Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Persiapan efektif membuat website

2 min read

persiapan efektif membuat website

Membuat website memerlukan persiapan yang perlu dipikirkan secara matang, agar hasil akhir website yang anda inginkan sesuai ekspektasi & tujuan anda membuat website pun tercapai.

Hal ini sering diabaikan oleh orang – orang yang ingin membuat website & menyerahkan seluruhnya kepada web developer, sehingga ketika website selesai dibuat, banyak pemilik website kecewa dengan hasilnya karena tidak sesuai harapan / bayangan awal yang akibatnya memunculkan revisi, baik dari sisi desain maupun konten.

Selain membuat waktu produksi / development molor, biaya pembuatan website yang membengkak ( jika developer dibayar per jam ataupun ada biaya revisi ), website andapun tak kunjung jadi yang menyebabkan kegiatan promosi melalui website terpending & molor.

Untuk menghindari permasalahan diatas, maka anda perlu mempersiapakan beberapa hal penting berikut ini ketika ingin membuat sebuah website. silahkan disimak :

 

1.  Jenis Website

Jenis website seperti apa yang ingin anda buat? Apakah company profile / profile bisnis? toko online? atau yang lainnya?

Tentukan di awal jenis website yang ingin anda buat untuk membantu web developer memahami web seperti apa yang ingin dibuat.

Jika anda yang membuat web itu sendiri, penentuan jenis web ini akan mempermudah menentukan langkah – langkah pembuatan yang harus diambil.

 

2. Buat Nama bisnis

Semua pemilik bisnis tentu ingin bisnisnya dikenal orang banyak, nah pemilihan nama domain untuk bisnis perlu anda perhatikan juga.

pembuatan domain nama bisnis

Nama domain bisnis adalah alamat yang diketikkan orang ketika ingin mengunjungi website anda, misalnya gapurahoster.co.id, , google.com, tokopedia.com dll

Selain sebagai alamat akses untuk memudahkan calon pelanggan mengunjungi website anda, nama domain bisnis juga berfungsi sebagai brand anda di dunia online.

Anda lebih disarankan untuk membuat nama domain bisnis dengan 1 hingga 3 kata yang mudah diingat & brandable daripada membuat nama domain dengan kata kunci yang panjang, seperti :  jasapembuatanwebsitemurah.com, kursuskomputerterbaik.com dll.  Walaupun nama domain tersebut mengandung kata kunci, namun kurang enak diingat dan kurang bagus untuk branding.

 

3. Tentukan Desain

Percaya atau tidak, sebagian besar orang yang membuat website paling fokus pada tampilan desain yang ingin dibuat. Nah anda perlu tahu & menentukan sendiri gambaran tampilan yang ingin dibuat.

tentukan desain website

Jika Bingung , anda dapat mencari referensi dari website sejenis di Internet sebagai bahan acuan & perbandingan.

 

4. Tentukan Menu

Menu disini lebih ke apa saja info yang ingin anda sampaikan di website nantinya.  Misalnya,  Secara umum menu yang ada pada website profile adalah menu Home ( Halaman utama ), Profil, Produk / Jasa yang ditawarkan dan kontak.

menentukan menu pada website

Menu home umumnya berisi tentang info produk / jasa anda secara sekilas,  apa benefit / manfaat yang anda tawarkan, apa masalah yang bisa diatasi dengan produk / jasa anda, Testimonial pelanggan,  dan tentu saja salah satu hal yang penting adalah bagaimana calon pelanggan bisa dengan mudah menghubungi anda!

Menu Profil dapat berisi informasi tentang perusahaan anda, kapan berdiri, apakah sudah berbadan usaha & informasi seputar bisnis anda lainnya. Informasi ini penting agar calon pelanggan lebih tahu tentang bisnis anda, bagaimana latar belakangnya dan juga akan mempengaruhi kepercayaan pelanggan pada bisnis anda.

Menu Produk / jasa , Jika website anda adalah website bisnis, halaman ini wajib anda perhatikan penyusunan & penyampaian informasinya.

Anda bisa menyampaikan segala hal yang perlu diketahui pelanggan anda melalui menu ini, baik dari jenis produk / jasa yang ditawarkan, harga layanan dan bagaimana cara membeli produk / jasa anda jika diperlukan.

Pada menu kontak, anda bisa menginformasikan bagaimana calon pelanggan bisa menghubungi anda beserta informasinya. Misalkan Alamat perusahaan, kontak telepon, Whatsapp, Email, Social media dll.

Anda juga bisa membuat form kontak yang terhubung ke email anda pada halaman ini untuk memudahkan calon pelanggan menghubungi anda.

Terapkan beberapa langkah persiapan membuat website diatas untuk memudahkan dan mengoptimalkan proses pembuatan website anda.

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Cara mengamankan website WordPress dari Serangan hacker

Perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat positif bagi para pelaku usaha. Khususnya di era serba online ini, seseorang bisa berbelanja hanya melalui gadget atau...
Waranugraha Yogya
3 min read

Cara Optimasi Kecepatan Website

Kecepatan loading merupakan hal paling utama dari sebuah situs website. Mungkin dulu sebuah website dipercantik dengan desain yang menarik sehingga membuat pengunjung betah berada...
Waranugraha Yogya
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *