Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Cara Optimasi Kecepatan Website

3 min read

Cara Optimasi Kecepatan website

Kecepatan loading merupakan hal paling utama dari sebuah situs website. Mungkin dulu sebuah website dipercantik dengan desain yang menarik sehingga membuat pengunjung betah berada di situs Anda. Namun, saat ini hal yang paling dibutuhkan pengguna adalah kecepatan. Loading yang lama saat ini menjadi masalah besar yang memengaruhi pengunjung tidak jadi melihat seluruh isi website Anda.

Menurut google, jadi atau tidaknya pengunjung membaca konten pada sebuah website tergantung dari kecepatan loading pada tiga detik pertama. Data statistik menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna menutup browser mereka ketika membuka situs yang loading nya lebih dari tiga detik. Meskipun konten maupun produk Anda sangat menarik, load website yang lama tidak akan membuat pengunjung tertarik.

Pada kali ini Anda akan diberikan apa saja yang perlu dioptimasi supaya loading website menjadi lebih cepat. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mengaruhi kecepatan load website apabila kita lihat dari sisi pengguna.

 

Faktor loading website lambat

1. Jaringan internet pengunjung yang lambat

Sebagai pemilik website tidak ada hal yang bisa dilakukan apabila kecepatan internet pengguna sangat lambat. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mereka adalah menyediakan load halaman dengan sedikit ukuran sehingga bisa lebih cepat.

2. Layanan hosting

Ada beberapa jenis layanan hosting. Penyedia hosting tentu menginginkan pelanggan mereka mendapatkan kecepatan maksimal. Tetapi, bagi Anda yang ingin mendapatkan loading website andal, pilih layanan hosting yang menggunakan SSD dan litespeed.

3. Bandwith penuh

Untuk masalah ini, tidak ada cara lain selain menambah kuota bandwith. Hal ini terjadi apabila Anda telah memiliki website dengan ribuan pengunjung setiap hari. Bukan masalah load halaman website, tetapi layanan Anda perlu di upgrade.

4. Terlalu banyak konten yang dimuat

Setiap tulisan, gambar, script dan lainnya dapat menambah ukuran sebuah halaman website. Apabila terlalu banyak ‘objek’ juga akan membuat load website semakin lambat. Untuk itu, hindari penggunaan script yang tidak perlu maupun gambar yang berukuran besar.

 

Mengapa kecepatan website perlu dioptimasi?

Banyak eksperimen yang dilakukan para pengembang website untuk mengetes hubungan antara kecepatan website dengan peringkat di SERP (Search Engine Result Page). Hasilnya menunjukkan bahwa website yang ringan dengan kecepatan load cepat mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Ini mungkin beberapa alasan kenapa kecepatan website perlu untuk di optimasi.

 

1. Menghindari traffic pengunjung menurun

Seperti penjelasan diatas, bahwa saat ini pengunjung lebih menyukai website dengan loading cepat. Jika konten di website Anda isinya hampir sama dengan website lain, tentu pengunjung akan memilih menutup website Anda dan berpindah ke website lain. Hal ini akan membuat traffic pengunjung menurun.

 

2. Agar pendapatan tidak menurun

Jika usaha online Anda berbasis website dan belum membuat aplikasi, lebih baik segera mengoptimasi website supaya loading cepat. Loading lambat akan membuat pelanggan enggan untuk melanjutkan niatnya membeli produk Anda. Sehingga pendapatan menurun karena load website tidak dioptimasi.

 

3. Meningkatkan peringkat di SERP

Google lebih menyukai website dengan loading cepat. Sehingga mereka akan memprioritaskan website yang ringan di peringkat atas. Website dengan fitur AMP juga dapat memberikan efek yang baik bagi peningkatan peringkat di SERP. Namun, Anda tidak harus membuat website support AMP, tetapi wajib untuk melakukan optimasi.

 

Cara mengecek kecepatan website sudah baik / kurang

Ada banyak cara untuk melihat apakah kecepatan website Anda sudah baik, sedang atau buruk. Anda dapat menggunakan layanan gratis dari Gtmetrix. Algoritma dari layanan ini cukup populer digunakan para pengembang website untuk mengecek apakah halaman website sudah baik atau kurang.

  1. Buka halaman Gtmetrix.com
  2. Kemudian ketikkan alamat domain Anda, misalnya domainanda.com
  3. Setelah itu klik tombol ‘test your site’
    Cara mengetes kecepatan website di Gtmetrix
     
  4. Tunggu beberapa saat dan tunggu hingga muncul laporan performa website.
  5. Disana Anda akan melihat angka pagespeed dan yslow. Apabila kedua score ini mendapatkan nilai A berarti sudah sangat baik, dan apabila sedang mendapatkan nilai C.Cara melihat performa kecepatan website

 

  1. Namun tidak hanya itu, kecepatan load website dilihat pada bagian page details dimana tertera lama load times. Beberapa pakar website memiliki patokan penilaian sebagai berikut.

– Dibawah 1 second = sempurna

– 1 sampai 3 second = diatas rata-rata

– 3 sampai 7 second = rata-rata

– 7 detik keatas = buruk

 

  1. Patokan diatas tidak sepenuhnya mewakili penilaian orang lain, tergantung dari keinginan Anda untuk sebuah website. Apabila 4 detik terbilang lama, Anda masih bisa mengoptimasinya.

 

Step by step Optimasi kecepatan website

 Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimasi kecepatan website supaya lebih cepat dan mempertahankan pengunjung untuk tetap membuka halaman website Anda.

 

1. Kurangi plugin yang tidak perlu

Bagi pengguna wordpress sudah dipermudah dengan berbagai plugin yang membantu dalam mengembangkan website. Dengan plugin juga menambah banyak fitur di website Anda. Tapi, perlu Anda tahu bahwa plugin dengan load script terlalu banyak akan menambah beban server. Plugin gratis bukan berarti bisa bebas Anda install sesuka hati.

 

Untuk mengetahui plugin apa saja yang membuat website Anda lambat, dapat menginstall plugin perfomance profiler. Dengan plugin ini, Anda dapat menganalisa plugin apa saja yang membuat website Anda lambat.

 

2. Optimasi ukuran gambar

Halaman website yang lambat juga dapat dipengaruhi oleh banyaknya gambar. Gambar yang jernih memang sedap dipandang, tetapi sangat buruk dalam hal loading. Jika Anda ingin mendapatkan loading website yang cepat lebih baik mengkompres ukuran gambar menjadi lebih kecil. Akan sangat baik apabila semua gambar di konten Anda berukuran kurang dari 40kb.

 

Anda dapat menggunakan layanan compressor image gratis secara online seperti image optimizer, smush, imagify atau menginstall aplikasi gratis Fileminimizer. Ukuran gambar semakin kecil, maka loading halaman semakin cepat.

 

3. Gunakan plugin caching

Cache merupakan file yang disimpan sementara untuk mempercepat loading website apabila dikunjungi untuk kedua kali hingga sekian kali. File cache ini biasanya disimpan pada perangkat pengunjung. Jadi, apabila pengunjung membuka halaman website untuk kedua kali mereka tidak perlu mendownload semua data pada halaman website, karena sebagian sudah disimpan pada perangkat.

 

Untuk mendapatkan fitur ini, Anda dapat menginstall plugin caching secara gratis seperti W3 Total Cache, WP Rocket, WP Super cache, atau WP Fastes Cache. Anda dapat memilih salah satu saja.

 

4. Minify file css dan javascript

Proses ini adalah menghilangkan karakter kode yang tidak dipergunakan, sehingga akan lebih ringan dan cepat untuk dieksekusi. Hal ini tentu akan mempercepat loading website. Untuk menggunakan cara ini, Anda dapat menggunakan plugin Autoptimize. Plugin ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk proses minify file kode.

 

5. Gunakan layanan hosting yang cepat

Apabila semua cara diatas telah dilakukan dan website Anda masih terasa lambat, sebaiknya pindah ke layanan hosting yang lebih baik. Rekomendasi dari Gapurashoster adalah hosting SSD NVMe dan fitur litespeed. Kabar baiknya, Gapurahoster merupakan penyedia layanan hosting dengan fitur SSD Nvme sehingga website Anda akan lebih cepat daripada hosting yang masih HDD.

 

Kesimpulan

Kecepatan website merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SEO, sekaligus potensi pengunjung website mengunjungi website anda. Jika website lambat dibuka, ada potensi pengunjung akan meninggalkan website anda bahkan sebelum membaca konten / informasi yang ada di halaman website yang anda miliki. Lakukan optimasi kecepatan website agar pengunjung nyaman berkunjung ke website.

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *