Awas Bahaya Ransomware & Keylogger

Pernah mendengar kata Ransomware & Keylogger?

Anda bisa kehilangan banyak uang & aset karena 2 hal ini.

Bagi anda yang gemar mendownload software,game, plugin & produk nulled / bajakan 2 malware berbahaya ini selalui mengintai & berpotensi merugikan anda.

Awas Bahaya Ransomware & Keylogger
Awas Bahaya Ransomware & Keylogger

Nah mau tau seperti apa bahayanya? Lanjut baca tulisan ini.

 

Apa itu Ransomware & Keylogger?

 

1. Ransomware

Ransomeware adalah jenis malware pada komputer yang akan menyandra seluruh file yang anda di komputer anda dengan enkripsi tertentu. Dimana biasanya semua file, folder, gambar & dokumen anda,Bahkan Jenis ransomware tertentu bahkan mengenkripsi hardisk anda sekaligus!

Akibatnya ekstensi dokumen anda akan berubah & tidak bisa dibuka ataupun diakses.

Nah, biasanya si penyebar ransomware akan meminta tebusan sekian ribu dollar untuk membuka enkripsi pada file, dokumen & hardisk anda tersebut.

Jika komputer anda digunakan juga untuk bekerja & mencari nafkah tentu ini akan sangat merugikan.

Jika dibiarkan file & dokumen anda tidak bisa digunakan,  Jika ditebus anda akan kehilangan uang sangat banyak bahkan melebihi apa yang biasanya anda hasilkan selama ini.

Ya!, ini salah satu bentuk pemerasan online terkejam saat ini.

 

2. Keylogger 

Pernah mengalami akun email, akun social media, dompet digital terhack padahal tidak pernah login dari komputer lain?

Hmm.. mungkin anda terkena keylogger!

 

Apa itu keylogger?

Keylogger adalah salah satu jenis malware yang umumnya berfungsi untuk merekam & menyadap semua ketikan yang anda lakukan di komputer yang anda gunakan saat ini.

BACA JUGA :  Plugin Disable Copy dan Klik Kanan di WordPress (Anti COPAS)

 

Nah, darimana dia datang?

Biasanya keylogger dikirim / disisipkan melalui file yang anda download dari internet. Entah itu file program / software tertentu yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk disusupi keylogger atau Software Palsu yang dengan sengaja anda download.

Mungkin anda pernah download software, program,  antivirus, cheat game, diamond / coin generator tapi tidak berfungsi ketika dijalankan?

Nah bisa jadi itu salah satu jalan masuk ke komputer anda, yaitu menyamarkan malware keylogger dengan aplikasi tertentu yang menarik & dibagikan secara gratis untuk didownload oleh orang – orang.

 

Lalu apa akibat jika terkena keylogger?

Seperti yang dijelaskan didepan, Keylogger akan merekam semua aktifitas ketikan keyboard & klik mouse yang anda lakukan ketika menggunakan komputer.

Apa saja web yang anda buka, apa saja username & password yang anda ketikkan di komputer akan terekam di malware ini. Dan hebatnya lagi, jika komputer anda terhubung dengan Internet, Malware ini akan secara otomatis mengirim data ketikan anda ke email si pemilik keylogger yang entah berada dimana.

Setelah data ketika anda didapat, si pemilik keylogger akan mencoba login ke akun – akun yang selama ini anda gunakan kemudian mengambil alih aksesnya!

 

Ah, cuma email & social media saja kok, Amaaaannn…

 

Perlu diketahui, Email merupakan “induk” dari semua akun online yang anda miliki. Hampir semua layanan di internet pendaftarannya menggunakan email & data penting seperti informasi login, reset password biasanya dikirimkan ke email.

Artinya jika Email anda ada di tangan orang jahat, maka seluruh akun online, membership dll yang selama ini anda miliki bisa diambil alih.

BACA JUGA :  Cara Backup WordPress Otomatis ke Google Drive

 

Lalu Social media buat apa?

Saat ini sangat sering terjadi pembajak social media menggunakan akun korbannya untuk menipu, meminta uang kepada teman , kenalan & saudara bahkan membuat keonaran yang membahayakan pemilik asli.

Si pembajak akan mengecek history chat anda, mempelajari gaya bahasa anda kemudian mendekati korban lain untuk menipunya. Dan lagi – lagi jika terjadi sesuatu anda yang akan disalahkan.

Nah lalu bagaimana cara mengatasi Ransomware & Keylogger?

 

Cara mengatasi Ransomware & Keylogger

 

1. Hindari mendownload program / software bajakan

Suka mendownload game, Software desain, software komputer, plugin gratisan dari sumber yang tidak jelas ?

Hati – hati bisa jadi program / software yang anda download tadi sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk disisipi ransomware ataupun keylogger.

Atau jika anda menggunakan plugin / theme WordPress bajakan , Nulled tapi mengatasnamakan GPL hati – hati juga karena biasanya yang disisipkan adalah backdoor.  Backdoor ini akan membuka akses ke akun hosting anda tanpa harus login, kemudian menghapus, mengacak – acak , menyisipkan iklan atau merubah konten website anda sesuai keinginan si penyusup.

2. Gunakan antivirus yang terupdate

Gunakan antivirus yang terupdate pada komputer yang anda gunakan. Jangan gunakan antivirus bajakan & mempertaruhkan keamanan komputer anda.

Membeli Antivirus resmi seharga Rp 200 ribu pertahun tentu jauh lebih murah daripada anda harus menebus file yang ternkripsi ransomware sebesar 15.000 Dollar bukan?

3. Hindari Software dengan iming – iming yang tidak jelas

Di luar sana banyak software & aplikasi tidak jelas, namun menawarkan sesuatu yang menggiurkan. Contohnya : Generator Kartu Kredit, Generator Coin, Generator Cash Game, Software Mesin Atm Otomatis & software yang mengiming – imingi uang lainnya dimana bisa dipastikan sebagian besar yang beredar berisi malware atau justru malware yang disamarkan.

BACA JUGA :  Cara Mengamankan Website Anda dari Hacker & Malware: Panduan Lengkap

 

Jangan tergiur rayuan kaya secara instan ataupun mendapatkan uang & penghasilan dari online dengan cara yang merugikan orang lain & diri sendiri.

Anda bisa menghasilkan uang secara legal & halal dengan cara Membuat website bisnis atau jualan online dengan web hosting dari Gapurahoster yang cuma 98 Ribu pertahun kok!

Tinggal Order hosting & domain, Install WordPress & elementor lalu buat website jualan anda untuk menghasilkan bahkan di hari yang sama.

 

Kesimpulan

Menggunakan program, software, plugin & theme gratisan memang tampaknya bisa menghemat banyak uang anda.

Namun dibalik itu ada resiko & bahaya yang bisa merusak apa yang selama ini anda bangun & kumpulkan.

Ketika anda merasa berat membeli lisensi software resmi berbayar, Anda bisa menggunakan Software opesource alternatif yang biasanya gratis namun legal.

Atau ketika anda membutuhkan fitur sebuah plugin berbayar namun merasa berat membeli resmi ke developernya, anda juga bisa menggunakan plugin alternatif lain yang gratis namun memiliki fungsi yang mirip.

Gratisan memang hemat & menyenangkan, namun keamanan data anda lebih utama. 

 

Simak Juga Artikel Lainnya :