Tips Marketing Online untuk Bisnis Fashion

3 min read

Anda menggeluti bisnis di bidang fashion? Kalau ya, jangan lupa melakukan marketing online untuk bisnis fashion, untuk meningkatkan penjualan. Pada era serbadigital seperti saat ini, melakukan pemasaran di dunia maya sudah menjadi suatu keharusan. Sebab, sudah banyak orang yang beralih ke belanja online, dengan alasan kepraktisan.

Bisnis di bidang fashion memang sangat menguntungkan. Sebab, fashion atau sandang adalah kebutuhan primer manusia. Lebih dari itu, faktanya adalah semua orang tidak cukup memiliki satu atau dua pakaian. Terlebih, kaum perempuan. Perempuan membutuhkan pakaian yang berbeda-beda. Berkegiatan sehari-hari, ke kantor, mengantar anak sekolah, pesta, bahkan tidur, bisa dipastikan tidak akan memakai baju yang sama. Belum lagi perlengkapan fashion lainnya seperti kerudung, celana panjang, dan alas kaki.

Besarnya kebutuhan akan barang fashion adalah kesempatan Anda untuk meningkatkan penjualan. Jadi, lakukanlah marketing online dengan cara-cara berikut:

Manfaatkan Media Sosial

Saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial. Tujuannya bermacam-macam. Ada yang membuat akun media sosial hanya untuk melihat hal yang terjadi di dunia maya, ada yang ingin sekadar menyimpan foto, ada yang memang pekerjaannya mengharuskan menggunakan media sosial, bahkan ada yang bertujuan agar mudah berbelanja online. Melihat fenomena ini, sudah bisa dipastikan bahwa sebagian besar calon pelanggan Anda memiliki media sosial. Untuk itulah Anda harus melakukan marketing online untuk bisnis fashion yang sedang dijalankan.

Ada beberapa media sosial yang saat ini sedang tren, yaitu Facebook, Instagram, dan Twitter. Masing-masing platform media sosial memiliki karakter yang berbeda-beda. Kenali media sosial yang paling cocok dengan produk yang Anda jual. Jika produk Anda ditujukan untuk anak muda, lakukanlah marketing online melalui Instagram. Apabila target pelanggan Anda adalah ibu-ibu atau keluarga dengan usia yang lebih tua, lakukan marketing online di Facebook. Twitter, untuk melengkapi dan membuat produk Anda dikenal lebih luas.

Selain membuat riset mengenai calon pelanggan, buat juga analisis kompetitor yang ada di media sosial tersebut. Pelajari cara mereka memproduksi, menjual, bahkan strategi yang digunakan untuk memasarkan. Anda bisa melakukan amati, tiru, dan modifikasi (ATM) dari hasil analisis tersebut.

Kekuatan dari memasarkan produk fashion melalui media sosial adalah pada tampilan visual. Gunakan foto yang bagus, sehingga produk Anda tampak menarik sesuai aslinya. Banyak macam gaya foto yang diterapkan oleh pemilik usaha. Tentukan gaya yang paling cocok untuk produk Anda dan sesuaikan dengan image yang akan disampaikan ke masyarakat.

Meskipun semua orang tampak aktif di media sosial, bukan berarti mereka aktif tanpa kenal waktu. Jika Anda jeli, ada waktu-waktu tertentu mereka aktif, ada juga waktu di mana mereka tidak menggunakan media sosial sama sekali. Dengan kata lain, mereka online di jam-jam tertentu. Waktu online ini juga berbeda-beda antara orang yang satu dengan lainnya. Gunakan Instagram bisnis untuk mengetahui waktu-waktu online para calon pelanggan dari segmen yang Anda targetkan.

Kirim Email Marketing

Mengirimkan email marketing maksudnya adalah mengirim email sekaligus ke banyak orang. Isi email bisa berupa pengenalan produk atau informasi terbaru tentang produk yang Anda tawarkan. Tujuan dari marketing online menggunakan email adalah untuk menjalin komunikasi baik dengan calon pelanggan maupun dengan pelanggan setia.

Saat ingin melakukan email marketing, tentukan dahulu segmentasi pelanggan. Kirimkan email hanya ke pelanggan tetap dan atau ke calon pelanggan yang kira-kira membutuhkan produk Anda. Mengirim email ke orang-orang dengan segmen yang tepat akan meningkatkan peluang mendapatkan pelanggan.

Jangan lupa, buatlah daftar email orang-orang yang akan Anda kirimi email marketing. Jadi, setiap kali akan mengirim email, Anda tinggal meng-copy daftar email tersebut dan tidak perlu menuliskan alamat emailnya satu per satu.

Pastikan Anda mengirimkan email berupa info menarik. Bisa berupa info produk yang menambah keuntungan atau manfaat bagi pelanggan, bisa juga berupa tips menggunakan produk atau tips-tips lain yang ada hubungannya dengan produk dan keperluan pelanggan.

Dalam melakukan marketing online melalui email, Anda bisa memanfaatkan tools email gratisan seperti gmail. Jika tidak ingin yang gratis, bisa juga mencari tools berbayar. Jika Anda masih dalam masa merintis usaha, disarankan menggunakan tools gratis untuk menghemat biaya. Namun, jika ingin memberi kesan profesional, silakan menggunakan tools berbayar asalkan sudah memperhitungkan budget.

Marketing Online Melalui Marketplace

Ada banyak keuntungan ketika Anda melakukan marketing online menggunakan marketplace. Di marketplace, pelanggan dapat menemukan produk dan toko online Anda dengan mudah, tanpa biaya. Jangkauan untuk mendapatkan pelanggan pun semakin banyak. Selain itu, berjualan di marketplace juga membuat tingkat kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda, semakin tinggi. Sebab, marketplace sudah menerapkan sistem keamanan dan kenyamanan baik untuk pelanggan maupun penjual. Jadi, bukalah toko online di marketplace. Pelajari sisi positif dan negatifnya lalu pilih marketplace yang paling cocok. Anda membuka toko online di semua marketplace pun tidak menjadi masalah.

Buat Website

Cara lain untuk melakukan marketing online bisnis fashion Anda adalah dengan membuat website. Hal ini juga sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada toko dan produk Anda. Dengan adanya website, Anda menjadi lebih mudah memasang display produk dan memasarkannya. Tidak perlu bingung membuat website. Serahkan saja pada ahlinya, seperti Gapurahoster. Konsultasikan website yang Anda inginkan. Website ini bisa hanya sebagai toko yang memajang produk, bisa juga sekaligus sebagai tempat bertransaksi. Anda tinggal memesan sesuatu kebutuhan dan keinginan. Bisa pula disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Bekerja Sama dengan Influencer

Banyak produk yang menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas karena pemilik usahanya bekerja sama dengan influencer. Mencari influencer pun sangat mudah. Biasanya mereka memasarkan produk di media sosial. Cari saja influencer di Instagram lalu hubungi mereka untuk mengadakan kerja sama. Jika kesulitan dalam mencari influencer, Anda bisa menggunakan jasa agensi untuk menjembatani kerja sama antara Anda dan influencer.

Bangun Jaringan Reseller

Salah satu cara sukses berbisnis, terutama menggunakan marketing online, adalah dengan membangun jaringan reseller. Betapa banyak orang di luar sana yang bisa diajak bekerja sama menjual produk Anda. Jalinlah pertemanan untuk membangun reseller. Manfaatkan media sosial dan aplikasi chating untuk mengenal banyak orang dan bina mereka untuk menjadi reseller.

Buat Giveaway

Giveaway atau kuis dengan memberikan hadiah berupa produk yang Anda jual bisa membuat produk Anda dikenal lebih luas. Buatlah kuis di media sosial, berikan hadiah berupa produk Anda. Selain mengenalkan produk, giveaway bisa membuka peluang lebih besar untuk menjaring pelanggan.

Iklankan

Media sosial seperti Facebook, Instagram, serta platform Google bisa dimanfaatkan untuk mengiklankan produk. Dengan mengiklankan produk di sini, jangkauan produk dari bisnis fashion Anda pun menjadi lebih luas dan lebih sesuai dengan target. Masing-masing media sosial dan platform memiliki cara yang berbeda dalam mengiklankan. Efeknya pun berbeda. Oleh karena itu, pelajari masing-masing platform. Jika cocok, bisa gunakan semuanya. Mengiklankan produk menggunakan Facebook ads, Instagram ads, dan Google ads tentu saja berbayar. Jadi, hitung dahulu budget Anda sebelum mulai beriklan.

Marketing online untuk bisnis fashion bisa membuat produk-produk Anda bsa terjual lebih cepat dan lebih banyak. Terlebih, barang fashion tidak mengenal basi, sehingga Anda bisa menjualnya hingga ke tempat yang jauh, baik dalam maupun luar negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *