Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Panduan Mengoptimalkan Bisnis Online Anda dengan Selly

4 min read

Panduan Mengoptimalkan Bisnis Online Anda dengan Selly

Panduan Mengoptimalkan Bisnis Online Anda dengan Selly – Ketika anda memiliki toko online,kadangkala Anda akan dihadapkan dengan berbagai permasalah klasik seperti harus menjawab pertanyaan yang sama berulang kali, membuat tagihan, mengecek ongkos kirim, dan lain – lain. Jika tidak ada solusi yang praktis untuk mengatasi masalah ini, maka bisa menjadi masalah besar yang dapat membuat performa toko Anda menurun bahkan membuat pembeli kabur.

Misalnya saja,ketika ada pertanyaan dari beberapa pelanggan yang membutuhkan jawaban yang sama berulang kali , seperti harga produk, ukuran produk, ketersediaan produk & sebagainya.  Selain melelahkan & memakan waktu dalam penjawaban, Anda bisa jadi bosan dan membuat mood menjadi buruk.

Dampaknya kadang Anda menjadi tidak maksimal menjawab, bahkan cara menjawab anda jadi terkesan jutek dan membuat kesan negatif hingga membuat pembeli kabur tidak jadi membeli.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan Aplikasi bernama “Selly”. Aplikasi ini membantu Anda lebih mudah menghadapi masalah – masalah tersebut dengan lebih ringan dan cepat. Dengan begitu, Anda juga bisa melayani konsumen dengan lebih cepat dan efisien.

Ingin tahu lebih detail?

Simak panduan lengkap tentang Selly dari Gapurahoster berikut ini!

 

Apa itu Selly?

Panduan Mengoptimalkan Bisnis Online
Logo Selly

Selly merupakan aplikasi tambahan berupa keyboard Android yang memiliki fitur – fitur tambahan yang cukup membantu untuk para pebisnis online. Khususnya pemilik / pengelola toko online. Dengan menggunakan Selly, maka masalah – masalah klasik yang hampir dialami oleh para penjual dan toko online bisa diatasi dengan mudah.

Salah satu fitur utama Selly adalah “Autotext” yang dapat membantu Anda menjawab pertanyaan konsumen dengan lebih cepat & mudah dengan menyimpan text yang bisa anda gunakan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan hanya dalam sekali klik.

chat Di samping itu, Selly juga membantu Anda membuat dan mengirimkan tagihan kepada konsumen langsung melalui Smartphone yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Selain itu Selly juga membantu Anda mengetahui ongkos kirim tanpa perlu berpindah aplikasi. Belum lagi kemudahan untuk mengetahui laporan penjualan hanya dalam satu kali klik dan berbagai fitur lainnya yang dapat mendukung kemajuan penjualan dan toko online Anda.

Saat ini,  Selly sudah dapat digunakan di berbagai smartphone dan tablet Android. Anda bisa dengan mudah mengunduh aplikasi ini melalui PlayStore maupun Apple App Store.

Ada 2 hal yang perlu anda ketahui & kuasai yaitu pengunaan fitur pada keyboard dan cara setting aplikasi keseluruhan melalui dashboard Selly.

Canggihnya lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi ini lintas platform. Baik di aplikasi WhatsApp, Line@, hingga di Instagram.

 

Fitur Utama Aplikasi Selly

Agar bisa menggunakan Selly secara maksimal, anda perlu mengenal & memahami terlebih dahulu fitur dalam aplikasi Selly, Simak penjelasan beberapa fitur Selly berikut ini :

 

#1 Cek Ongkir dan Tagihan Transaksi dengan Cepat

Mengecek ongkos kirim bisa jadi hal yang merepotkan karena Anda harus berpindah dari aplikasi pesan ke aplikasi lainnya. Dengan menggunakan aplikasi Selly, Anda bisa mendapatkan nominal ongkos kirim tanpa harus berpindah aplikasi. Apalagi, aplikasi ini juga membantu Anda menambahkan biaya ongkos kirim tersebut langsung ke tagihan transaksi konsumen. Cara ini tentu saja membuat proses penghitungan jadi lebih mudah dan pelayanan Anda juga jadi lebih cepat.

 

#2 Autotext yang Bisa Anda Sesuaikan dengan Kebutuhan

Salah satu kegiatan yang cukup membosankan saat menjalankan toko online adalah ketika Anda harus menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Biasanya, hal yang ditanyakan ini adalah hal – hal umum yang sifatnya mendasar. Daripada membalas berulang kali dengan jawaban yang sama, Anda bisa membuat pesan Autotext yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sehingga, Anda bisa memberikan respon yang lebih cepat dan mendetail.

 

#3 Mengingatkan Pelanggan Dalam Satu Kali Klik

Dalam menjalankan sebuah toko online, tentu saja Anda akan menemukan beberapa pelanggan yang hit and run. Tapi ada kalanya, pelanggan seperti ini hanya lupa membayar dan bukan benar – benar hit and run. Untuk itu, Anda bisa memberikan pengingat kepada pelanggan ini secara mudah menggunakan aplikasi Selly. Caranya dengan menekan tombol remind pada aplikasi dan secara otomatis pesan pengingat akan dikirimkan kepada pelanggan.

 

#4 Mengelola Transaksi dengan Lebih Mudah

Semakin banyak pesanan baru dan transaksi yang datang sering kali membuat Anda cukup kerepotan untuk mengelola transaksi dari masing – masing pelanggan. Namun, dengan menggunakan dashboard Selly, pengelolaan transaksi ini bisa dilakukan dengan lebih mudah.

 

#5 Laporan Penjualan dalam Satu Kali Klik

Hal lain yang cukup memakan waktu adalah membuat laporan penjualan bulanan. Anda bisa saja menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal ini. Bayangkan berapa banyak transaksi yang bisa Anda dapatkan selama Anda melakukan rekap penjualan. Karena itu, sayangi waktu Anda yang berharga dan biarkan pekerjaan tersebut dilakukan oleh Aplikasi Selly.

Selly dapat membantu Anda membuat laporan penjualan hanya dalam beberapa detik saja. Atur periode laporan penjualan yang Anda inginkan, lalu klik Kirim Laporan ke Email dan dalam beberapa detik Anda bisa mendapatkan rekap laporan tersebut pada inbox email Anda.

 

Cara Instal Aplikasi Selly

Anda bisa mengunduh aplikasi Selly ini melalui Google PlayStore maupun Apple App Store. Selanjutnya, Anda perlu melakukan langkah – langkah berikut ini:

 

#1 Jalankan Aplikasi Selly dan Lakukan Pendaftaran atau Login

Begitu Anda menjalankan aplikasi Selly, maka Anda akan melihat halaman pengantar yang menjelaskan secara singkat mengenai aplikasi Selly dan keunggulannya. Kemudian, Anda akan masuk ke halaman pendaftaran atau login.

Jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi Selly sebelumnya, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Masukkan email Anda ke kolom email, selanjutnya sistem akan mencari tahu apakah Anda sudah pernah memiliki akun Selly atau belum. Jika belum, Anda tinggal mengikuti langkah – langkah selanjutnya yang muncul di aplikasi. Sedangkan jika Anda sudah memiliki akun, Anda tinggal memasukkan sandi di halaman yang muncul berikutnya.

 

#2 Aktifkan Keyboard Selly

Selanjutnya, buka dashboard aplikasi Selly dan buka bagian pengaturan. Di sini, Anda akan menemukan menu Keyboard, lalu pilih “Aktivasi Keyboard Selly”. Selanjutnya, klik “Aktifkan Sekarang” dan aktifkan menu keyboard Selly dengan mengubahnya menjadi berwarna biru. Klik oke untuk pemberitahuan yang muncul dan keyboard Selly Anda siap digunakan.

 

Fungsi Menu pada Aplikasi Selly

Mengelola bisnis dan toko online akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki asisten atau aplikasi yang tepat seperti Selly. Dengan berbagai menu yang ada pada Selly, menjalankan bisnis online jadi terasa jauh lebih mudah. Berikut ini adalah menu – menu yang ada pada aplikasi Selly:

 

#1 Menu Transaksi

Menu transaksi ini berisi status, laporan, dan arsip setiap transaksi yang Anda lakukan menggunakan aplikasi Selly. Pada menu Status, Anda bisa memantau seluruh transaksi yang Anda lakukan. Mulai dari transaksi yang masih pending, transaksi yang sudah dibayarkan dan juga transaksi yang sedang dalam proses pengiriman.

Dan dalam menu Laporan, Anda bisa memeriksa laporan penjualan Anda dalam tentang waktu sesuai yang Anda tentukan. Dan menu Arsip mencatat seluruh transaksi Anda yang sudah selesai ataupun yang dibatalkan.

 

#2 Menu Statistik

Menu statistik ini memberikan Anda informasi mengenai statistik penjualan Anda. Mulai dari statistik transaksi, produk, pelanggan, admin, hingga statistik ongkos Kirim yang Anda gunakan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda mengetahui bagaimana bisnis Anda berjalan.

 

#3 Menu Pengiriman

Menu pengiriman memungkinkan Anda mengetahui ongkos Kirim dari lokasi pengiriman menuju lokasi yang diberikan oleh konsumen Anda. Selain dari menu pengiriman ini, Anda juga bisa mengetahui informasi ongkos kirim langsung dari keyboard Selly.

 

#4 Menu Daftar Produk

Untuk semakin memudahkan Anda dalam membuat invoice atau tagihan, Anda bisa masuk ke menu Daftar Produk dan menginput detail produk yang Anda miliki di bagian ini. Yaitu Nama Produk dan Harga Produk yang Anda miliki. Menu ini membantu Anda membuat invoice dengan lebih mudah dan cepat.

 

#5 Menu GO-PAY / Midtrans

Aplikasi Selly juga membantu Anda agar bisa menerima pembayaran melalui GO-PAY. Yaitu dengan membantu Anda melakukan pengaktifan Midtrans via aplikasi Selly. Anda cukup memilih menu Terima Pembayaran GO-PAY, lalu pilih Selanjutnya, dan Aktifkan Midtrans. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti langkah – langkah yang muncul hingga Midtrans Anda aktif dan toko Anda siap menerima pembayaran melalui GO-PAY dari pelanggan Anda.

 

#6 Pengaturan

Menu Pengaturan ini terkait dengan fitur keyboard Selly yang membantu memudahkan komunikasi Anda dengan pelanggan. Melalui menu pengaturan, Anda bisa mengatur berbagai hal, mulai dari akun, metode pembayaran, template pesan, pengiriman, dan berbagai pengaturan lainnya. Termasuk juga jika Anda ingin menambahkan admin untuk toko online Anda.

Nah, itulah berbagai informasi mengenai aplikasi Selly yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi Selly, pengoperasian toko online Anda akan jadi jauh lebih mudah dan simpel. Dengan begitu, Anda bisa melayani lebih banyak pelanggan dan meningkatkan transaksi toko online Anda hingga berkali – kali lipat dibandingkan biasanya. Selamat mencoba.

 

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

3 Replies to “Panduan Mengoptimalkan Bisnis Online Anda dengan Selly”

  1. Kepengen banget pembayaran pakai gopay midtrans. Tapi harus pakai NPWP . Masalahnyaaa saya tidak punya NPWP gimana tuh solusi nya??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *