Cara Nonaktifkan Directory Listing di WordPress

Cara Nonaktifkan Directory Listing di WordPress

Directory listing merupakan fitur web server yang menampilkan daftar file dan folder di dalam direktori website. Meskipun fitur ini membantu dalam pengelolaan website, namun, jika tidak dikonfigurasi dengan benar, dapat membahayakan keamanan website Anda. Hal ini karena directory listing dapat memudahkan hacker untuk mengetahui struktur website dan file-file penting yang ada di dalamnya.

Cara Nonaktifkan Directory Listing di WordPress

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menonaktifkan directory listing di WordPress untuk meningkatkan keamanan website Anda. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menonaktifkan directory listing di WordPress:

Menggunakan File .htaccess

Metode ini merupakan cara yang paling umum digunakan untuk menonaktifkan directory listing di WordPress. File .htaccess adalah file konfigurasi yang terletak di direktori root website Anda. Untuk menonaktifkan directory listing menggunakan file .htaccess, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka File Manager di DirectAdmin/cPanel/Plesk.
2. Akses direktori root website Anda (biasanya public_html).
3. Cari file .htaccess. Jika belum ada, Anda dapat membuatnya dengan klik kanan dan pilih “Create New File”. Beri nama file tersebut “.htaccess”.
4. Buka file .htaccess dengan editor teks dan tambahkan baris kode berikut di bagian bawah file:

Options -Indexes

5. Simpan file .htaccess.

Kesimpulan

Menonaktifkan directory listing di WordPress merupakan langkah penting untuk meningkatkan keamanan website Anda. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan directory listing dan melindungi website Anda dari hacker.

BACA JUGA :  Cara Mencegah XSS (Cross-Site Scripting): Panduan Lengkap Melindungi Situs Web Anda

Simak Juga Artikel Lainnya :