Cara mengatasi SMTP Error (435): Authentication failed pada directadmin

Cara mengatasi SMTP Error (435): Authentication failed pada directadmin

Cara mengatasi SMTP Error (435): Authentication failed pada directadmin – Pada pengguna layanan server, terutama VPS atau Dedicated server salah satu kendala yang biasanya akan dihadapi adalah fungsi email yang tidak bekerja. Yang efeknya pengiriman email pada website ataupun sistem webmail tidak bisa mengirim pesan.

Nah salah satu error yang serikali muncul adalah SMTP Error (435): Authentication failed.

Apa itu SMTP Error (435): Authentication failed ?

Kesalahan SMTP (435) terjadi saat Anda mencoba mengirim email tetapi server email menolak login Anda. Ini pada dasarnya mengatakan “Autentikasi gagal”. Ada beberapa alasan umum mengapa ini terjadi:

  • Username atau kata sandi salah: Ini adalah penyebab paling umum. Periksa kembali apakah Anda memasukkan username dan kata sandi email Anda dengan benar.
  • Masalah dengan server email: Ada kemungkinan server email sedang mengalami downtime atau masalah konfigurasi. Coba lagi nanti atau hubungi penyedia email Anda untuk melihat apakah mereka mengetahui adanya masalah.
  • Verifikasi akun: Beberapa penyedia email mengharuskan Anda memverifikasi akun Anda sebelum dapat mengirim email. Periksa email Anda untuk mendapatkan pesan verifikasi.
  • Masalah konfigurasi email: Klien email Anda mungkin salah dikonfigurasi. Periksa kembali pengaturan SMTP Anda, seperti nomor port dan persyaratan autentikasi.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengatasi kesalahan ini:

  • Pastikan kredensial Anda benar: Periksa kembali apakah Anda memasukkan username dan kata sandi dengan benar. Perhatikan huruf besar/kecil dan pastikan Anda tidak mengetik spasi tambahan.
  • Lihat pesan kesalahan lengkap: Terkadang, pesan kesalahan akan memberikan informasi lebih lanjut tentang mengapa autentikasi gagal.
  • ** Periksa pengaturan SMTP Anda:** Pastikan pengaturan SMTP di klien email Anda sudah benar. Anda biasanya dapat menemukan pengaturan ini di bagian pengaturan akun email Anda.
BACA JUGA :  Cara Mengubah Versi PHP di DirectAdmin

Nah jika cara diatas tidak memberikan solusi anda dapat melakukan cara alternatif dibawah ini.

Cara alternatif mengatasi SMTP Error (435): Authentication failed pada directadmin menggunakan terminal / ssh

Login ke SSH anda menggunakan Putty , lalu ketikkan beberapa baris perintah berikut :

cd /usr/local/directadmin/custombuild
./build update
./build exim
./build roundcube

Cara diatas biasanya cukup ampuh untuk mengatasi SMTP Error (435): Authentication failed.

Silahkan dicoba.

Butuh layanan hosting yang mensupport unlimited akun email? Langsung saja ke https://gapurahoster.co.id

Simak Juga Artikel Lainnya :