Trik Promosi Jitu Bisnis Kuliner dengan Marketing Online

3 min read

Bisnis kuliner dipandang sebagai bisnis yang tak lekang waktu. Sampai kapan pun orang akan berburu kuliner. Terlebih, makan adalah kebutuhan primer manusia. Jadi, pelaku bisnis kuliner bisa terus menjalankan bisnisnya sambil mengembangkan.

Berbicara tentang bisnis di era digital seperti saat ini, tentu saja tidak lepas dari strategi marketing secara online. Sebagai pelaku bisnis kuliner, Anda harus mempromosikannya melalui dunia maya. Bahasa kerennya, marketing online.

Banyak pelaku bisnis kuliner yang belum mengerti promosi jitu marketing online, sehingga penjualannya belum maksimal. Apabila Anda adalah salah satunya, bisa menerapkan trik-trik promosi jitu dengan marketing online, di bawah ini:

Gunakan media sosial

Era digital seperti saat ini, media sosial bukan lagi sekadar tempat berkumpul untuk bersenang-senang dan berinteraksi dengan sesama pengguna. Media sosial bisa dimanfaatkan sebagai tempat promosi untuk bisnis kuliner. Bayangkan, di media sosial, banyak orang berkumpul untuk berbagai keperluan. Anda bisa “hadir” untuk menawarkan menu-menu yang ada pada bisnis kuliner Anda. Jadi, gunakanlah media sosial sebagai strategi untuk memasarkan produk Anda. Ada beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan, yaitu Instagram, Facebook, dan Twitter. Pelajari masing-masing kekuatan dan kelemahan media sosial tersebut, lalu pilihlah yang paling tepat bagi bisnis Anda. Hal yang paling penting adalah, apapun media sosial yang digunakan, lakukan riset klien, analisis kompetitor, buat konten yang menarik, dan buatlah tujuan yang ingin dicapai. Setelah beberapa waktu menggunakan media sosial, lakukan evaluasi.

Gunakan website

Website sangat penting untuk promosi bisnis kuliner. Website ibarat etalase yang memajang produk-produk Anda. Meskipun sudah menggunakan media sosial untuk berpromosi, website masih sangat diperlukan. Sebab, keduanya berbeda. Website seperti rumah dan media sosial adalah kendaraan yang membawa pelanggan menuju rumah. Isianya juga berbeda. Di website, Anda bisa memasang informasi tentang produk, yang lebih lengkap daripada di media sosial. Selain itu, adanya website juga meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis Anda. Kelebihan lainnya, jika Anda mengatur menu untuk bisa transaksi di website, berarti toko online Anda ini buka selama 24 jam. Itu berarti peluang Anda untuk berjualan, menjadi lebih besar.

Tampilkan testimoni

Pada saat menggunakan media sosial atau website, tampilkan testimoni dari para pelanggan yang sudah pernah membeli dan mencoba produk kuliner Anda. Testimoni atau review ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pada calon pembeli. Review berupa pujian akan membuat calon pelanggan tertarik membeli. Cantumkan juga jika ada kritik. Calon pelanggan akan melihat bahwa Anda cepat menanggapi apabila ada kritik. Hal ini menjadi poin plus bagi bisnis Anda.

menjual informasi
menjual informasi

Ulasan di blog

Blog sudah menjadi tren sejak bertahun-tahun lalu. Banyak merek yang menggunakan jasa para blogger untuk mengulas produk, baik merek yang sudah terkenal maupun bisnis yang baru mulai. Anda bisa menggunakan jasa blogger untuk mengulas produk bisnis kuliner, di blog mereka. Ulasan produk Anda di blog mereka akan membantu membuat peoduk Anda dikenal lebih luas. Semakin banyak blogger yang mengulas produk Anda, semakin mudah pula produk Anda ditemukan di mesin pencarian.

copywriting
copywriting

Buat iklannya di Google, Facebook Ads, atau Instagram Ads

Strategi selanjutnya dalam promosi bisnis kuliner adalah dengan membuat iklan. Saat ini iklan yang paling banyak menjangkau calon pelanggan adalah di Google, Facebook, atau Instagram. Pelajari cara membuat iklan di tempat-tempat tersebut. Sebelumnya, tentukan target pasar agar iklan Anda tepat sasaran. Membuat iklan di Google atau Facebook atau platform lain, ada biaya yang harus dikeluarkan. Karenanya, siapkan budget untuk beriklan. Jangan khawatir apabila harus mengeluarkan biaya, karena beriklan di portal-portal ini memiliki banyak kelebihan. Misalnya, mendapatkan pelanggan sesuai target bisnis, membantu meningkatkan trafik, dan tentu saja meningkatkan penjualan.

Daftarkan pada ojek online

Ojek online dapat dijadikan sebagai mitra bisnis apabila Anda menjalankan bisnis kuliner. Daftarkan produk Anda pada platform ojek online, untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Kebetulan, dua platform ojek online di Indonesia, yaitu Gojek dan Grab, memiliki fitur pemesanan makanan. Carilah cara mendaftarkan bisnis kuliner pada ojek online tersebut melalui internet. Lalu, pelajari dengan baik. Ini adalah cara melakukan marketing online yang terbilang sukses, karena pada saat ini masyarakat senang memesan makanan melalui ojek online.

Daftarkan pada aplikasi layanan pencari makanan atau tempat makan

Sudah sampai mana perjalanan bisnis kuliner Anda? Apakah berada di tahap mengenalkan produk ke masyarakat luas? Apakah sudah punya banyak pelanggan? Atau mungkin sudah memiliki nama besar yang dikenal banyak orang? Apapun levelnya, bisnis kuliner Anda akan lebih dekat dengan masyarakat, jika mudah dicari atau dijangkau. Salah satu cara agar lebih mudah dijangkau adalah dengan mendaftarkan bisnis Anda pada aplikasi layanan pencari makanan atau tempat makan. Misalnya, Zomato, Wakuliner, Mangan, Trip Advisor, dan lain-lain. Ketika Anda sudah mendaftarkan bisnis kuliner pada aplikasi tersebut, namanya akan muncul pada daftar pencarian. Dengan demikian, bisnis kuliner Anda akan lebih dikenal.

Buat program promosi

Anda tentu pernah berbelanja karena tergiur promosi. Ya, pada masa-masa tertentu seperti Lebaran, Natal, tahun baru, dan masa-masa lainnya, banyak pelaku bisnis yang membuat program untuk promosi. Anda juga bisa membuat promosi seperti ini pada bisnis kuliner yang sedang dijalankan. Buatlah promosi di momen-momen tertentu, untuk mengenalkan produk sekaligus merek bisnis Anda. Jangan lupa, sebarkan program promosi ini melalui media sosial yang Anda miliki. Minta juga teman-teman atau orang-orang terdekat untuk bantu menyebarkan informasi promosi ini di jaringan pertemanan masing-masing. Membuat program promosi akan membuat produk Anda dikenal, dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan.

Bekerja sama dengan influencer

Influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di masyarakat. Biasanya influencer adalah orang terkenal, orang yang memiliki banyak follower, atau orang-orang terpercaya lainnya. Bekerja samalah dengan para influencer. Caranya, kirimkan produk bisnis kuliner Anda pada influencer tersebut untuk dicoba. Mintalah influencer itu untuk mengunggah foto atau video ketika sedang mencoba produk Anda. Masyarakat akan lebih mudah percaya pada produk Anda dan mengonsumsinya karena melihat influencer yang sudah mengonsumsinya lebih dahulu. Kelebihan lainnya, para influencer biasanya pandai menampilkan produk menjadi tampak lebih menarik. Mulai sekarang, cobalah melihat-lihat influencer yang cocok dengan bisnis kuliner Anda. Lalu, tawarkan kerja sama.

menjadi vlogger
menjadi vlogger

Membuat event

Bisnis kuliner akan lebih cepat dikenal masyarakat karena sering membuat event. Ada banyak pilihan event, dari mulai yang sederhana dan praktis, hingga yang besar. Anda bisa memulai event yang berhubungan dengan produk. Misalnya, membuat giveaway atau review produk atau apapun, yang tidak terlalu memerlukan biaya besar. Bisa juga langsung membuat event besar, seperti mengadakan lomba foto produk dari bisnis kuliner Anda, dengan hadiah yang menarik.

 

Banyak cara dalam memasarkan bisnis kuliner dengan cara marketing online. Bisnis kuliner pun akan tetap diminati masyarakat. Karena itu, tetaplah memantau bisnis dan menjalankannya dengan serius. Bukan tidak mungkin bisnis Anda akan bisa bertahan selama puluhan tahun asal dikelola dengan baik. Jadi, segeralah menerapkan marketing online yang sudah dijelaskan di atas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *