Waranugraha Yogya - High Wizard @ Gapurahoster - Menyukai hal baru seputar teknologi, digital marketing & bisnis.

7 cara mengamankan website dengan mudah

2 min read

7 cara mengamankan website dengan mudah

Keamanan merupakan salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika memiliki website. Jangan termakan mentah- mentah istilah “set & forget” yang sering anda dengar dari para mastah.  Website perlu anda perhatikan & rawat agar memberikan manfaat sesuai yang anda harapkan.


Nah sayangnya banyak pemilik website yang tidak tahu bagaimana cara merawat & memperlakukan websitenya, Akhirnya web sering bermasalah.

Agar anda tidak mengalami hal yang sama, Simak 7 cara mengamankan website dengan mudah berikut ini : 

 

1. Jangan Gunakan theme / plugin bajakan

Theme & plugin bajakan memang murah bahkan gratis, buat apa bayar mahal kalau ada yang gratis, ya kan?
Prinsip ekonomi memang perlu diperhatikan, namun jika berkaitan dengan keamanan web sebaiknya anda berpikir ulang lagi.Jangan sampai hanya karena ingin berhemat, website anda menjadi error, rusak bahkan hilang.  Kok bisa?

Hacker sangat suka menanam backdoor & malware pada Theme & Plugin premium kemudian menjualnya dengan harga murah, bahkan membagikannya secara Gratis. Nah para penggemar gratisan & orang yang berharap menghemat pengeluaran membeli plugin & theme resmi inilah targetnya.

Ketika anda mendownload & Menginstall plugin / theme bajakan maka sama saja anda sudah memperbolehkan hacker masuk ke akun hosting & website anda. Mereka akan merubah tampilan web anda, Memasang script iklan di web anda, memasang malware yang memberatkan server & web anda hingga ikut numpang meletakkan webnnya tanpa sepengetahuan anda.  Niat hemat malah jadi tambah masalah bukan?

Jadi, hindari  menggunakan theme / plugin bajakan, banyak kok alternatif di luar sana yang bisa anda dapatkan dengan harga lebih murah , gratis namun tetap legal & aman.

Dapatkan plugin, Theme & Tools Legal & resmi dari para developer di https://gapurahoster.co.id/shop/
Anda punya produk?  Gabung sebagai vendor penyedia!

2. Update WP, theme & Plugin anda secara berkala

Developer / programmer theme plugin dan WP seringkali melakukan update pada produknya secara berkala. Kenapa?
Tentu selain menambahkan fitur, kadangkala update dilakukan untuk menambal celah keamanan pada plugin / theme yang ada. 
Berarti selama ini theme & plugin yang anda gunakan tidak aman?
Teknologi & keamanan berjalan beriringan. Bisa jadi produk yang saat ini dianggap aman, esok hari akan muncul celah keamanan baru karena keilmuan dibidang keamanan & hacking pun selalu berkembang.
Nah, Update WP, theme & Plugin secara berkala dapat membantu anda mengantisipasi hal seperti ini.

Mengupdate keamanan rumah anda dengan kunci & gembok besi lebih baik bukan daripada hanya menganjal dengan kayu seperti jaman dulu?  🙂

 

3. Install SSL

Install SSL pada website yang anda miliki. Dengan menginstall SSL anda dapat mengenkripsi pertukaran data penting yang terjadi pada website anda.
Selain itu, Google juga menyukai website dengan keamanan yang baik & menginstal SSL. Anda memiliki peluang merangking lebih baik di search engine dengan menginstall SSL.
Caranya mudah kok, Simak panduan berikut ini untuk menginstall SSL GRATIS di Gapurahoster : https://gapurahoster.co.id/cara-menginstall-sertifikat-ssl-gratis-pada-wordpress/

 

4. Install Plugin Security

Plugin security akan membantu mengamankan website anda. Jangan khawatir harus menginstall banyak plugin untuk mengamankan website anda. Plugin keamanan seperti All in One Security memiliki banyak fitur keamanan yang terinstall dalam 1 plugin saja.
Cukup sekali install anda mendapatkan banyak fitur keamanan website.

 

5.Jangan gunakan Password pasaran & mudah ditebak

Coba ingat – ingat apa password anda saat ini?   Nama anda? Tanggal lahir anda? Nama pasangan? Nomor telepon? Atau cuma admin & angka berurutan seperti 12345678 ?

Nah mulai sekarang, hindari menggunakan susunan password seperti itu. Gunakan password yang unik , acak dan tidak tertebak.
Jika memungkinkan jangan gunakan password yang sama untuk semua akun login anda.
Manfaatkan huruf, angka, penggunaan kapital dan spesial karakter untuk membuat password yang kuat dan aman.

Susah dong hafalinnya?
Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Lasspass untuk membantu menyimpan password – password anda.

 

6. Lakukan backup secara berkala

Lho kenapa harus backup sendiri? Kan di server sudah ada?
Yup benar, umumnya layanan web hosting memberikan layanan backup untuk penggunannya.
Contohnya layanan backup otomatis mingguan dari Gapurahoster.
Di Gapurahoster file website & database anda akan dibackup secara berkala & otomatis setiap minggu menggunakan Cloud Server Backup dari Google.
Data backup web anda disimpan di server yang berbeda dengan server utama tempat website anda disimpan.  Artinya jika ada kendala pada server website utama, file website & database anda tetap aman & bisa didownload kapanpun!

 

Lalu kenapa anda perlu melakukan backup mandiri juga?

Idealnya anda perlu memiliki lebih dari 1 backup untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Gunakan plugin updraftplus yang disingkronisasikan dengan Google Drive untuk membantu anda membackup file website dengan lebih mudah. 

 

7. Gunakan layanan web hosting yang peduli pada anda

Gunakan layanan web hosting yang siap membantu jika ada permasalahan pada website anda, memberikan saran keamanan, dan tentunya benar – benar menjaga website yang anda titipkan. Tim Support Gapurahoster seringkali memberikan saran, info & edukasi terkait pengembangan website anda agar website yang anda miliki aman & benar – benar memberikan manfaat bagi anda.

7 tips diatas akan membantu & membuat website anda lebih aman. Tips mana saja yang sudah anda coba?

Waranugraha Yogya - High Wizard @ Gapurahoster - Menyukai hal baru seputar teknologi, digital marketing & bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − eleven =