Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Rekomendasi Theme WordPress Terbaik, Cepat dan SEO untuk Website

4 min read

Rekomendasi Theme WordPress Terbaik, Cepat & SEO Friendly (1)

Bagi pemula tentunya memiliki tema website adalah hal yang cukup membingungkan. Tema apa yang harus dipilih, bagaimana tampilannya, kecepatannya dan memenuhi standar SEO atau tidak. Kabar baiknya, anda dapat menggunakan berbagai pilihan theme WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan secara gratis dan berbayar.

Selain konten, tampilan website ikut menentukan reputasi dari website Anda. Apabila tampilannya menarik, memudahkan pengguna dan memberikan kecepatan, maka website Anda pasti disukai oleh pengunjung. Tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih tema wordpress. Kali ini Gapurahoster akan memberikan anda panduan cara memilih theme / tema WordPress yang tepat untuk website anda.

 

Bagaimana cara memilih tema (theme) wordpress yang tepat?

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan menginstall tema wordpress pada website Anda.

 

1.Sesuaikan dengan kebutuhan

Apabila Anda membutuhkan website yang tujuannya untuk menampilkan konten artikel, dan lebih banyak tulisan, maka Anda dapat menggunakan tema berjenis news atau blog. Berbeda ketika kebutuhan website Anda adalah untuk e-commerce tentunya tema yang dipilih berbeda dan lebih banyak menampilkan fitur-fitur marketplace seperti chart, decription product, dan lain sebagainya.

Dalam memilih tema wordpress harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai salah dan justru terbolak-balik dalam memilih tema.

 

2.Layout yang tepat

Ada banyak layout yang disediakan oleh tema WordPress. Setiap theme memiliki keunikan dan tata letak tersendiri. Ada yang berbentuk seperti majalah (magazine), ada juga yang hanya berupa list-post. Semua itu juga tergantung dari kebutuhan dan minat Anda. Jika website Anda memiliki berbagai topik yang berbeda, Anda dapat memiliki theme berjenis magazine. Tapi Anda juga dapat memilih layout berjenis list-post jika menginginkan tampilan yang sederhana.

 

3.Kecepatan theme

Setiap theme memiliki kecepatan load yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan perbedaan script, jumlah kode dan fungsi pemanggilan kode yang sedikit atau banyak. Biasanya pada tema dengan fitur (widget) banyak load nya juga akan lama, sedangkan yang simple akan lebih cepat.

 

4.Gratis atau berbayar?

WordPress sudah menyediakan ribuan tema versi gratis, namun dengan fitur yang terbatas.  Untuk mendapatkan full fitur dan dukungan dari pembuatnya Anda dapat membeli agar mendapat versi pro. Kelebihan versi pro dan gratis tentu pada fiturnya, struktur kode dan fitur dasar masih tetap sama saja. Namun yang perlu anda tahu, theme berbayar tidak selalu merupakan Theme WordPress terbaik untuk website anda.

 

5.Theme cepat belum tentu SEO friendly

Ada beberapa tema wordpress yang memang cepat tetapi tidak SEO friendly. Standard SEO memang bisa berubah-ubah, namun untuk theme website standar SEO nya terletak pada struktur kode yang efisien. Artinya tidak ada script yang sia-sia dan membuat load website lama. Selain itu theme website harus responsif pada semua perangkat baik komputer, smartphone dan tablet.

 

Daftar theme wordpress terbaik

Berikut ini kami sajikan beberapa theme wordpress yang populer tetapi juga memiliki standar SEO yang bagus.

 

1.Landing Press

LandingPress adalah salah satu theme WordPress buatan developer Indonesia yang memiliki keunggulan aneka desain landing page siap pakai , dimana anda tinggal mengganti gambar & tulisan atau menambahkan elemen – element baru pada website melalui fitur Widget.

tampilan website landingpress

Theme ini cocok bagi anda yang ingin membuat landing page untuk berjualan produk fisik / Digital.  LandingPress sendiri dibangun dari plugin Elementor Web Builder yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan tambahan theme landing page tambahan serta beberapa Widget tambahan yang tidak anda temukan di plugin elementor versi asli.  Anda dapat melihat detail informasi tentang landingpress disini.

 

2. GeneratePress

Jika Anda memiliki blog yang fokus pada konten dan bukan pada gambar, pilihan theme terbaik ini ada pada GeneratePress. Tema ini dapat digunakan secara gratis dan sudah didownload oleh jutaan pengguna aktif.

Tampilan website Generatepress

Tema ini memiliki tampilan yang bersih, rapi dan sederhana. Setting layoutnya seperti header, body, sidebar dan footer pun sangat mudah. Jika Anda menginginkan full fitur seperti landing page, dukungan pembuat, Anda dapat membeli nya.

GeneratePress memiliki kecepatan loading yang sangat cepat hingga lebih dari 90% dari Gtmetrix dan mendapat nilai A. Sedangkan pada full page speednya tergantung dari konten Anda, seberapa banyak ‘objek’ didalam halaman Anda. Jika terlalu banyak gambar tentu waktu loadnya bisa saja lebih lama.

 

3.WP Astra

Tema wordpress yang satu ini telah digunakan oleh hampir satu juta pengguna aktif. Pada versi gratis nya pun sudah banyak yang menggunakan tema WP Astra. Tema ini dikembangkan oleh Brainstorm Force yang telah berdiri lebih dari 10 tahun. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan atau membeli tema ini.

Tampilan website WP AStra

Tema WP Astra memiliki dukungan yang sangat baik karena memiliki puluhan karyawan berkompeten. Tema ini terus dikembangkan sehingga support plugin terbaru. Untuk masalah kecepatan, WP Astra memiliki nilai yang sama seperti GeneratePress. Bahkan dalam sebuah pengujian, WP Astra berada diurutan pertama mengalahkan tema yang lainnya.

Standard pengkodean WP Astra juga mengikuti standar terbaik sehingga memungkinkan pengguna untuk membangun website lebih cepat dan dapat bekerja lebih maksimal. Setting layout nya pun juga sangat mudah dan sederhana.

 

4. ColorMag

Bagi Anda yang memiliki website seperti portal berita dan memiliki berbagai macam topik, ColorMag bisa menjadi pilihan terbaik. Saking populernya tema ini bahkan telah ditiru sejumlah pembuat tema di platfrom blogger.

Tampilan Website Colormagz

Hal yang diandalkan dari tema ColorMag adalah bagian homepage nya. Tampilannya didesain sangat cantik yang full content dan gambar. Untuk soal kecepatan memang tergolong standar, tapi masih cukup baik pada penilaian Gtmetrix.

Untuk setting layout, Colormag memang sedikit lebih rumit dibanding dua tema wordpress diatas. Hal ini dikarenakan adanya fitur artikel unggulan yang akan tampil pada homepage bagian atas. ColorMag tersedia versi gratis dan versi pro. Pada versi pro Anda dapat mengatur semua tampilan, warna, font dan layout. Tapi, versi gratis sudah lebih dari cukup untuk memulai website Anda.

 

5. Hestia

Jika Anda mengunjungi wordpress.org dan membuka direktori theme, pada kategori populer Hestia berada dibagian atas. Tema yang didesain modern ini menggunakan material Google. Artinya, tampilannya full color tetapi masih elegan.

Tampilan website Hestia

Tema Hestia cocok untuk landing page, startup website, profil pribadi atau proyek serupa lainnya. Tema ini juga telah didukung plugin multilingual (WPML) yang dapat memberikan berbagai opsi bahasa.

 

6. Total

Tema wordpress selanjutnya ini menawarkan desain yang bersih, rapi, kalem dan tidak banyak dekorasi. Tema ini sangat direkomendasikan pada website pendidikan maupun blog pribadi sehingga memberikan kesan menyenangkan bagi pengunjung.

tampilan website Total

Meskipun sederhana, tema Total menyediakan beberapa fitur yang mungkin Anda butuhkan, seperti fungsi parallax, about us, portofolio bawaan dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan setiap fungsi, Anda dapat menggunakan wordpress cutomizer untuk melakukan pengaturan.

 

7. OceanWP

Tema dengan banyak fitur memang sangat menarik untuk dicoba. Tetapi, fitur yang banyak akan sia-sia apabila tidak Anda gunakan untuk pengembangan website. Oleh karena itu, tema yang sederhana dan tidak banyak aksesoris seperti OceanWP menjadi pilihan terbaik.

Tampilan website OceanWP

Tema OceanWP ini didesain dengan sangat rapi dan modern. Untuk website berjenis portofolio dan bisnis kecil sangat cocok jika menggunakan tema ini. Hal ini karena tema OceanWP terdapat fitur navigasi sekunder yang dapat digunakan untuk menaruh informasi kontak penting dan alamat kantor.

 

8. Hitmag

Hitmag menjadi salah satu tema wordpress terbaik untuk blog yang memiliki topik beragam. Tampilannya sedikit berbeda dengan colorMag tetapi fiturnya masih sama. Tema ini tersedia gratis dan memiliki fitur seperti highlight artikel dan lain sebagainya. Berbeda dengan colormag, Hitmag lebih fokus pada fungsi dibanding tampilannya.

Tampilan Website Hitmag

 

Kesimpulan

Ada banyak rekomendasi theme WordPress yang dapat anda gunakan, Anda dapat memilih theme yang ingin digunakan dengan mempertimbangkan sesuai kebutuhan web seperti apa yang ingin dibangun serta harga theme tersebut. Hindari menggunakan theme nulled yang akan menganggu hosting & merusak website anda sendiri karena berpotensi disusupi malware / hacker.

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *