Cara Setting Email di Thunderbird Dengan Domain Sendiri

Cara Setting Email di Thunderbird Dengan Domain Sendiri

Sebelumnya telah dijelaskan Cara Membuat Akun Email di DirectAdmin. Sekarang kami berikan panduan Cara Setting Email di Thunderbird.

Memiliki alamat email dengan domain sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan profesionalitas dan kredibilitas. Alamat email dengan domain sendiri juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis, organisasi, atau sekadar untuk keperluan pribadi.

Salah satu klien email yang populer dan banyak digunakan adalah Mozilla Thunderbird. Thunderbird merupakan klien email gratis dan open source yang menawarkan berbagai fitur dan kemudahan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan email dengan domain sendiri dan mengelolanya melalui aplikasi Thunderbird, berikut adalah panduan langkah demi langkah yang mudah dipahami.

Cara Setting Email di Thunderbird

1. Download dan Install software ThunderBird di https://www.mozilla.org/en-US/thunderbird/

2. Buka Thunderbird, akan muncul halaman Set Up Your Existing Email Address. Silahkan isi nama, email, dan password. Disini Anda bisa pilih Continue atau Configure Manually.

Cara Setting Email di Thunderbird Dengan Domain Sendiri

  • Jika klik Continue, Thunderbird akan otomatis mencari dan mengisi informasi incoming dan outgoing server provider email Anda. Akan ada juga opsi untuk memilih IMAP atau POP sebagai protokol incoming server. Kami lebih sarankan default saja memilih IMAP. Setelah itu klik Done. Setelah itu mailbox akan muncul.
  • Jika memilih Configure Manually, silahkan isi seperti ini:

Cara Setting Email di Thunderbird Dengan Domain Sendiri

INCOMING SERVER:

  • Protocol: IMAP
  • Hostname: mail.namadomainanda.com
  • Port: 993
  • Connection security: SSL/TLS
  • Authentication method: Normal password
  • Username: isi email Anda

OUTGOING SERVER:

  • Hostname: mail.namadomainanda.com
  • Port: 465
  • Connection security: SSL/TLS
  • Authentication method: Normal password
  • Username: isi email Anda

3. Setelah atur secara manual, lalu klik Done

BACA JUGA :  Cara Akses Login Direct Admin di Gapurahoster

4. Lalu akan muncul Account successfully created. Lalu pilih Finish

5. Setelah itu mailbox akan muncul.

6. Selesai.

Panduan di atas Anda bisa implementasikan pada Windows, Linux, Android dan iOS.

Istilah-istilah saat Setting Email di Thunderbird

  1. Incoming Server: Incoming server adalah server yang digunakan untuk menerima email. Pada artikel ini, kita akan menggunakan protokol IMAP. IMAP memungkinkan Anda untuk mengakses email Anda di beberapa perangkat sekaligus.
  2. Port Incoming: Port incoming adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses incoming server. Port IMAP standar adalah 993.
  3. Security Incoming: Security incoming adalah metode keamanan yang digunakan untuk mengakses incoming server. Pada artikel ini, kita akan menggunakan SSL/TLS. SSL/TLS adalah metode keamanan yang umum digunakan untuk melindungi data saat dikirim melalui internet.
  4. Outgoing Server: Outgoing server adalah server yang digunakan untuk mengirim email. Pada artikel ini, kita akan menggunakan protokol SMTP. SMTP adalah protokol standar yang digunakan untuk mengirim email.
  5. Port Outgoing: Port outgoing adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses outgoing server. Port SMTP standar adalah 465.
  6. Security Outgoing: Security outgoing adalah metode keamanan yang digunakan untuk mengakses outgoing server. Pada artikel ini, kita akan menggunakan SSL/TLS.
  7. Authentication: Authentication adalah metode autentikasi yang digunakan untuk memverifikasi identitas Anda saat mengakses server email. Pada artikel ini, kita akan menggunakan metode autentikasi normal password.

Penutup

Dengan mengikuti panduan ini, Anda telah berhasil melakukan setting email di Thunderbird dengan domain sendiri. Pastikan untuk menyimpan informasi akun dengan aman dan melakukan pengaturan keamanan tambahan jika diperlukan. Selamat menggunakan email dengan domain sendiri melalui Thunderbird!

Simak Juga Artikel Lainnya :

×