar membutuhkannya untuk memaksimalkan hasil SEO situs Anda.

Baca juga: Cara Setting Plugin SEO Rank Math

Simak Juga Artikel Lainnya :