Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Panduan Cara Menggunakan Google Search Console

3 min read

Panduan Cara Menggunakan Google Search Console

Sebagai webmaster atau pemilik web atau blog, pasti menginginkan situsnya benar-benar telah terindeks oleh mesin pencari. Bagaimana cara melihat bahwa situs kita telah benar-benar di indeks oleh Google? Tentu tidak ada cara lain selain melalui Google search console.

Melalui google search console, Anda dapat melihat statistik pencarian dan kunjungan ke situs Anda. Namun, untuk melihat apakah situs telah di telusuri oleh robot.txt Anda perlu menunggu setidaknya satu minggu. Kenapa lama? Ya karena situs yang ditelusuri dan diindeks oleh Google tidak hanya ratusan, mungkin jutaan setiap harinya.

 

Apa itu Google Search Console?

Google search console merupakan layanan gratis dari google bagi para webmaster. Layanan ini membantu Anda para pemilik maupun webmaster untuk melihat seberapa tinggi traffic situs yang ditemukan melalui mesin pencari. Hampir sama seperti Google analytics, tetapi Google search console lebih pada fungsinya untuk mempertahankan dan memecahkan masalah situs Anda di hasil penelusuran Google.

 

Apa saja fungsi Google Search Console ?

Fungsi Google search console sebenarnya sangat beragam, tergantung dari tujuan dan penggunaan Anda. Berikut adalah ringkasan mengenai fungsi Google Search Console.

 

1. Melihat dan memastikan Google telah menemukan dan merayapi situs Anda

Fungsi utama dari Google Search Console adalah memastikan bahwa situs Anda telah diketahui mesin pencari Google. Maksud dari merayapi disini bahwa robot.txt pada Google telah melihat semua halaman/page pada situs.

 

2. Memperbaiki masalah pengindeksan

Biasanya sitemap pada situs secara otomatis diperbarui ketika ada sebuah konten baru. Sehingga, apabila terjadi pembaruan konten atau link, Anda dapat melakukan indeks ulang ke Google Search Console.

 

3. Melihat traffic pengunjung

Sama seperti Google Analytics, Anda dapat melihat riwayat traffic pengunjung. Selain itu, Anda dapat melihat seberapa sering situs Anda muncul di penelusuran Google dan melalui keyword apa situs Anda dapat ditemukan. Hal ini dapat membantu Anda dalam merencanakan konten kedepannya.

 

4. Memecahkan masalah fitur website

Fitur website seperti AMP, tampilan seluler dan lainnya mungkin saja bermasalah. Sehingga berdampak pada berkurangnya pengunjung ke website Anda. Google Search Console menawarkan beberapa pemecahan masalah yang mungkin saja dapat meningkatkan traffic.

 

5. Menemukan keyword populer

Pengunjung dapat menemukan website Anda melalui berbagai macam kata kunci. Dengan menggunakan Google Search Console Anda dapat melihat apa saja yang sedang dan banyak dicari pengunjung melalui penelusuran Google.

 

6. Melihat halaman paling diminati

Setiap website atau blog pasti memiliki halaman yang paling diminati atau lebih populer dari halaman lainnya. Dengan Google Search Console Anda dapat melihat halaman mana yang membuat ketertarikan pengunjung meningkat.

 

7. Melihat dari mana situs perujuk ke website Anda

Ketika menggunakan jasa backlink do follow, tentu Anda ingin melihat seberapa besar kontribusi terhadap website Anda. Sehingga dibutuhkan alat penelusuran untuk melihat situs mana saja yang mengirimkan traffic ke website Anda.

 

8. Mengetahui darimana asal dan perangkat pengunjung

Web development biasanya mendesain website sesuai dengan kebutuhan tertentu. Misalnya mendesain tampilan yang lebih mengedepankan tampilan selluer, hal ini tentu didasari dari traffic pengujung dari selluler lebih tinggi. Selain itu, target audiens melalui konten dapat didasari pada asal pengunjung mengunjungi situs Anda.

 

9. Memeriksa broken link

Jika situs Anda terdapat link rusak yang cukup banyak, dapat memengaruhi indeks Google. Situs-situs yang memiliki broken link biasanya akan dinilai kurang oleh Google. Jadi, dengan Google Search Console Anda dapat memperbaiki masalah broken link ini.

 

10. Keamanan website

Keamanan website adalah masalah serius dalam membangun web atau blog. Seorang pengusaha atau pemilik website tentunya ingin memastikan keamanan situsnya. Oleh karena itu, Google Search Console memiliki fitur untuk mendeteksi masalah keamanan pada situs Anda. Dengan begitu, Anda dapat memperbaiki masalah keamanan situs lebih cepat.

 

Bagaimana cara mendaftar & memasang Search Console pada website?

 

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar dan memasang Google Search Console pada website Anda.

  1. Silakan login ke akun Google Anda melalui browser apapun
  2. Kemudian masuk ke google webmaster (https://search.google.com/search-console/about)
  3. Setelah itu klik ‘mulai sekarang’

cara mendaftar google search console

  1. Anda akan masuk ke halaman Google Search Console dan silakan pilih ‘Add Property’ pada pojok kiri atas halaman.
  2. Setelah itu silakan pilih ‘Awalan URL’ supaya proses verifikasinya lebih mudah. Kalau Anda menggunakan verifikasi domain, Anda perlu mengupload file TXT yang berisi kode verifikasi dari Google search console ke penyedia domain Anda. Kemudian klik ‘terus’.

Memilih jenis property google search console

  1. Pada halaman selanjutnya akan muncul beberapa metode verifikasi, silakan pilih menggunakan Tag HTML. Proses ini terbilang paling mudah untuk dilakukan. Silakan ‘copy’ kode verifikasi dari google tersebut. Jangan mengklik verifikasi.

Cara memasang kode verifiksi google search console

  1. Masuk ke wp-admin Anda dan silakan masuk ke appearance > theme editor > cari bagian header > paste kode verifikasi tepat setelah tag <head>. Kemudian klik tombol ‘Update File’.

Cara memasang kode verifikasi Google Search Console di Web / blog WordPress

  1. Jika sudah, silakan kembali ke halaman Google Search Console dan silakan klik verifikasi.

 

  1. Ketika verifikasi berhasil akan muncul pemberitahuan seperti berikut.

Informasi verifikasi website berhasil di Google Search Console

  1. Untuk tetap terhubung dengan Google Search Console, Anda jangan pernah menghapus kode verifikasi di website Anda.

 

Sampai disini Anda telah berhasil menkonfigurasi Google Search Console ke website Anda. Selanjutnya akan dijelaskan mengenai bagaimana proses awal mengoptimalkan penelusuran Google ke website Anda.

 

Mengirim sitemap ke Google Search Console

  1. Pada halaman Google Search Console silakan pilih indeks
  2. Setelah itu masuk ke menu peta situs atau sitemap.
  3. Kemudian masukkan alamat URL situs Anda. Biasanya pada CMS Blogger, sitemap telah otomatis tersedia. Namun, untuk wordpress Anda perlu untuk membuatnya terlebih dahulu (bisa menggunakan plugin).
  4. Setelah memasukkan alamat site map silakan klik tombol ‘kirim

Cara menambahkan sitemap pada google search console

  1. Selesai.

 

Kegunaan sitemap disini sangat penting bagi Google untuk mengetahui setiap halaman yang ada di website Anda. Tentu Anda ingin semua halaman terindeks oleh Google kan? Oleh karena itu, pada tahap awal permulaan Anda masukkan URL sitemap ke Google Search Console.

 

Untuk memastikan apakah Google telah menelusuri semua URL halaman website, silakan tunggu beberapa saat untuk melihat laporannya. Apabila masih belum ada data yang dimunculkan, tunggu 1 hari dan silakan submit url sitemap Anda kembali.

 

Tips menggunakan Google Search Console

Sebagai pemula tentunya wajar sedikit kebingunan apabila ada notifikasi atau peringatan dari Google. Oleh karena itu ada beberapa tips yang mungkin membantu Anda dalam mengelola website Anda.

 

1. Periksa Google Search Console setiap bulan

Pastikan setiap bulannya Anda melihat laporan dari Google Search Console. Hal ini digunakan untuk melihat seberapa bagus performa website. Disamping itu, Anda juga harus memastikan tidak adanya error link atau halaman pada situs Anda.

 

2. Tak usah khawatir peningkatan dan penurunan traffic tidak wajar

Sudah menjadi hal yang wajar apabila terjadi peningkatan dan penurunan traffic secara signifikan. Hal ini dikarenakan hari libur atau weekend, serta faktor lainnya. Tidak perlu khawatir apabila terjadi penurunan atau peningkatan traffic yang cukup tajam.

 

Kesimpulan

Google Search Console ibarat dokter pribadi untuk website anda, dengan tools ini anda dapat mendiagnosa perkembangan website, mengetahui masalah pada website dan juga akan meningkatkan performa SEO anda. Jika anda memiliki website, sangat disarankan untuk menghubungkannya dengan layanan Google Search Console ini.

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *