Perbedaan CPanel vs. DirectAdmin: Dua Wajah, Satu Tujuan

Jika Anda pernah menggunakan layanan hosting web, kemungkinan besar Anda pernah bertemu dengan CPanel atau DirectAdmin. Keduanya adalah panel kontrol hosting yang populer, namun seringkali menimbulkan pertanyaan: mana yang lebih baik? Apakah ada perbedaan signifikan dalam kinerja atau fitur? Mari kita kupas tuntas perbedaan keduanya dan temukan jawabannya.

Apa Itu CPanel dan DirectAdmin?

CPanel dan DirectAdmin adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memudahkan pengelolaan hosting web. Keduanya menyediakan antarmuka grafis yang intuitif untuk mengelola berbagai aspek hosting, seperti:

  • Manajemen file: Mengunggah, mengunduh, dan mengedit file website Anda.
  • Manajemen email: Membuat, mengelola, dan mengakses akun email.
  • Manajemen database: Membuat, mengelola, dan mengakses database MySQL.
  • Manajemen domain: Menambahkan, mengelola, dan mengarahkan domain.
  • Statistik website: Melihat laporan tentang pengunjung, bandwidth, dan penggunaan sumber daya lainnya.
  • Fitur keamanan: Mengelola sertifikat SSL, firewall, dan fitur keamanan lainnya.

Perbedaan Utama: Tampilan dan Penamaan

Perbedaan utama antara CPanel dan DirectAdmin terletak pada tampilan antarmuka dan penamaan fitur. CPanel memiliki tampilan yang lebih berwarna dan ikon yang lebih besar, sedangkan DirectAdmin memiliki tampilan yang lebih sederhana dan minimalis.

Penamaan fitur juga sedikit berbeda. Misalnya, fitur untuk mengelola file di CPanel disebut “File Manager”, sedangkan di DirectAdmin disebut “File Editor”. Namun, fungsi dari fitur-fitur tersebut pada dasarnya sama.

BACA JUGA :  Mengeluarkan biaya untuk membuat Website itu tidak rugi!

Mari kita lihat perbandingan keduanya dari sisi tampilan bersama sama :

1.Tampilan Halaman Login Panel

Perhatikan gambar dibawah ini, Halaman default login Directadmin memiliki background biru dan form username & password berwarna putih. Sedangkan halaman login cpanel didominasi warna abu – abu dan form login yang menyatu dengan warna background utama.

 

2. Dashboard Panel Directadmin VS Cpanel

Dsahboard panel Directadmin memiliki kemiripan dengan dahboard panel Cpanel versi theme Paper Lantern ( Mungkin diantara anda pengguna cpanel ada yang menggunakan theme ini ).  Cpanel juga memiliki tampilan dsahboard lain bernama Jupiter yang lebih minimalis.

3. Tampilan File Manager

File Manager Directadmin dengan Cpanel juga tidak jauh berbeda, coba anda perhatikan gambar dibawah ini :

File Manager Directadmin memiliki menu navigasi di bagian kiri, dengan warna folder ( direktori ) khas linux & apple berwarna biru.  Sedangkan CPanel memiliki navigasi menu dibagian atas dan warna folder  ( direktori ) khas Windows yang berwarna kuning.

Apakah Fungsinya sama?  Sama saja kok tidak ada bedanya.  Ini seperti anda memiliki 2 buah kotak makan siang dengan warna biru dan kuning. Warnanya beda tapi fungsinya sama 🙂

4. Dashboard Softaculous untuk instalasi CMS

Bagaimana dengan dashboard softaculousnya?
bagi anda yang menggunakan hosting untuk menyimpan website berbasis CMS seperti WordPress & sejenisnya tentu tidak asing dengan fitur Softaculous app installer.  Nah kabar baiknya fitur softaculous pada Directadmin dan cpanel sama saja sehingga tidak akan menjadi masalah untuk anda yang terbiasa menggunakannya.

Performa: Tidak Ada Perbedaan Signifikan

Salah satu pertanyaan umum adalah apakah CPanel atau DirectAdmin lebih unggul dalam hal performa. Jawabannya adalah tidak ada perbedaan signifikan. Keduanya dirancang untuk melakukan tugas yang sama, dan performa website Anda lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti:

  • Spesifikasi server: Kapasitas CPU, RAM, dan penyimpanan server hosting Anda.
  • Optimasi website: Kualitas kode, ukuran gambar, dan penggunaan caching.
  • Trafik website: Jumlah pengunjung dan aktivitas yang terjadi di website Anda.
BACA JUGA :  Cara menghasilkan Uang dari Internet dengan Menjadi Blogger: Panduan Lengkap untuk Pemula

Analogi: Seperti Naik Motor Honda dan Yamaha

CPanel dan DirectAdmin dapat dianalogikan seperti dua merek motor yang berbeda, misalnya Honda dan Yamaha. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengantar Anda dari satu tempat ke tempat lain. Namun, mereka memiliki desain, tampilan, dan mungkin beberapa fitur yang sedikit berbeda.

Pilihan antara Honda dan Yamaha lebih merupakan preferensi pribadi. Beberapa orang mungkin lebih menyukai desain Honda, sementara yang lain lebih menyukai Yamaha. Hal yang sama berlaku untuk CPanel dan DirectAdmin. Beberapa pengguna mungkin lebih menyukai tampilan CPanel yang lebih berwarna, sementara yang lain lebih menyukai tampilan DirectAdmin yang lebih sederhana.

Kesimpulan: Pilih yang Sesuai dengan Preferensi Anda

Tidak ada yang lebih unggul antara CPanel dan DirectAdmin. Keduanya adalah panel kontrol hosting yang handal dan mampu memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna. Pilihan antara keduanya lebih merupakan masalah preferensi pribadi.

Jika Anda baru mengenal hosting web, mungkin lebih baik memilih CPanel karena memiliki tampilan yang lebih mudah dipahami dan komunitas pengguna yang lebih besar. Namun, jika Anda menginginkan tampilan yang lebih sederhana dan minimalis, DirectAdmin bisa menjadi pilihan yang baik.

Pada akhirnya, yang terpenting adalah memilih panel kontrol hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jangan terlalu terpaku pada perbedaan kecil antara CPanel dan DirectAdmin, karena keduanya dapat membantu Anda mengelola website Anda dengan efektif.

Jika anda sedang mencari layanan Web Hosting Directadmin yang mumpuni untuk membuat website silahkan mencoba layanan hosting dari Gapurahoster!
Anda akan mendapatkan Custumer & Technical support expert 24/7 , Fitur keamanan Canggih,  Gratis domain .com dan berbagai keunggulan lainnya. Segera kunjungi https://gapurahoster.co.id dan pilih paket hosting anda.

BACA JUGA :  Cara mengatasi website yang loadingnya lambat

Simak Juga Artikel Lainnya :

×