Cara Flush DNS Windows Menggunakan Command Prompt

Cara Flush DNS Windows via CMD

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang digunakan untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Alamat IP adalah alamat unik yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi satu sama lain di internet.

cara flush dns

Setiap kali Anda membuka situs web, browser Anda akan menggunakan DNS untuk mencari alamat IP situs web tersebut. Jika cache DNS Anda rusak atau tidak akurat, browser Anda mungkin tidak dapat menemukan alamat IP situs web yang Anda inginkan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba flush DNS. Flush DNS akan menghapus semua data DNS yang disimpan di komputer Anda.

Berikut adalah cara flush DNS Windows menggunakan command prompt:

  1. Buka command prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik cmd dan tekan Enter.
  2. Ketik perintah berikut:
ipconfig /flushdns
  1. Tekan Enter.

Setelah Anda menjalankan perintah tersebut, semua data DNS yang disimpan di komputer Anda akan dihapus. Anda harus me-restart komputer Anda untuk memastikan bahwa perubahan telah diterapkan.

Tips tambahan

  • Anda dapat menggunakan perintah ipconfig /displaydns untuk menampilkan semua data DNS yang disimpan di komputer Anda.
  • Anda dapat menggunakan perintah ipconfig /registerdns untuk mendaftarkan kembali semua DNS server yang ada di komputer Anda.

Kesimpulan

Flush DNS adalah cara yang mudah untuk mengatasi masalah DNS di Windows. Jika Anda mengalami masalah dengan situs web, Anda dapat mencoba flush DNS untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

BACA JUGA :  Apa itu Let's Encrypt: Pengertian dan Cara Kerjanya

Simak Juga Artikel Lainnya :