Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Cara setting SEO dasar untuk website WordPress

4 min read

Cara setting SEO dasar untuk website WordPress

Google memiliki algoritma yang cukup kompleks untuk menentukan apakah sebuah website layak mendapatkan ranking atas pada mesin pencarian. Website yang memiliki reputasi baik tentu akan ditampilkan pada page one Google. Bagaimana cara mendapatkan ranking baik dimata Google?

Teknik yang biasa dilakukan para webmaster ini biasa disebut sebagai Search Engine Optimation (SEO). Banyak hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan website dan menaikkan ranking Google. Tanpa SEO, website tidak akan bisa ditemukan melalui penelusuran Google. Untuk memahami lebih lanjut tentang SEO, silahkan simak panduan cara setting SEO dari Gapurahoster berikut ini :

 

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimation adalah cara meningkatkan ranking website pada mesin penelusuran melalui optimasi on-page dan off-page. SEO on-page merupakan cara optimasi website yang berkaitan dengan konten di dalam website. Biasanya, SEO on-page dilakukan dengan cara mengoptimalkan keyword yang ditargetkan.

Sedangkan SEO off-page dilakukan diluar halaman website itu sendiri. Cara yang bisa ditempuh seperti backlink do follow dari situs-situs besar seperti wikipedia, situs pemerintah, situs pendidikan dan semua situs yang memiliki kredibilitas.

Tetapi kebanyakan dari pemula salah melakukan SEO baik on-page atau off-page, sehingga menyebabkan website mereka down dan dianggap spam oleh Google. Perlu diingat bahwa hasil dari SEO tidak didapatkan dalam sehari atau seminggu. Perlu berbulan-bulan agar mesin penelusuran seperti Google memprioritaskan situs Anda.

Teknik SEO juga dapat dikalahkan melalui branding. Apabila Anda mampu dan berani beriklan melalui media selain Google Adword, seperti iklan TV maka bisa saja website Anda akan melejit dalam beberapa hari.

Karena apa? Setidaknya 1% orang yang menonton TV akan mencari nama website Anda di mesin penelusuran. Hal inilah yang menjadi sinyal bagi mesin penelusuran bahwa situs Anda memiliki ‘reputasi’ karena dicari oleh jutaan orang dalam waktu yang singkat.

Tapi jangan menyerah melakukan optimasi website tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Anda dapat melakukannya sendiri dimulai dari hal-hal dasar. Tentu saja hasilnya dapat dirasakan setelah setidaknya dua hingga tiga bulan kedepan.

 

Apa efek dari SEO?

Apapun yang kita lakukan pada website jika dilakukan dengan tepat akan memberikan efek positif bagi website. Namun, jika terburu-buru dan salah dalam mengambil langkah akan memperburuk reputasi website Anda dimata mesin penelusuran, khususnya Google.

Google selalu memperbarui algoritma mereka supaya hasil SERP (Search Engine Result Page) sesuai dengan apa yang pencari butuhkan. Artinya, Google tidak akan menampilkan konten yang tidak relevan dengan apa yang dicari oleh pencari dalam hal ini adalah manusia.

Bagaimana Google mengetahui apa yang ‘diinginkan’ pengguna? Algoritma Google saat ini tidak hanya mengandalkan keyword yang dituliskan pengguna. Tetapi bisa mengetahui konten apa yang sebenarnya diinginkan pengguna.

Jika pengguna menuliskan michael jackson tentu Google akan memunculkan hasil berupa video album populer dari penyanyi itu, bukan memunculkan artikel mengenai michael jackson yang bersifat informational.

 

Jika Anda memiliki website yang bersifat informatif, maka targetkan keyword yang tidak berhubungan dengan hal-hal komersial atau tokoh tertentu. Kecuali jika Anda menambahkan review didepannya, misal review sepatu pria terbaik. Namun, biasanya konten yang berhubungan dengan produk tertentu telah ‘dibabat’ oleh perusahaan besar seperti Bukalapak. Jadi, apa yang bisa dilakukan blog kecil?

Efek SEO sebenarnya tidak hanya pada hasil pencarian. Website baru pun terkadang bisa berada di page one Google. Bagaimana bisa? Inilah algoritma Google. Google memberikan kesempatan kepada website baru untuk bersaing di page one.

Hal ini dilakukan untuk mengetes sebarapa baik reputasi website Anda dimata pengunjung atau seberapa menarik konten Anda, khususnya judul. Apabila jumlah klik ke situs Anda banyak berarti Google menganggap website Anda memiliki reputasi.

Hal terpenting dari SEO bukanlah menampilkan website Anda di page one. Tetapi memastikan pengguna mengklik hasil pencarian yang mengarah ke situs Anda. Lalu, apa saja yang harus dilakukan supaya website Anda di klik oleh pengguna?

 

Hal yang harus dilakukan SEO on-page dan SEO off-page

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa SEO on-page berarti melakukan optimasi yang berhubungan dengan halaman website. Sedangkan SEO off-page berkaitan dengan dukungan website dari luar seperti backlink. Berikut adalah hal yang perlu dilakukan untuk melakukan SEO on-page dan SEO off-page.

 

1. Mencari keyword populer

Ada beberapa layanan gratis yang dapat dimanfaatkan untuk mencari keyword (kata kunci) yang banyak diketikkan oleh pengguna. Hal ini sangat membantu untuk membuat konten yang ‘banyak dicari’. Anda dapat menggunakan layanan dari neilpatel.com. Carilah kata kunci umum, misalnya pengertian website. Neilpatel akan memberikan beberapa rekomendasi keyword yang berkaitan beserta jumlah pencarinya.

 

2. Penempatan Keyword

 

Apabila Anda sudah berhasil menentukan keyword utama, saatnya menempatkan keyword pada tempat yang tepat. Apabila kita menggunakan standar Yoast SEO, penempatan keyword dapat pada judul, paragraf pertama, dan isi artikel. Cukup tiga dan usahakan keyword tetap nyaman dibaca.

 

3. Internal link

 

Internal link juga sangat penting dalam SEO on-page. Internal link seperti sebuah ‘pintu masuk’ ke artikel lainnya, sehingga pengunjung tidak cepat meninggal website Anda. Anda dapat menambahkan fitur seperti related post didalam artikel Anda.

 

4. Optimasi halaman website

 

Halaman website Anda juga harus dioptimasi dengan menambahkan keyword utama didalam meta description dan nama website. Setelah itu, memperingan website juga perlu dilakukan agar website mendapat ranking baik di SERP. Anda dapat membaca artikel cara optimasi kecepatan website.

 

5. Backlink berkualitas

 

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Caranya adalah menunggunya atau mencoba content placement. Ya, menunggu adalah cara gratis mendapatkan backlink dari situs lain. Apabila konten kita sangat bermanfaat bukan tidak mungkin para pemilik web akan merekomendasikan situs kita dengan memberikan backlink do follow maupun no follow.

 

Tetapi apabila Anda memiliki modal, dapat melakukan content placement. Maksudnya, Anda membayar pemilik website untuk menulis dan memberikan backlink ke website Anda dengan biaya tertentu. Biasanya website yang memiliki traffic ribuan per hari, biaya content placement berkisar 300 ribu – 500 ribu per artikel dan satu backlink.

 

6. Tidak spam

 

Membagikan link artikel melalui sosial media seperti Google+, facebook, twitter, linkedin, dan lainnya juga penting dilakukan untuk mendukung SEO off-page. Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah jangan spam. Cukup bagikan satu link perhari agar akun maupun website Anda tidak dianggap spam yang berujung pada pemblokiran.

 

Plugin SEO terbaik untuk WordPress

Untuk plugin pendukung Search Engine Optimation pada wordpress terbaik saat ini adalah Yoast SEO. Plugin ini sudah diinstall oleh pengguna aktif sebanyak 1 juta lebih. Dengan plugin ini, Anda dapat membuat konten artikel yang SEO friendly. Agar mendapatkan penilaian artikel SEO dari YoastSEO, Anda harus memperhatikan setiap penerapan keyword dan rekomendasi dari Yoast.

 

Cara Setting YoastSEO

Setelah diinstall dan diaktifkan, YoastSEO perlu dikonfigurasi supaya lebih optimal. Berikut adalah beberapa setting yang perlu dilakukan.

 

1. Pengaturan Umum

masuk ke settings > your info > Masukkan nama website Anda dan nama alternatif. Misalnya Gapurahoster dan nama alternatif GH. Pilih apakah website perusahaan atau pribadi dan masukkan nama pemilik.

setting yoast seo

2. Pengaturan Titles & Meta

Pada title masukkan nama website Anda dan meta deskripsi sesuaikan dengan target dan tujuan Anda membuat website. Akan lebih baik mengandung keyword yang ditargetkan. Setelah itu pada post types silakan sisakan kode %%title% %%page%%. Lakukan ini pada tab taxonomies.

 

3. Pengaturan Search Console

Untuk settings search console ini Anda hanya perlu melakukan otentikasi dengan mendapatkan code dari Google Authorization. Ikuti saja langkahnya hingga Anda mendapatkan kode otentikasi.

setting search console yoast seo

 

4. Mengatur post page

Setiap kali akan membuat artikel, Anda dapat melihat pengaturan SEO post page pada bagian bawah editor. Anda dapat memasukkan keyword utama pada kolom focus keyword. Kemudian, edit snipped yang mengandung deskripsi artikel dan keyword target, maksimal 160 huruf.

 

Kesimpulan

SEO merupakan salah satu faktor yang perlu anda perhatikan ketika memiliki website / blog , dimana dengan SEO anda dapat mendatangkan pengunjung lebih banyak secara efektif. Namun anda perlu memastikan bahwa teknik SEO yang anda gunakan tidak bertentangan dengan kaidah / aturan dari Google tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan untuk menghindari adanya pinalty dari search engine pada website yang anda miliki.

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *