Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Cara menghasilkan pendapatan online dengan bisnis afiliasi

4 min read

Cara menghasilkan pendapatan online dengan bisnis afiliasi

Cara menghasilkan pendapatan online dengan bisnis afiliasi – Dari sekian banyak orang yang ingin mulai bisnis, biasanya salah satu hal yang sering disebutkan adalah ga punya modal usaha,  Lebih spesifiknya lagi modal berupa uang.  Entah itu untuk kulakan barang atau beli peralatan.

Apakah anda salah satunya?

Sebenarnya tidak selalu buka bisnis harus menggunakan modal yang besar, namun tidak ada pula bisnis yang benar – benar tanpa modal. Bahkan istilah “bisnis modal dengkul” pun masih pakai modal, yaitu dengkul itu sendiri 😀

Nah di artikel ini saya ingin menjelaskan sebuah peluang mencari pendapatan dengan modal yang minim & cukup terjangkau, bahkan tanpa harus mengorbankan dengkul anda, yaitu bisnis afiliasi.

 

Apa  itu bisnis afiliasi?

Bagi anda yang asing dengan istilah ini, kurang lebih bisnis afiliasi ini sederhananya seperti makelar yaitu menawarkan produk milik suatu layanan kepada calon pelanggan. nah jika  terjadi pembelian dari pelanggan tadi maka anda akan mendapatkan presentase komisi sekian persen ataupun nilai tertentu.

Jadi modal anda hanya menawarkan saja, apapun medianya selama tidak melanggar peraturan yang ditentukan oleh pemilik produk. Setelah terjadi penjualan, barulah anda dapat komisi anda.

 

Lalu Bagaimana cara kerja bisnis afiliasi?

Seperti penjelasan singkat saya diatas, cara kerjanya cukup sederhana. Anda cukup mengambil url / link affilasi dari layanan penyedia affiliasi kemudian menyebarkannya ke media – media yang berpotensi dilihat oleh calon pelanggan / pengguna produk / layanan tadi. Ketika si calon pelanggan order & melakukan pembayaran maka anda akan dapat komisi dari penjualan tadi.

memulai bisnis afiliasi

Contoh :

Misalkan anda mengikuti program Afiliasi Gapurahoster yang memberikan komisi Affiliasi 50% , lalu anda tawarkan produk Gapurahoster yaitu layanan hosting ke calon pelanggan potensial seperti pemilik bisnis, web programmer / Web Developer, Perusahaan dll maka ketika terjadi penjualan katakanlah Rp 550.000 maka anda akan mendapatkan 50% dari nilai penjualan tersebut yaitu Rp 275.000.

Anggap sehari anda bisa mereferensikan kepada 1 pelanggan, maka dalam jangka waktu 30 hari anda bisa mendapatkan total pendapatan hingga Rp 8.250.000 hanya dengan modal menawarkan saja!

mantap bukan?

 

Selanjutnya, Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis afiliasi?

Yang perlu anda lakukan tentu mendaftar program affiliasi di penyedia layanan tersebut lalu mengambil link affiliasinya untuk dibagikan.

Selanjutnya anda bisa membagikan link affiliasi tadi dengan mereferensikan kepada teman di Social Media, membuat review di website / blog, melakukan email marketing dsb.

Terakhir anda hanya perlu menyiapkan rekening saja, untuk menampung komisi yang anda dapatkan dari mengikuti program affiliasi tersebut.

 

Bagaimana Cara memilih bisnis afiliasi yang terpercaya?

Untuk memastikan bahwa layanan penyedia afiliasi yang ingin anda promosikan adalah layanan yang terpercaya, tidak scam ( melakukan penipuan ), anda bisa memastikan apakah layanan tersebut sudah memiliki testimonial pembayaran, bisa juga menanyakan kepada teman / forum / grup tertentu tentang program afiliasi di layanan tersebut.

testimoni pemain afiliasi gapurahoster

Cara memilih bisnis afiliasi yang memberikan komisi besar

Anda tentu tidak ingin kerja keras yang anda lakukan hanya membuahkan hasil yang sedikit, untuk itu anda perlu memilah – milah program afiliasi mana yang memberikan komisi yang besar. Akan lebih baik lagi jika komisi yang anda dapatkan bersifat berulang / recurring sehingga bisa menghasilkan passive income untuk anda di kemudia hari.

Contoh program affiliasi yang memberikan komisi berulang ini bisa anda temukan di layanan Web Hosting Gapurahoster. Ketika anda berhasil mereferensikan seorang pelanggan anda akan mendapatkan komisi afiliasi di awal. Kemudian jika di tahun berikutnya pelanggan yang anda referensikan melakukan perpanjangan layanan, anda akan mendapatkan komisi afiliasi lagi tanpa harus mereferensikan lagi. Artinya anda akan bekerja lebih ringan di tahun – tahun berikutnya.

 

Bagaimana cara mempromosikan bisnis afiliasi?

Ada banyak cara mempromosikan bisnis afiliasi yang anda ikuti, saya akan menjabarkan satu persatu untuk anda.

1.Melalui Social Media

Bisa dibilang ini adalah cara termudah. Anda cukup membuat status yang menarik perhatian orang untuk membeli, Mereferensikan produk pada teman yang membutuhkan layanan, membantu mengatasi permasalahan di grup – grup komunitas di Social Media & lain sebagainya.

Misalkan anda sedang mempromosikan produk untuk diet, maka anda bisa bergabung dengan grup grup yang mengulas tentang kesehatan ( terutama berhubungan dengan diet ), Jika ada member / anggota group yang membutuhkan saran produk untuk diet anda bisa menawarkan produk diet yang sedang anda promosikan.
Dengan begitu pencarian calon pelanggan menjadi lebih mudah.

Begitupula jika anda mempromosikan produk hosting misalnya, maka anda bia bergabung dengan grup komunitas programmer & web developer yang umumnya membutuhkan web hosting untuk menjalankan layanan pembuatan website mereka.  Aktiflah membantu di grup / komunitas tersebut, dengan begitu orang akan mengenali anda, dan kepercayaan kepada anda akan meningkat. Dengan begitu jika suatu saat ada yang membutuhkan referensi tentang layanan web hosting kemudian anda menawarkan solusi layanan web hosting, orang akan cenderung mempertimbangkan solusi anda.

2. Melalui Blog / Website

Jika anda memiliki blog / website, anda bisa memanfaatkan space banner yang ada di website untuk memasang banner affiliasi yang biasanya sudah disediakan oleh layanan penyedia program afiliasi yang anda ikuti.

contoh review afiliasi web hosting

Atau anda bisa juga membuat artikel ataupun ulasan / review tentang produk yang anda tawarkan dengan cara mengulasnya secara mendetail dan menitikberatkan pada solusi bagi pembaca web / blog anda.

3. Beriklan online

Cara ke 3 ini bisa dibilang tingkat kesulitannya lebih tinggi dari kedua cara sebelumnya, karena ada harus menguasai bagaimana cara beriklan secara online untuk memaksimalkan jangkauan iklan sekaligus menghemat & mengefektifkan budget iklan yang anda lakukan.

Contoh iklan berbayar facebook
Saat ini saran media iklan berbayar yang bisa saya sarankan adalah Facebook Ads & Google Ads.

 

Tips sukses bisnis afiliasi

Jika Media promosi anda adalah social media :

  • Gunakan kata – kata yang menarik pembaca.
  • Berikan informasi yang jelas tentang fungsi produk / layanan dan apa manfaat yang akan didapatkan oleh pembeli.
  • Update promosi anda secara berkala & konsisten, karena penjualan tidak selalu terjadi di penawaran pertama. Perkaya kemampuan menulis status yang menarik pembaca.
  • Hindari spamming / Sebar iklan massal tanpa melihat aturan suatu komunitas ataupun layanan social media yang anda gunakan.

Jika Media Promosi anda adalah Website / Blog :

  • Ciptakan Konten yang berkualitas, membantu & memberikan solusi bagi pembaca.
  • Ciptakan beberapa konten yang berbeda untuk melakukan testing, jenis konten seperti apa yang disukai & mudah dipahami oleh pembaca.
  • Hindari penggunaan AGC ( Auto Generate Content ). AGC memang dapat menghasilkan konten berjumlah banyak dalam waktu yang singkat, namun umumnya konten yang dihasilkan oleh program / script AGC hasilnya susah dimengerti, pemilihan katanya tidak jelas & tidak wajar sehingga justru akan menghambat pembaca website / blog anda menyerap pesan & informasi yang ada pada konten yang anda buat.

Jika Media Promosi anda adalah iklan berbayar :

  • pastikan anda menguasai bagaimana cara mensetting ads / iklan yang baik & benar untuk menghidari salah penentuan target atau budgeting  yang kurang maksimal yang berpotensi membuat biaya iklan anda menjadi tekor alias boncos.

 

Referensi Program Afiliasi terpercaya yang terbukti membayar

1.Program Afiliasi hosting Gapurahoster

Program afiliasi Gapurahoster merupakan program afiliasi layanan web hosting yang memberikan komisi 50% berulang.

program affiliasi Gapurahoster
Artinya jika orang yang anda referensikan melakukan order maka anda akan mendapatkan komisi 50% dari total harga order tersebut.
Selain itu jika di tahun berikutnya pelanggan yang anda referensikan melakukan perpanjangan layanan hostingnya , maka anda akan mendapatkan komisi 50% kembali tanpa susah payah mereferensikan orang baru.
keterangan :  Layanan web hosting berjangka waktu masa aktif 1 tahun 

 

2. Program Afiliasi Ratakan

program affiliasi ratakan

Ratakan merupakan marketplace produk digital di Indonesia, dimana anda bisa menemukan berbagai produk digital dengan bermacam – macam kategori. Mulai dari Ebook, Tools, Stock Foto, Panduan Video dan lain sebagainya.
Anda tinggal memilih produk yang seperti apa yang ingin anda promosikan.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa anda tidak harus memiliki modal yang begitu besar untuk memulai usaha. Asalkan anda memiliki kemauan untuk maju, semangat untuk bekerja & mental yang pantang menyerah anda bisa mendapatkan penghasilan dengan mengikuti berbagai program afiliasi yang banyak tersedia di Internet.

Waranugraha Yogya Founder & CEO Gapurahoster. Praktisi dunia IT & hobi sharing mengenai pembahasan materi seputar Digital Marketing & Web Development.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *