7 Channel Marketing Bisnis untuk mengembangkan bisnis anda

Mempertahankan bisnis tetap berjalan lebih sulit daripada membuat bisnis itu sendiri. Anda perlu mengetahui bagaimana cara mempertahankan pelanggan dan mendatangkan pelanggan baru untuk menjaga keberlangsungan bisnis yang anda miliki.

Nah, di Artikel Gapurahoster kali ini anda akan mempelajari beberapa channel marketing bisnis yang efektif untuk menjaga  keberlangsungan bisnis anda & mengembangkannya.

 

7 Channel Marketing Bisnis untuk mengembangkan bisnis anda

 

1. Google 

Google

Google adalah search engine yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, dan traffic pengunjung dari Google biasanya adalah warm traffic.

Warm Traffic yang dimaksud disini adalah traffic pengunjung ataupun calon pelanggan yang sudah memiliki tujuan atau kebutuhan tertentu , yang mencoba mencari solusi atas permasalahannya melalui Google.

Contoh : Ada seseorang yang mencari di google dengan kata kunci  “jual obat penghilang jerawat” maka besar kemungkinan orang tersebut membutuhkan obat penghilang jerawat. Jika produk anda adalah Obat penghilang jerawat dan si orang tersebut menemukan produk anda di Google , ada potensi dia akan membeli produk anda tersebut.

 

Nah, bagaimana cara agar website anda dapat ditemukan di Google?

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu cara organik atau umum disebut dengan SEO dan cara berbayar atau umum disebut SEM.

 

A.SEO

SEO / Cara Organik umumnya dilakukan dengan cara membuat konten di website / blog anda dan mengoptimasinya agar muncul di halaman pertama google ketika seseorang mengetikkan sesuatu yang berhubungan dengan konten anda tersebut.

Untuk melakukan teknik SEO anda harus memahami apa itu SEO On Page dan SEO offpage.

SEO Onpage berkaitan dengan hal – hal yang ada di internal website & konten anda seperti Pemilihan kata kunci, pembuatan judul konten & halaman, Deskripsi konten / halaman , Kecepatan loading halaman dsb

Sedangkan SEO Offpage berkaitan dengan hal hal yang ada di external website anda, seperti backlink , Social Signal, Brand Mention dsb.

Selain melakukan SEO Onpage dan SEO Offpage, anda juga dapat melakukan Local SEO.

Local SEO berkaitan dengan pencarian produk, bisnis ataupun kata kunci tertentu yang mengarah pada lokasi tertentu. Misalkan ada yang melakukan pencarian di google dengan kata kunci : “Jual Obat Jerawat dekat sini”  maka toko / penjual yang berada di dekat tempat anda berada akan diutamakan untuk tampil di halaman pertama. Dan jika anda memiliki Akun Google Bisnisku, maka Tampilan Google Bisnisku milik anda akan muncul di halaman pencarian Google tersebut.

BACA JUGA :  Strategi Promosi Bisnis Melalui Media Sosial: Membangun Kehadiran yang Efektif dan Berkelanjutan

 

B.SEM

Nah, seperti penjelasan sebelumnya,  selain menggunakan metode SEO anda juga dapat menggunakan metode SEM agar lebih mudah ditemukan oleh para pengguna Google & turunan produknya.

SEM ( Search Engine Marketing ) adalah fitur berbayar dari Google yang memungkinkan anda mempromosikan bisnis yang anda miliki di jaringan milik Google melalui fitur Google Ads, dimana bisnis anda dapat ditampilkan di halaman pencarian Google dalam bentuk Google Search Ads, di halaman pemilik website yang bekerjasama dengan Google dalam bentuk Google Display Ads, serta muncul di layanan – layanan Google lainnya seperti Inbox Gmail, Iklan Youtube dsb.

 

2. Facebook

Facebook

Channel Marketing berikutnya yang dapat anda manfaatkan adalah Facebook. Facebook merupakan salah satu social media yang cukup powerful untuk mendukung promosi bisnis anda dimana Facebook yang saat ini dibawah perusahaan Meta ini juga memiliki kepemilikan atas Social Media Instagram Dan WhatsApp juga sehingga ketiganya dapat saling berintegrasi.

Nah beberapa fitur dari facebook yang dapat anda gunakan sebagai media marketing & promosi bisnis anda diantaranya fitur Postingan personal, Postingan Fanspage, Facebook Story, Facebook group, dan juga Facebook Marketplace.

Postingan Personal lebih mudah dijangkau oleh orang – orang yang berteman dengan akun facebook anda. Anda dapat melakukan promosi secara hardselling ( terang – terangan ) ataupun softselling seperti melakukan storytelling, memulai topik diskusi dsb.

Sedangkan Postingan Fanspage akan lebih maksimal jika anda manfaatkan untuk kebutuhan beriklan ataupun menyampaikan informasi secara resmi.

Facebook Story, juga merupakan salah satu fitur yang cukup banyak dilihat oleh pengguna facebook dimana peletakan fitur ini cukup menonjol & berpotensi menarik pandangan mata. Anda bisa menggunakan postingan gambar , foto ataupun video menggunakan fitur facebook Story ini.

Fitur berikutnya adalah Facebook Group. Fitur ini  akan membantu anda membuat “kolam pelanggan” yang memiliki minat pada hal spesifik. Meskipun demikian, perlu upaya yang dilakukan agar grup yang anda buat memiliki komunitas yang hidup.

Jika anda menggunakan Facebook Group sebagai media promosi , disarankan untuk menggunakannya sebagai media berbagi & diskusi informasi bermanfaat bukan hanya sekedar tempat menebar iklan promosi. Sehingga anggota group tersebut merasa mendapat manfaat & tidak merasa hanya digunakan sebagai objek promosi saja.

 

3. Instagram 

Instagram

Instagram merupakan social media “saudara” Facebook yang cukup populer dengan spesialisasi pada konten foto & videonya. Social Media yang memiliki pangsa pasar mayoritas kawula muda ini juga cukup aktif digunakan oleh para selebritis & artis untuk mengunggah postingannya.

Anda juga dapat menggunakan Insagram untuk mempromosikan bisnis anda sekaligus melakukan branding. Baik Company Branding ataupun personal branding diri anda sebagai pebisnis.

BACA JUGA :  Strategi Promosi Bisnis Melalui Media Sosial: Membangun Kehadiran yang Efektif dan Berkelanjutan

Perlukah personal Branding?
Ya!, menurut Entrepreneurs, Personal branding memiliki peranan yang cukup penting dalam mengembangkan bisnis anda sekaligus membangun kepercayaan pelanggan.

Jika personal branding anda bagus, Orang cenderung lebih percaya & merasa aman jika mereka “mengenal” anda, si pemilik bisnis.

Nah, apa saja yang dapat anda lakukan di Instagram?

Anda dapat membuat konten berupa postingan foto / video entah berupa promosi, edukasi ataupun kegiatan seputar bisnis anda melalui fitur post, story & reels.

Atau anda punya ide untuk melakukan edukasi bahkan jualan secara live dengan tema flash sale? Bisa bisa saja!

 

4. Tiktok

Meskipun tergolong pendatang baru, Social Media asal China ini mampu menggebrak pasar & bersanding dengan Facebook, Instagram dan Youtube yang merupakan pendahulunya. Mengusung fitur post video pendek ( saat ini juga mensupport video berdurasi lebih panjang ) hingga konsep Marketplace membuat Tiktok menciptakan aktifitas baru dalam ber sosial media.

Anda dapat sekedar memposting video, bermain dengan filter hingga menyisipkan link jualan pada video anda dengan menggunakan fitur Tiktok Shop. Bahkan orang lain bisa bergabung menjadi pasukan jualan anda dengan hadirnya tiktok Affiliate.

 

5. Youtube

youtube

Youtube merupakan platform berbagi video terbesar saat ini. Banyak perusahaan, konten kreator hingga Artis menggunakan Youtube sebagai media branding, sharing hingga mengeruk penghasilan dari Adsense, Dan hasilnya tidak main – main!

Nah, bagi anda para pemilik bisnis, Youtube dapat menjadi sarana mendatangkan calon pelanggan alternatif bagi yang lelah bersaing di search Engine menggunaan blog / tulisan. Pasalnya merangking di Youtube bisa dibilang relatif lebih mudah daripada anda bersaing ranking di search engine.

Selain ini, budaya masyarakat kita yang cenderung lebih suka menonton & mendengarkan daripada membaca dapat terfasilitasi dengan adanya konten – konten Youtube yang anda buat.

Anda dapat membuat konten video edukasi, hiburan dan menyisipkan promosi produk anda pada video dengan cara yang halus. Baik dengan mention, tampilan banner , link pada deksripsi, bahkan konten video yang anda buat sendiri.

Contohnya ketika anda melakukan pencarian di Youtube dengan kata kunci “Review Gapurahoster” maka anda akan mendapatkan banyak video hasil pencarian yang mengulas tentang Gapurahoster, baik dari sisi produk ataupun program – program yang ada di Gapurahoster, seperti Program Afiliasi Gapurahoster, Program Mitra, hingga materi – materi edukasi.

 

6. WhatsApp 

whatsapp

Jika kita bertanya pada orang di sekitar, “aplikasi chat apa yang yang dipergunakan?”  maka rata – rata biasanya akan menjawab “WhatsApp”.

BACA JUGA :  Strategi Promosi Bisnis Melalui Media Sosial: Membangun Kehadiran yang Efektif dan Berkelanjutan

Ya, WhatsApp adalah aplikasi chat / perpesanan yang menggeser fungsi SMS hingga melengserkan BBM yang dulu cukup populer.

Anda bisa berkirim kabar, ngobrol hingga berbisnis menggunakan WhatsApp karena WhatsApp sendiri menyediakan 2 buah aplikasi yaitu WhatsApp personal dan WhatsApp Bisnis.

Nah, bagi anda yang menggunakan WhatsApp untuk berbisnis maka WhatsApp bisnis adalah pilihan yang paling tepat.

Berbeda dengan WhatsApp personal, WhatsApp bisnis memiliki fitur fitur pendukung bisnis seperti Informasi Bisnis, Penjawab Pesan Otomatis / Autoresponder, Katalog Produk hingga fitur penjawaban cepat yang akan mempermudah dan mempercepat anda mengelola bisnis dan pelanggan.

Selain itu fitur – fitur bawaan lain pada WhatsApp seperti WhatsApp Story, WhatsApp Grup, WhatsApp Broadcast juga akan membantu anda menjangkau calon pelanggan dan pelanggan lama dengan mudah.

Bahkan banyak yang hanya mengandalkan WhatsApp story saja bisa menghasilkan closing.

Nah, untuk urusan bisnis salah satu fitur WhatApp yang cukup powerfull adalah WhatsApp Grup. Anda bisa mengumpulkan leads pelanggan, member, Agen, Reseller bisnis anda dalam satu grup WA untuk memudahkan komunikasi, sharing & penyampaian informasi.

Selain itu saat ini banyak pengembang software & aplikasi yang menyiptakan fitur Grab / Scrape Kontak WhatsApp dan juga pengirim pesan WhatsApp secara Massal. Dimana anda bisa menjangkau pelanggan dan calon pelanggan secara massal dan menyempaikan informasi kepada mereka.

Dibandingkan dengan Email Marketing, Pesan WhatsApp memiliki Efektifitas openrate yang berkali lipat lebih baik karena tentu kebanyakan orang lebih sering memeriksa WhatsApp daripada email bukan?

Karena hal tersebut, pesan yang anda kirimkan via WhatApp akan lebih banyak dibaca oleh orang – orang yang anda kirimi.

 

7. Telegram

telegram

Selain WhatsApp, Telegram adalah media komunikasi & chat alternatif selain WhatApp.Dengan kapasitas grup & channel yang mampu menampung lebih banyak member, Cloud Storage yang besar untuk menyimpan file, bot otomatisasi hingga pesan & pecakapan lama yang dapat dibaca oleh member grup baru membuat Telegram menjadi channel marketing bisnis yang cukup powerful juga.

Anda dapat memanfaatkan Telegram Channel untuk menyampaikan informasi & edukasi 1 arah tanpa interupsi dari member sehingga penyampaian informasi lebih mengena. Nah untuk berdiskusi & tanya jawab anda dapat menggunakan fitur Telegram Group.

 

Nah, beberapa Channel Marketing Bisnis diatas dapat anda gunakan untuk memaksimalkan marketing bisnis anda.

Semakin banyak Channel Marketing yang anda gunakan maka semakin besar pula potensi traffic pengunjung, prospek pelanggan baru, serta penjuaan anda. Dengan demikian stabilitas & keberlangsungan bisnis anda akan terjaga & semakin berkembang.

Dapatkan Software Tools Marketing WhatsApp, Telegram & Google GRATIS dengan membeli paket hosting Medium atau Bisnis di tanggal 14 – 17 Februari 2022. Dapatkan disini : https://bit.ly/3oHg5Nl

software whatsapp marketing gratis

Simak Juga Artikel Lainnya :