Cara menghasilkan uang dari kursus online

Cara menghasilkan uang dari bisnis kursus online

Cara menghasilkan uang dari bisnis kursus online – Salah satu manfaat terbesar Internet saat ini adalah kemudahannya untuk mendapatkan berbagai informasi hanya dalam hitungan detik. Cukup mengetik informasi ataupun cara melakukan sesuatu di Search engine dan “boom” solusi anda sudah ada di depan mata!

Kebutuhan akan informasi dan cara mengatasi masalah  ini menciptakan peluang besar bagi anda yang memiliki & menyediakan solusi & informasi yang dibutuhkan banyak orang.

Banyak orang di luar sana rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan informasi dan ilmu yang mereka butuhkan.

Itulah kenapa produk informasi online seperti portal berita, blog, Ebook hingga komunitas premium berbayar mampu menghasilkan jutaan bahkan miliaran hanya dengan menjual informasi saja!

 

Nah, salah satu ceruk bisnis informasi & panduan ini adalah Kursus Online atau sering disebut Ecourse.

Anda dapat menjual produk pelatihan dalam bentuk online / digital & memasarkannya melalui internet untuk menjangkau target pasar yang luas bahkan tak terbatas seperti yang dicontohkan oleh Edutechno berikut ini :

Kursus digital marketing

 

 

Bukankah di Internet banyak blog, web ataupun video youtube yang mengajarkan secara gratis?

 

Ya, namun diluar sana banyak pula orang ingin belajar suatu hal, namun bingung mulai dari mana, atau butuh mentor & instruktur agar proses belajarnya terstruktur dari dasar hingga akhir, tidak lompat – lompat bahkan ketemu beberapa aliran ilmu yang berbeda dalam 1 bidang yang sama yang akhirnya justru makin membuat bingung.

Disitulah Peran Ecourse / Kursus Online akan sangat terasa. 

Anda tidak perlu lagi merangkai “puzzle” informasi terlebih dahulu menjadi materi utuh sebelum mempelajari & memahaminya.

Semuanya sudah tertata, tinggal mempelajari & mempraktekanya. Bahkan kadang anda dapat langsung berdiskusi & berkonsultasi dengan instruktur / mentor pelatihan anda.

 

Apakah membuat bisnis & materi kursus online itu sulit?

 

Tidak!

Banyak orang merasa tidak percaya diri, atau tidak cukup tahu tentang suatu topik untuk mengajarkannya, tetapi kenyataannya, Anda tidak harus menjadi ahli untuk membuat dan menjual kursus online. Anda hanya perlu tahu lebih dari kebanyakan.

Pernah melihat iklan kursus / ecourse yang bagi anda “gitu doang” tapi ternyata Laris manis?

Nah itulah salah satu contoh nyatanya.

Jika anda seorang pengguna social media, tentu anda tidak asing dengan iklan pelatihan online atau kursus online yang bersliweran di beranda social media yang anda gunakan. Entah itu postingan para affiliator ataupun iklan dari pemilik kursus online itu sendiri.

Jenis pelatihan kursus onlinenya pun beragam, mulai dari pelatihan digital marketing, kepenulisan, diet, fitness, membuat game, desain grafis hingga pelatihan memasak pun sekarang di onlinekan!

BACA JUGA :  Bisnis Afiliasi Tanpa Modal

Menarik bukan?

 

Keuntungan berbisnis Kursus Online / Ecourse

Dari kursus online anda dapat menghasilkan pendapatan cukup besar serta keuntungan & kemudahan lain yang tidak anda temukan di model kursus / pelatihan konvensional secara offline. Berikut ini diantaranya :

 

1. Platform penyedia kursus berbasis online

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan masalah dasar membuka bisnis seperti kantor & lokasi bisnis. Dengan kursus online, produk kursus anda dapat ditemukan dan diikuti oleh banyak orang meskipun anda hanya mengerjakan materi & mengajarkannya dari rumah. Website anda menjadi peran pengganti kantor  & kelas pelatihan dengan modal & biaya operasional yang jauh lebih murah.

 

2. Melengkapi bisnis kursus Anda yang sudah ada

Tapi saya sudah punya lembaga kursus sendiri dan kantor pelatihan sendiri kok!Nah, dengan kursus online, jangkauan pemasaran anda akan jauh lebih luas. Anda dapat melayani calon siswa lokal yang berada di sekitar wilayah anda secara offline, namun tetap bisa mendapatkan siswa lebih banyak lagi dari luar daerah, luar kota bahkan luar negara.

Pernah melihat materi pelatihan yang dijual di udemy.com atau di markerplace produk digital seperti Jvzoo, Clickbank atau WarriorPlus?  Pembelinya dari seluruh belahan dunia.

 

3. Ciptakan penghasilan pasif / Passive Income

Tentu anda pernah mendengar istilah passive income atau penghasilan pasif, dimana anda bisa menghasilkan uang terus menerus tanpa harus melakukan apapun.

Istilah tersebut bukan sekedar ucapan manis para agen MLM, namun anda juga dapat menikmati passive income dengan menjual ecourse / kursus online.

Anda hanya perlu membuat materi pelatihan secara komplit sekali saja, selanjutnya materi tersebut dapat anda jual berulang kali dan dinikmati sebanyak apapun siswa anda tanpa anda harus mengulang mengajar materi yang sama berkali – kali.

Anda dapat menghemat waktu & SDM untuk menjalankan bisnis ini.

Sebagai nilai lebih mungkin anda dapat memberikan webinar , konsultasi live yang tentu untuk melakukannya tidak seberat anda harus mengulang materi baru dari awal tiap ada angkatan kelas baru yang mengikuti pelatihan yang anda tawarkan.

 

4. Menjual produk lain yang relevan dengan minat siswa

Pernahkan anda belanja ke supermarket kemudian ditawari membeli pulsa atau membeli produk lain dengan harga yang lebih murah namun dengan syarat pembelian produk tertentu / produk lain?

Nah teknik ini biasa disebut dengan cross selling, anda dapat menawarkan produk lain yang mungkin relevan dengan kebutuhan siswa anda. 

Contoh : anda menawarkan kursus membuat website, maka anda dapat menawarkan materi copywriting, content creator atau kursus “membuat desain promosi yang menjual”  dengan harga khusus misalnya untuk siswa anda tersebut.

Dengan cara ini anda dapat menghasilkan ekstra dari yang seharusnya.

 

Cara Membuat Kursus Online

Jika Anda siap untuk memulai berbisnis kursus Online / Ecourse , ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Pilih Topik Kursus

Buatlah daftar hal-hal yang Anda ketahui ataupun sudah anda geluti saat ini. Anda seorang akuntan? Mungkin anda dapat membuat materi kursus seputar Microsoft Excel. 

Anda jago bahasa inggris atau korea ?  Anda dapat membuat kursus bahasa inggris. Atau anda pandai membuat aneka kue dan masakan?  Yup, anda bahkan dapat membuat & menjadi seorang master dalam kursus membuat kue & kuliner!

BACA JUGA :  Cara Memulai Bisnis Hosting untuk Pemula + Bisa dari Rumah

 

2. Lakukan Riset Pasar

Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membuat kursus yang tidak akan dibeli oleh siapa pun. Banyak orang mungkin ingin tahu tentang topik Anda, tetapi pertanyaannya adalah; apakah mereka bersedia membayar untuk mempelajarinya? Sebelum Anda menginvestasikan waktu dalam kursus Anda, teliti siapa pembeli terbaik untuk itu, dan apakah mereka siap, mau, dan mampu membelinya atau tidak.

Atau jika saat ini anda sudah memiliki kursus offline yang berjalan dengan baik & terbukti memiliki pasar, Anda dapat membuat versi Onlinenya juga.

 

3. Buat Garis Besar Kursus Anda

Jika Anda telah menentukan ada pasar yang bersedia membeli kursus Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan apa yang akan Anda masukkan ke dalam kursus tersebut. Berdasarkan sifat kursus, konten yang Anda berikan harus mendalami topik dan mencakup semua aspek penting. Kursus tidak seperti posting blog, yang seringkali hanya muncul di permukaan.

Untuk membantu mengatur kursus Anda, pikirkan tentang modul dan pelajaran. Sebuah modul akan menjadi subtopik keseluruhan, dengan pelajaran yang memberikan rincian subjek itu. Misalnya, jika Anda memiliki kursus tentang memulai bisnis rumahan, Anda mungkin memiliki modul tentang rencana bisnis. Pelajaran Anda dalam modul itu akan mencakup “Bagaimana memilih ide bisnis rumahan yang profitable” dan “Bagaimana mengidentifikasi target pasar Anda.”

 

4. Tentukan Metode Penyampaian Materi terbaik

Ada banyak metode penyampaian materi dalam kursus online yang dapat anda terapkan ketika melakukan pengajaran, seperti teks, video, lembar kerja, daftar periksa, infografis, audio, dan hal lain yang memberikan informasi.

Menampilkan materi kursus memasak secara visual melalui Video tentu akan lebih memudahkan bukan daripada sekedar gambar atau tulisan artikel saja?

Triknya adalah menentukan format apa yang terbaik untuk apa yang Anda coba ajarkan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin menawarkan dua metode untuk satu pelajaran. Misalnya, Anda bisa menyampaikan materi dasar / fundamental dalam bentuk tulisan. Namun ketika masuk pada materi praktek, tentu akan lebih maksimal jika anda sampaikan dalam bentuk materi visual seperti video.

 

5. Buat materi kurus online anda

Ini adalah Langkah yang paling memakan waktu dalam membuat kursus online. Anda perlu membuat konten tulisan atau merekam materi dalam bentuk video selanjutnya melakukan editing dengan menambahkan logo, opening video dsb dilanjut dengan melakukan pengecekan ulang materi anda Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan atau gangguan.

Namun semua itu akan terbayar berkali lipat ketika anda berhasil menyelesaikannya & terjual berulang – ulang tanpa harus melakukan apapun lagi.

 

6. Buat platform website untuk menjual kursus online anda

Setelah memiliki produk kursus online yang siap untuk dijual, Anda perlu platform untuk memasarkannya. Anda dapat membuat Website LMS / Website Kursus Online untuk menjual produk kursus anda. Dengan Website Kursus Online anda dapat mengelola materi kursus, mengelola siswa hingga mengotomatiskan semua proses pembelian hingga pembelajaran siswa peserta kursus anda.

Jika anda memiliki ketrampilan untuk membuat website kursus online sendiri, Anda tinggal mempersiapkan hosting & domain yang bisa didapatkan disini : 

https://gapurahoster.co.id/web-hosting-murah-indonesia/

Atau jika anda kesulitan membuat sendiri, anda dapat menggunakan jasa pembuatan Website Kursus Online anda di sini : https://globalcybermedia.co.id/jasa-pembuatan-website-lms-kursus-online

 

Bagaimana cara memasarkan kursus Online?

Berbicara tentang bisnis, tentu tidak lepas dengan yang namanya pemasaran. Dan kabar baiknya banyak metode pemasaran yang dapat anda gunakan untuk menjual produk kursus online / ecourse anda. Berikut ini diantaranya :

BACA JUGA :  5 Cara Memunculkan Ide Kreatif Wirausaha

 

1. Social Media

Social media merupakan salah satu metode pemasaran termudah yang dapat anda lakukan untuk memasarkan banyak hal, termasuk salah satunya adalah menjual kursus online / ecourse.

Anda bisa membuat akun personal, Fanspage, bergabung dengan grup / komunitas untuk memasarkan kursus online yang anda miliki. Gunakan juga fitur pendukung social media seperti Story, Reels, video pendek dll untuk mempertajam visibilitas penawaran anda di social media.

 

2. Iklan Berbayar

Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar melalui platform Facebook , Instagram, Tiktok, youtube atau iklan pencarian di search engine untuk memasarkan produk kursus online anda.

 

Kok berbayar, butuh modal dong?

 

Benar, namun coba bayangkan jika anda bisa mendapatkan penjualan dengan keuntungan bersih sebesar Rp 350.000 hanya dengan mengeluarkan modal iklan 10 Ribu rupiah.  Kira – kira akan anda ambil tidak peluang seperti ini?  🙂 

 

3. Melalui pencarian di search engine

Salah satu perilaku umum pengguna internet adalah mencari informasi melalui search engine seperti Google. 

Nah, coba bayangkan lagi jika anda memiliki website kursus online dimana materi kursus anda setiap hari banyak dicari, dibutuhkan & ditemukan oleh orang yang siap membayar untuk mengikutinya.

 

4. Melalui WhatsApp Marketing

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi komunikasi & bertukar pesan yang cukup banyak penggunanya. Bahkan aplikasi ini memiliki aplikasi khusus yang disebut dengan WhatsApp Bisnis untuk memfasilitasi para pebisnis untuk menjangkau pelanggan & berkomunikasi dengan mereka.

Anda dapat memanfaatkan fitur WhatsApp Grup, Broadcast, katalog produk untuk membantu pemasaran online bisnis kursus online yang anda miliki.

Bahkan untuk mendapat hasil & respon yang lebih maksimal anda dapat memanfaatkan tools / software seperti Autoprospek untuk mempromosikan kursus online anda.

 

5. Melalui Telegram Marketing

Telegram merupakan salah satu aplikasi alternatif selain WhatsApp yang dapat anda manfaatkan juga. Dengan fitur yang mirip / tidak jauh berbeda dengan WhatsApp seperti Grup, Channel , broadcast dll namun memiliki kelebihan dari sisi limit / batasan jumlah anggota grup, penyimpanan history pesan / chat lama dsb yang untuk saat ini belum dimiliki oleh WhatsApp.

Anda juga dapat memanfaatkan Tools seperti Autoleads untuk melakukan Broadcast untuk kebutuhan Telegram Marketing.

 

6. Email Marketing

Selain melalui WhatsApp, anda juga dapat memanfaatkan fitur email marketing untuk menjangkau dan tetap berhubungan baik dengan calon siswa atau alumni pelatihan anda. 

Sampaikan Update materi kursus yang pernah mereka ikuti, informasi materi kursus baru yang mungkin relevan dengan kebutuhan siswa anda atau promo spesial di waktu tertentu untuk mengjangkau calon siswa yang sempat ragu bergabung karena alasan harga / biaya kursus.

 

7. Mengikuti Program Pemerintah

Anda dapat mengikuti program – program pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan & pemberdayaan manusia / pekerja seperti program pelatihan yang sering dilakukan oleh dinas ketenagakerjaan, Dinas Koperasi, Dinas Pendidikan atau program pelatihan resmi dari pemerintah seperti Program Kartu Prakerja. Dengan mengikuti program – program tersebut, Para peserta pelatihan yang akan berbondong – bondong mencari anda!

Nah, Mana yang terbaik untuk anda gunakan?

Anda dapat menggunakan semua metode pemasaran diatas untuk saling mendukung promosi kursus online anda. Karena beda platform juga bisa berbeda pula karakteristik penggunanya.

Kesimpulan

Membuat dan menjual kursus online bisa sangat menguntungkan jika Anda dapat memberikan materi kursus yang bermanfaat, mudah dipelajari dan dibutuhkan oleh banyak orang. 

Dan dengan membuat kursus online anda dapat menjangkau lebih banyak siswa baru seta menghemat dan mengefektifkan banyak hal, mulai dari Sumber Daya Pengejar, Tim, Waktu dan biaya produksi atau budget yang lebih terjangkau untuk menyelenggarakan kursus Anda.

 

Tertarik untuk memulai bisnis kursus online / Ecourse anda sendiri namun terkendala tidak bisa membuat website?

Jasa Pembuatan Website kursus Online kami siap membantu!

Kunjungi link berikut ini : https://globalcybermedia.co.id/jasa-pembuatan-website-lms-kursus-online

Simak Juga Artikel Lainnya :

×