Tutorial cara menghubungkan subdomain ke blogspot

Cara menghubungkan subdomain ke blogspot

Tutorial cara menghubungkan subdomain ke blogspot– Subdomain merupakan domain tambahan yang dapat digunakan untuk membagi atau mengkategorikan isi dari sebuah situs web. Misalnya, Anda memiliki blog dengan URL “blog.com”, maka Anda dapat menambahkan subdomain “tutorial.blog.com” untuk mengelompokkan konten tutorial di dalamnya. Dalam tutorial ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghubungkan subdomain ke blogspot, sebuah platform blogging gratis yang dikelola oleh Google. Setelah mengikuti tutorial ini, Anda akan dapat mengakses blog Anda melalui subdomain yang telah Anda daftarkan.

Untuk menghubungkan subdomain ke blogspot, pertama-tama Anda harus memiliki subdomain yang terdaftar dan hosting. Jika Anda belum memiliki subdomain, Anda dapat membelinya dari penyedia layanan hosting atau domain seperti Gapurahoster. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs blogspot Anda dan masuk ke dasbor.
  2. Pilih “Pengaturan” di menu sebelah kiri.
  3. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Blog URL”.
  4. Klik tombol “Ganti” di samping URL blogspot yang ada.
  5. Masukkan subdomain yang ingin Anda gunakan ke dalam kolom yang disediakan. Pastikan untuk menambahkan “http://” di depannya.
  6. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

Setelah itu, Anda perlu mengatur DNS subdomain agar mengarah ke server blogspot. Caranya tergantung pada penyedia layanan hosting atau domain yang Anda gunakan. Biasanya, Anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini:

  1. Login ke account hosting atau domain Anda.
  2. Temukan bagian “DNS” atau “Manajemen DNS”.
  3. Tambahkan record A baru dan masukkan alamat IP server blogspot ke dalamnya. Anda bisa menemukan alamat IP server blogspot dengan mengetik “nslookup blogspot.com” di command prompt atau terminal.
  4. Simpan perubahan DNS Anda.

Setelah itu, tunggulah sampai perubahan DNS tersebut terpropagasi ke seluruh server. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari. Setelah itu, Anda bisa mengakses blog Anda melalui subdomain yang telah Anda daftarkan.

BACA JUGA :  Mengapa Gapurahoster adalah Pilihan Web Hosting Indonesia untuk Bisnis Anda

Demikian tutorial mengenai cara menghubungkan subdomain ke blogspot. Kami berharap tutorial ini dapat membantu Anda untuk mengelompokkan konten di blog Anda dan membuat situs web Anda terlihat lebih profesional. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah selama proses menghubungkan subdomain ke blogspot, jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Kami dengan senang hati akan mencoba untuk membantu Anda. Selamat mencoba!

Simak Juga Artikel Lainnya :