6 Cara Menjual produk atau jasa di marketplace online

6 Cara Menjual produk atau jasa di marketplace online

Menjual produk atau jasa di marketplace online adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan uang dari internet. Marketplace online adalah sebuah platform yang menyediakan tempat untuk para penjual dan pembeli untuk bertemu dan melakukan transaksi jual beli. Beberapa contoh marketplace yang cukup populer di Indonesia diataranya Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Zalora, Blibli dsb.

Nah anda tinggal memilih marketplace mana yang sekiranya nyaman anda gunakan dan

Untuk memulai menjual produk atau jasa di marketplace online,ikuti beberapa lagkah mudah berikut ini :

 

1. Mendaftar sebagai penjual di platform marketplace

Untuk memulai menjual produk atau jasa di marketplace online, pertama-tama Anda harus mendaftar sebagai penjual di platform tersebut. Proses pendaftaran biasanya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya. Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk mengisi profil dan mengunggah foto produk atau jasa yang akan dijual.

 

2. menentukan harga dan deskripsi produk atau jasa yang akan dijual

Selanjutnya, Anda harus menentukan harga dan deskripsi produk atau jasa yang akan dijual. Pastikan harga yang Anda tawarkan sesuai dengan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk menambahkan foto yang menarik dan informasi detail tentang produk atau jasa yang akan dijual.

 

3. Pantau traffic & performa produk

Setelah produk atau jasa Anda diunggah, pastikan untuk selalu memantau lalu lintas dan performa produk atau jasa Anda di platform tersebut. Anda dapat melakukan ini dengan mengecek jumlah penjualan, lalu lintas, dan tingkat konversi. Jika diperlukan, Anda dapat menyesuaikan harga, deskripsi, atau foto produk atau jasa untuk meningkatkan performa.

Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan. Anda harus cepat merespon pertanyaan atau keluhan pelanggan dan memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk atau jasa yang diterima.

 

4. Lakukan promosi secara berkala

Promosi produk atau jasa juga sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Anda dapat melakukan promosi dengan mengiklankan produk atau jasa Anda di media sosial atau melakukan kerjasama dengan influencer. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan diskon atau bonus untuk pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Menjual produk atau jasa di marketplace online dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan uang dari internet. Namun, Anda harus bersedia untuk mengeluarkan waktu dan usaha untuk mengelola produk atau jasa yang dijual dan meningkatkan penjualan. Dengan usaha yang cukup, Anda akan dapat meraih kesuksesan dalam menmenjual produk atau jasa di marketplace online.

Selain itu, Anda juga harus selalu memperhatikan perkembangan pasar dan produk atau jasa yang sedang digemari oleh konsumen. Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan produk atau jasa yang akan dijual dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

 

5. Pantau perkembangan kompetitor

Anda juga harus memperhatikan kompetitor yang ada di marketplace online. Melakukan riset terhadap produk atau jasa yang dijual oleh kompetitor akan membantu Anda untuk menentukan harga yang kompetitif dan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dijual.

 

6. Permudah metode pembayaran

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan sistem pengiriman dan pembayaran yang digunakan di marketplace online. Pastikan bahwa sistem pengiriman dan pembayaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan mudah digunakan.

Secara keseluruhan, menjual produk atau jasa di marketplace online adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan uang dari internet. Namun, Anda harus siap untuk melakukan usaha yang cukup dan memperhatikan perkembangan pasar dan kompetitor. Jika Anda dapat melakukannya dengan baik, Anda akan dapat meraih kesuksesan dalam menjual produk atau jasa di marketplace online.

Selain berjualan di Marketplace, miliki juga website toko online sendiri untuk produk anda untuk menjaring pelanggan yang dari sumber yang berbeda. Selain itu dengan memiliki toko online sendiri anda terhindar dari persaingan harga yang biasanya cukup ketat di Markerplace.