Cara Backup dan Restore Web via JetBackup

Cara Backup Menggunakan JetBackup

Kehilangan data website merupakan mimpi buruk bagi setiap pemilik website. Oleh karena itu, backup menjadi langkah penting untuk melindungi website Anda dari berbagai situasi tak terduga, seperti malware, kerusakan server, atau human error.

Salah satu solusi backup terbaik untuk website yang menggunakan DirectAdmin dan cPanel adalah JetBackup. Layanan ini menawarkan berbagai fitur backup yang mudah digunakan dan aman.

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari cara backup menggunakan JetBackup secara lengkap di DirectAdmin, mulai dari jenis backup yang tersedia, langkah-langkah melakukan backup, hingga cara restore data website.

Jenis Backup di JetBackup

JetBackup menyediakan dua jenis backup utama:

  • Full Account Backup: Mencadangkan seluruh akun hosting Anda, termasuk file website, database, email, dan pengaturan cPanel.
  • File Backup: Mencadangkan file-file tertentu di akun hosting Anda, seperti file website, database, atau email.

Langkah-langkah Backup dengan JetBackup

Sebelumnya pastikan hosting Anda mempunyai fitur JetBackup pada panel seperti DirectAdmin, cPanel dan Plesk.

1. Login ke Panel

Untuk pengguna Gapurahoster, Anda bisa login ke DirectAdmin melalui member area atau via URL Link yang sudah dikirim pada email. Atau bisa ikuti panduan Cara Akses Login DirectAdmin.

2. Pilih Fitur JetBackup

Cara Backup Menggunakan JetBackup

Pada halaman dasboard panel DirectAdmin, silahkan cari menu JetBackup. Untuk memudahkan Anda bisa menggunakan fitur pencarian diatas.

3. Download dan Restore Backup JetBackup

Pada halaman JetBackup, Anda bisa langsung pilih Full Backups.

Cara Backup Menggunakan JetBackup

Lalu pilih file backup sesuai tanggal yang tertera. Untuk unduh ke device bisa klik tombol Download, jika ingin restore backup silahkan klik tombol Restore.

BACA JUGA :  Cara Menaikkan Max Upload WordPress melalui wp-config.php

Cara Backup Menggunakan JetBackup

Jika memilih Download, akan mencakup semua data pada akun panel Anda.

Sampai disini Anda telah berhasil melakukan Backup menggunakan JetBackup.

Penutup

Membackup data website merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas website Anda. JetBackup menawarkan solusi backup yang mudah digunakan dan aman untuk website yang menggunakan DirectAdmin dan cPanel.

Dengan mengikuti panduan dalam artikel ini, Anda dapat dengan mudah melakukan backup website Anda menggunakan JetBackup.

Baca juga: Cara Backup WordPress Otomatis ke Google Drive

Simak Juga Artikel Lainnya :