Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Panduan Cara membeli domain di Gapurahoster

4 min read

Panduan Cara membeli domain di Gapurahoster

Domain merupakan sebuah alamat unik yang digunakan untuk merujuk pada suatu halaman web. Penulisan ekstensi domain menggunakan tanda titik (dot) setelah nama atau alamat tertentu. Contoh domain yang populer digunakan adalah .com (dibaca : dot com), domain ini dapat dimiliki oleh semua orang di dunia. Biasanya orang awam mengetahui alamat website dengan domain populer ini.

 

Untuk memiliki sebuah nama domain, Anda dapat membeli melalui penyedia layanan domain seperti Gapurahoster ini misalnya. Disamping itu, Gapurahoster juga menyediakan berbagai layanan seperti hosting yang mana akan sangat dibutuhkan oleh para pemilik website.

 

Mungkin Anda bertanya-tanya siapa sih yang mengatur semua alamat domain di dunia? Pihak pengelola  seluruh nama domain di dunia adalah ICANN. Semua domain di negara manapun harus teregistrasi ke ICANN agar dapat diakses dari negara manapun. Setiap negara juga memiliki alamat domain unik tersendiri. Seperti negara Indonesia memiliki domain unik .id, yang dapat dimiliki oleh semua warga negara Indonesia.

 

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli domain?

Membeli domain bukan perkara yang bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu meriset nama domain sesuai dengan target bisnis Anda. Bagi para internet marketer, biasanya menggunakan nama domain yang terselip keyword incaran mereka. Misalnya, sepatuonline.com, rajabatik.com, atau lainnya. Mereka mengincar kata kunci yang mungkin banyak dicari dalam mesin penelusuran Google.

 

Namun bukan hanya itu saja, nama domain saat ini sudah menjadi sebuah branding yang perlu diperhatikan namanya, frasa, panjang kata hingga pelafalannya. Semua itu harus diperhatikan sebelum memilih dan membeli sebuah nama domain.

 

  1. Lebih baik nama domain pendek

 

Nama domain pendek memiliki nilai plus yaitu mudah di ingat oleh pengunjung website. Ketika para pengunjung menemukan website Anda dan melihat sesuatu yang menarik, tentu mereka akan kembali dengan menuliskan alamat website. Jika terlalu panjang, mereka juga akan malas menuliskannya bukan?

 

Oleh karena itu, pilihlah nama domain yang pendek setidaknya lima hingga enam huruf. Salah satu market place Indonesia yang menggunakan alamat situs sangat pendek adalah JD.ID. Mereka hanya menggunakan dua huruf didepan ekstensi domain .id. Nama yang pendek akan memperkuat branding situs Anda. Untuk domain .id yang menggunakan huruf kurang dari lima akan dikategorikan sebagai domain premium dengan harga yang cukup mahal.

 

  1. Maksimal tiga huruf vokal

 

Maksud dari tiga huruf vokal disini adalah ketika Anda mengucapkan nama situs tentu akan mendengar huruf vokal seperti a, e, o, u, i. Untuk memudahkan pengunjung mengucapkan dan menghafalkan alamat situs, gunakan maksimal tiga huruf vokal. Contohnya Lazada, Shopee, Google dan lain sebagainya.

 

Pemilihan panjang domain, jumlah huruf vokal itu semua cukup penting sebagai penunjang branding. Tetapi apabila Anda memiliki modal untuk membayar iklan demi menaikkan brand situs misalnya menyewa iklan di stasiun TV, nama domain yang panjang pun akan mampu bersaing.

 

  1. Kata familiar dengan imbuhan yang unik

 

Kata familiar yang dimaksud adalah kata yang sudah biasa diketahui oleh khalayak umum. Contoh brand yang menggunakan alamat dengan kata familiar adalah tokopedia. Mereka menggunakan kata toko sebagai awalan yang familiar sehingga mudah untuk diingat.

 

  1. Gunakan ekstensi domain sesuai dengan tujuan

 

Ekstensi domain merupakan ciri khas yang dimiliki oleh seseorang, organisasi, perusahaan maupun instansi tertentu. Jika Anda berniat ingin membuat sebuah website pribadi dapat menggunakan domain seperti .com, .id, .net, .web.id, .org atau lainnya. Tetapi beberapa domain seperti .id memerlukan verifikasi identitas dengan mengupload kartu identitas yang berlaku di Indonesia. Berikut adalah beberapa domain yang mungkin familiar digunakan dengan berbagai tujuan di Indonesia.

 

.com : Untuk website pribadi, blog atau web berjenis lain yang dimiliki oleh seseorang maupun instansi tanpa perlu memverifikasi identitasnya. Domain ini sangat populer dikalangan masyarakat umum.

.id : Jika Anda menginginkan sebuah alamat domain yang tidak mudah ditiru dengan target pengunjung atau konsumen Indonesia, dapat menggunakan ekstensi ini. Domain .id juga telah banyak digunakan para pemilik website ternama sehingga meningkatkan kepercayaan para pengunjung khususnya di Indonesia.

.org : Sebenarnya ekstensi domain ini digunakan bagi organisasi yang memiliki legalitas. Namun, domain ini juga dapat digunakan oleh perseorangan.

.co.id : Untuk perusahaan yang telah berbadan hukum gunakan domain dengan ekstensi ini. Supaya verifikasi berhasil, siapkan beberapa berkas legal dari perusahaan Anda.

.go.id : Pemerintah Indonesia memiliki ekstensi domain unik tersendiri yaitu .go.id. Tentu saja hanya pemerintah yang dapat mendaftar ekstensi domain ini.

.sch.id : Pendidikan di Indonesia juga memiliki domain unik tersendiri. Biasanya sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas yang menggunakan ekstensi ini.

.ac.id : Untuk perguruan tinggi biasanya menggunakan ekstensi domain ini supaya membedakan jenjang pendidikan dengan sekolah-sekolah sebelumnya.

 

  1. Harga domain

 

Setiap ekstensi domain memiliki harga yang berbeda-beda. Jika Anda adalah seorang blogger yang mempertimbangkan harga domain serta biaya perpanjangan, lebih baik memilih domain yang benar-benar terjangkau hingga kedepannya. Sebagai perbandingan saja, harga .com /tahun lebih murah dibanding ekstensi domain .id /tahun nya. Tapi semua itu tergantung dari finansial Anda.

 

Langkah-langkah membeli domain di Gapurahoster

  1. Silakan masuk ke halaman Gapurahoster.co.id
  2. Klik menu domain murah, lalu tekan ‘pilih domainCara membeli domain di gapurahoster
  3. Silakan masukkan alamat domain yang ingin Anda beli pada kolom beserta ekestensi yang Anda inginkan (misalnya : domainku.net, dll). Masukkan pula kode captcha, lalu tekan cari.Mencari nama domain yang tepat untuk anda
  4. Jika nama domain yang Anda inginkan tidak tersedia, Anda dapat memilih ekstensi domain yang tersedia. Tetapi biasanya nama domain yang benar-benar unik dan tidak mengandung kata familiar akan tersedia karena memang Anda yang memiliki ide tersebut.
    Cara memeriksa ketersediaan domain
  5. Setelah nama domain tersedia, silakan klik ‘masukkan ke keranjang’ dan tekan ‘selesaikan’.
  6. Anda dapat memilih layanan DNS management, ID Protection dan Email forwarding Gratis jika dibutuhkan, kemudian silakan tekan continue.Memilih layanan tambahan untuk domain di Gapurahoster 
  7. Masukkan kode promo jika punya, kemudian klik ‘checkout’ dan bagi yang belum mendaftar akun Gapurahoster, silakan masukkan data diri seperti username, password, nama lengkap, alamat, nomor handphone dan alamat email.Cara memasukkan kode kupon di Gapurahoster
    Mengisi informasi pribadi di Gapurahoster
  8. Setelah itu pada bagian bawah halaman ada menu ‘cara pembayaran’, silakan pilih metode pembayaran yang sesuai dengan rekening Anda. Proses verifikasi pembayarannya pun sudah otomatis untuk metode virtual account. Jangan lupa mencentang pada menyetujui ketentuan layanan. Setelah itu silakan klik complete order.Memilih metode pembayaran hosting di Gapurahoster
  9. Akan muncul faktur pembayaran dan silakan klik tombol ‘bayar sekarang’/ ‘pay now’.Cara membayar tagihan hosting di Gapurahoster
  10. Untuk pembayaran via atm masukkan nominal sama persis sesuai dengan tagihan yang tertera. Untuk transfer virtual account seperti BNI melalui mbanking silakan masukkan tujuan transfer ke nomor VA yang tertera dan jumlah nominal akan tertulis otomatis.
  11. Setelah pembayaran selesai silakan tunggu beberapa saat hingga pembayaran dikonfirmasi.

 

Setelah pembayaran berhasil

  1. Anda dapat melihat status pembayaran melalui client area pada halaman Gapurahoster.
  2. Jika sudah lunas akan muncul status ‘lunas’ dan tunggu Gapurahoster melakukan registrasi ke system ICANN.
  3. Jika domain berhasil diaktifkan, Anda akan mendapatkan email notifikasi bahwa domain Anda telah aktif.
  4. Pada beberapa ekstensi domain seperti .id membutuhkan verifikasi KTP setelah domain diaktifkan. Jika tidak ada verifikasi selama 15 hari kedepan, domain akan di suspend. Untuk verifikasi silakan klik link yang dikirimkan ke email Anda. Kemudian masukkan NIK Anda.Cara verifikasi domain di Gapurahoster
  5. Untuk ekstensi domain seperti .org atau .com dan lainnya siapkan saja nomor KTP apabila sewaktu-waktu membutuhkan verifikasi.
  6. Selesai

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *