12 Plugin Keamanan WordPress Terbaik untuk Websitemu

plugin keamanan wordpress terbaik

Ketika membuat sebuah website, hal utama yang sering ditanyakan ialah keamanannya. Bila anda menggunakan wordpress sebagai CMS(Content Management System), ada baiknya anda memasang plugin keamanan wordpress terbaik dari daftar dibawah ini.

 

Apa itu Plugin Keamanan WordPress?

WordPress menyediakan banyak sekali pilihan plugin keamanan website, baik itu buatan dari wordpressnya sendiri maupun dari pihak luar yang terpercaya. Plugin juga bisa disebut sebagai software berisi fitur tambahan yang dapat anda tambahkan ke website wordpress anda.

Setiap website ataupun blog mempunyai resiko terkena serangan dari penjahat siber. Mulai dari cracking dan hacking website, penyebaran malware dan virus, hinngga DDoS. Maka dari itu, anda akan butuh keamanan ganda dengan memasang plugin keamanan wordpress terbaik.

 

Daftar Plugin Keamanan WordPress Tebaik

Pilihan plugin security wordpress bisa anda pilih dan pasang dengan praktis tanpa ribet. Berikut ini, kami sediakan beberapa plugin keamanan wordpress terbaik yang dapat anda gunakan sebagai tambahan keamanan website anda. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

 

1. iThemes Security

Sebelumnya bernama Better WP Security, salah satu plugin populer keamanan wordpress ialah iThemes Security. Fitur yang terdapat di dalamnya tentunya sangat oke, melihat dari jumlah pengguna mencapai kisaran delapan ratus ribu orang lebih.
Ketika ada ancaman yang menyerang website anda, iThemes security akan otomatis langsung memberitahu anda lewat email. Sehingga, segala kendala dan masalah yang ada bisa anda atasi secara cepat.

BACA JUGA :  Apa itu SSL, bagaimana cara kerjanya & cara mendapatkan SSL Gratis untuk website anda

 

2. All In One WP Security & Firewall

Plugin keamanan wordpress gratis dan populer yang bisa anda coba ialah All in One WP Security & Firewall. Meski gratis, jangan anda meremehkan keunggulannya dalam segi menangani keamanan website. Ini tercermin dari jumlah penggunanya yang hampir satu juta!

Ada alasan mengapa plugin ini termasuk salah satu yang plugin populer di wordpress, lho. Faktanya, plugin ini salah satu yang direkomendasikan oleh wordpress itu sendiri. Di dalam plugin ini, terdapat fitur firewall yang dapat memantau aktivitas login dan logout website.

Kemudian juga ada fitur keamanan di user account, login, maupun registration. Bahkan mereka juga menjanjikan website bisa terbebas dari serangan brute force.

 

3. Wordfence

Salah satu plugin keamanan wordpress terbaik yang populer dan terjamin efektivitasnya memberi keamanan ekstra ialah plugin wordfence. Dengan pengguna yang mencapai empat juta, wordfence menawarkan banyak sekali fitur keamanan tambahan.

Sebuah plugin wordfence dapat anda gunakan untuk mengatasi ancaman firewall, spam seo, mendeteksi adanya malware dari plugin lain, sera terdapat security scanner. Security scanner di wordfence berguna untuk mendeteksi url yang tidak aman atau berbahaya.

Selain fitur yang disebutkan diatas, wordfence juga menawarkan 2FA atau two factor authentification agar login tetap aman. Serta juga ada fitur real time monitoring yang bisa memantau keamanan website anda dua puluh empat jam. Benar-benar lengkap sekali fiturnya.

 

4. Sucuri Security

Kemudian. satu plugin keamanan wordpress terbaik yang gratis namun fitur ‘wah’ ialah plugin sucuri security. Plugin yang dipakai oleh delapan ratus ribu pengguna ini menawarkan fitur yang sangat lengkap. Bila anda upgrade ke versi premium, anda akan mendapatkan firewall.

Sucuri security dapat mendeteksi malware, blacklist, dan spam yang terjadi di website wordpress anda. Tak hanya itu, plugin ini juga dapat mengamankan website dari serangan DDoS hingga brute force, loh.

BACA JUGA :  Cara Nonaktifkan Directory Listing di WordPress

 

5. Malcare

Lalu pindah ke daftar plugin keamanan terbaik selanjutnya ialah Malcare Security. Tampilan UI yang simpel dan intuitif membuat plugin ini sangat mudah untuk digunakan. Selain fitur firewall, malcare security juga menawarkan fitur yang berguna bagi developer dan perusahaan.

 

6. Shield security

Apakah anda membutuhkan plugin yang bekerja secara otomatis dalam senyap? Maka Shield security adalah solusinya. Fitur pertahanan secara otomatis ini akan berusaha melawan segala serangan yang menimpa dalam senyap.

Jadi, semua akan kembali seperti normal-normal saja begitu anda mengakses website anda. Tak heran jika enam puluh ribu orang mempercayai shield security sebagai garda terdepan keamanan website mereka.

 

7. Bulletproof Security

Bila anda membutuhkan plugin yang dapat mendeksi traffic mencurigakan hingga memblokir upaya login asing, maka Bulletproof security bisa jadi solusi. Terdapat settingan manual yang bisa anda atur agar fitur keamanan bisa berjalan sesuai dengan keinginan anda.

 

8. Jetpack – WP Security

Kalau anda butuh plugin yang bisa back-up seluruh file website anda dalam sekali klli, anda bisa coba Jetpack. Salah satu daftar plugin keamanan wordpress terbaik ini membuat website anda terasa lebih smooth, cepat, dan aman.
Tak hanya dari segi keamanan, anda juga bisa menikmati fitur marketing juga.

Fitur marketing yang ditawarkan Jetpack mulai dari alat untuk SEO, Google adsense, Google adwords, Facebook ads, analisis dan statistik performa website, dan sebagainya. Sangat cocok bagi anda yang mencari plugin gratis namun menawarkan segudang keunggulan.

 

9. Akismet

Salah satu fitur turunan dari plugin Jetpack, yang merupakan salah satu plugin keamanan wordpress terbaik, ialah plugin Akismet. Terpercaya oleh lima juta pemakai, Akismet dapat mengamankan website anda dari komentar-komentar spam yang masuk ke website anda.

BACA JUGA :  Cara Mencegah XSS (Cross-Site Scripting): Panduan Lengkap Melindungi Situs Web Anda

 

10. Wp bruiser

Komentar spam dari para bot bisa sangat mengganggu website anda. Untuk mengatasinya, maka anda dapat mengunduh plugin WP Bruiser sebagai garda keamanan terdepan website anda. Mereka akan langsung memblokir IP address mencurigakan secara otomatis.
Meskipun gratis, plugin ini memiliki fitur lengkap dan terasa ringan dipakai. Plugin keamanan ringan itu sangat penting, karena akan mempengaruhi waktu loading page dari website anda. Fitur seperti perlindungan dari brute force attack dan spam bot signup juga tersedia.

 

11. Cerber

Selain itu, ada juga plugin cerber sebagai salah satu plugin keamanan wordpress terbaik. Mereka mempunyai database cyber criminal di sistem mereka.

Database ini mereka terapkan dan cocokkan pada alamat IP real time bila seseorang mencoba membobol website dan kejahatan website launnya. Sehingga Cerber akan mudah untuk melacak dan langsung memberikan proteksi yang dibutuhkan.

 

12. Vaultpress

Ingin plugin keamanan wordpress harga murah namun dengan fitur melimpah? Salah satu yang masuk ke dalam kategori tersebut ialah Vaultpress. Dengan harga 39 dollar, anda sudah dapat merasakan beragam fitur keamanan untuk website wordpress anda.
Plugin keamanan wordpress berbayar ini menyediakan fitur laporan secara langsung bila ada ancaman keamanan di website anda. Dari sana, mereka dapat memprediksi ancaman yang mungkin dapat terjadi dan menanganinya secara efisien.

Selain itu, Vaultpress juga mempunyai fitur backup yang bisa anda pilih secara real time maupun manual. Jadwal backup ini bisa anda sinkronisasi kan ke dalam kalender. Yang paling wah, anda juga bisa berkonsultasi mengenai keamanan wordpress anda ke Vaultpress.

Baca juga Cara menginstall Litespeed Webserver di WHM Cpanel VPS

Kesimpulan

Demikianlah beberapa rekomendasi plugin keamanan wordpress terbaik dari kami. Pilihlah plugin yang sesuai dengan kebutuhan anda dalam menjaga keamanan website wordpress anda. Semoga website anda selalu terbebas dari serangan yang tidak menguntungkan, ya.

 

Simak Juga Artikel Lainnya :