Menghitung Potongan Jualan di TikTok: Berapa yang Akan Dikurangi?

Tiktok Marketing

Bagaimana Cara Menghitung Potongan Jualan di TikTok?

TikTok semakin populer di kalangan pengguna media sosial, khususnya bagi mereka yang memiliki bisnis online. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh TikTok adalah fitur jualan, yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk mereka secara langsung melalui aplikasi. Namun, bagi pengguna yang baru terjun ke dunia e-commerce, menghitung potongan jualan di TikTok bisa menjadi tugas yang membingungkan. Berapa yang akan dikurangi dari setiap transaksi penjualan di TikTok? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Formula untuk Menghitung Potongan Jualan di TikTok

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika menghitung potongan jualan di TikTok. TikTok mengenakan biaya penanganan dan proses transaksi sebesar 2,9% ditambah Rp 4.000 per transaksi. Jika total transaksi penjualan Anda adalah Rp 1.000.000, berikut adalah cara menghitung potongan jualan di TikTok:

Biaya Penanganan = 2,9% x Rp 1.000.000 = Rp 29.000
Biaya Proses Transaksi = Rp 4.000
Total Potongan = Biaya Penanganan + Biaya Proses Transaksi
Total Potongan = Rp 29.000 + Rp 4.000 = Rp 33.000
Jadi, dari total transaksi penjualan sebesar Rp 1.000.000, potongan yang akan dikurangi oleh TikTok adalah sebesar Rp 33.000.

Strategi untuk Mengurangi Potongan Jualan di TikTok

Meskipun sebesar 2,9% ditambah Rp 4.000 mungkin tampak kecil, namun bagi para pelaku bisnis kecil, potongan tersebut bisa mengurangi keuntungan mereka secara signifikan. Oleh karena itu, ada beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk mengurangi potongan jualan di TikTok.

Pertama, Anda dapat mencoba untuk menaikkan harga produk Anda untuk menutupi potongan jualan yang akan dikurangi oleh TikTok. Namun, Anda harus memperhatikan agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi sehingga membuat konsumen enggan untuk membeli produk Anda.

BACA JUGA :  Strategi Meningkatkan Jumlah Followers untuk Jualan di TikTok

Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk menggunakan promo atau diskon khusus untuk produk yang Anda jual di TikTok. Dengan memberikan diskon atau promo menarik, Anda dapat meningkatkan jumlah penjualan Anda sehingga potongan yang dikenakan oleh TikTok menjadi lebih kecil dalam skala jumlahnya.

Terakhir, Anda juga dapat mencoba untuk menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dengan margin keuntungan yang lebih besar. Dengan begitu, Anda dapat masih memperoleh keuntungan yang layak meskipun potongan jualan yang dikurangi oleh TikTok cukup besar.

Kesimpulan

Menghitung potongan jualan di TikTok bisa menjadi tugas yang membingungkan bagi para pelaku bisnis kecil. Namun, dengan memahami formula yang digunakan oleh TikTok untuk menentukan potongan jualan dan menerapkan strategi yang tepat, Anda dapat mengurangi dampak negatif dari potongan jualan yang dikenakan oleh TikTok. Dengan demikian, Anda dapat tetap memperoleh keuntungan yang layak dari penjualan produk Anda di platform TikTok.

Simak Juga Artikel Lainnya :

×