Cara Mengubah Nameserver Domain di Gapurahoster

cara mengubah nameserver di gapurahoster

Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan kinerja website Anda, salah satu langkah yang penting adalah mengelola nameserver domain dengan efisien. Dalam panduan ini, kita akan menjelaskan langkah-langkah detail mengenai cara mengubah nameserver domain di Gapurahoster, langkah demi langkah.

Apa itu Nameserver?

Nameserver adalah sekumpulan server yang menyimpan informasi mengenai alamat IP dari sebuah domain. Ketika Anda memasukkan alamat domain di browser, browser akan menghubungi nameserver untuk mencari alamat IP domain tersebut. Setelah mengetahui alamat IP domain, browser akan langsung menuju ke alamat IP tersebut untuk menampilkan website.

Pada umumnya, nameserver domain dikelola oleh penyedia domain. Namun, Anda juga bisa mengelola nameserver domain sendiri dengan mendaftarkan nameserver ke penyedia hosting. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mengontrol website Anda.

Cara Mengubah Nameserver Domain di Gapurahoster

Untuk mengatur nameserver atau menghubungkan nameserver ke hosting bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Login ke halaman Member Area Gapurahoster

2. Masuk ke menu Domain -> Domain Saya -> klik icon Setting pada domain.

cara mengubah nameserver di gapurahoster

3. Masuk ke menu Nameserver. Setelah itu tinggal Anda sesuaikan nameserver sesuai hosting yang dipakai. Pilih Gunakan nameserver bawaan jika menggunakan hosting dari Gapurahoster. Pilih Gunakan Kostum Nameserver (masukan disini) jika tidak menggunakan hosting dari Gapurahoster.

cara mengubah nameserver di gapurahoster

 

4. Untuk simpan, silahkan klik Ubah Nameserver.

Perlu diketahui: Perubahan Nameserver biasanya membutuhkan waktu propagasi antara 1-24 jam, sehingga setelah NS diubah, maka domain tidak langsung mengarah ke hosting tetapi harus menunggu hingga proses propagasinya selesai.

Penutup

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat melakukannya dengan mudah dan efisien. Pastikan untuk menjaga informasi nameserver Anda yang baru agar website Anda tetap berjalan dengan optimal. Semoga artikel Cara Mengubah Nameserver Domain di Gapurahoster dapat bermanfaat!

Simak Juga Artikel Lainnya :