Cara membuat konten blog yang menarik

3 min read

Cara membuat konten blog yang menarik sebenarnya tidak sulit. Hanya, Anda dituntut untuk fokus dan serius dalam membuatnya. Ya! , “Content is King” alias  konten yang berkualitas adalah raja. Kunci sukses dalam berjualan menggunakan website ada pada konten yang berkualitas. Pembeli anda dapat memutuskan untuk tertarik atau tidak  hanya dari konten yang dibacanya saja , jadi Anda tidak bisa mengabaikan soal ini.

Ada banyak manfaat ketika Anda menulis blog dengan konten berkualitas. Pertama, menjadi daya tarik bagi calon pelanggan. Mereka akan merasa senang dan nyaman membaca tulisan-tulisan yang enak dibaca. Tulisan berkualitas ini menjadi daya tarik bagi mereka sehingga pada akhirnya tertarik membeli produk yang Anda tawarkan melalui blog atau web tersebut. Kedua, konten yang berkualitas, terutama sesuai dengan kaidah SEO, akan lebih mudah terbaca oleh mesin pencari. Akhirnya, tulisan Anda pun bisa muncul di halaman-halaman awal mesin pencari.

 

Lalu, bagaimana membuat tulisan yang baik untuk konten blog?

Mari  kita pelajari langkah-langkahnya!

 

Buat konten Original / Asli

Ada pepatah yang mengatakan “nothing new under the sun”. Di dunia ini memang tidak ada hal yang benar-benar baru. Yang ada hanyalah sesuatu yang sudah umum, tetapi disajikan dari sudut yang berbeda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat konten tentu sesuatu, meskipun hal itu sudah banyak ditulis di mana-mana. Yang paling penting, buatlah konten yang asli. Jangan pernah menjiplak konten orang lain. Trik agar tidak menjiplak tulisan orang lain meskipun mengulas hal yang sama, yaitu tulislah berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Anda sendiri. Dengan demikian, banyak bagian yang tidak akan sama dengan tulisan orang lain.

konten yang original

Konten yang mudah dibaca

Konten blog yang mudah dibaca tentu lebih menyenangkan dan disukai para pembaca. Oleh karena itu, buatlah konten seperti ini. Konten yang mudah dibaca bisa diartikan dengan pemilihan font yang ramah di mata. Dalam sekali lihat, pembaca tidak perlu memicingkan mata untuk mengartikan font-font tersebut. Pemilihan ukuran huruf juga perlu diperhatikan. Pilih ukuran huruf yang tidak perlu membuat pembaca menjauh atau mendekat ke layar komputer saat membacanya. Begitu juga dengan warna. Hindari memilih warna yang membuat mata terasa sakit.

konten yang mudah dibaca

Gunakan List / Pointer

Cara selanjutnya agar konten blog mudah dibaca adalah dengan menggunakan list (pointer). Konten akan tampak lebih rapi jika disusun dengan menggunakan list. Point-point ini juga membuat pembaca bisa mengistirahatkan mata, sehingga tidak mudah lelah saat membaca konten blog Anda.

 

Konten Enak dibaca

Selain mudah dibaca, konten blog juga harus enak dibaca. Konten seperti ini bisa dilihat dari pemilihan kata dan kalimatnya. Gunakan kalimat yang mudah dipahami. Pakailah bahasa sehari-hari yang sopan, ringan, dan tetap sesuai aturan Bahasa Indonesia yang baku atau Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Font yang ramah di mata, kalimat yang mudah dimengerti, akan membuat pembaca betah berlama-lama membuka blog Anda. Struktur konten juga penting, Buatlah konten dengan menggunakan sub heading. Sub heading adalah sub judul. Bentuknya berupa poin-poin. Dengan adanya sub heading, pembaca akan mudah mengetahui poin-poin yang disampaikan pada artikel tersebut.

konten yang enak dibaca
konten yang enak dibaca

 

Konten yang Bisa dibagikan

Konten blog yang bisa dibagikan adalah yang isinya bermanfaat atau diperlukan oleh banyak orang. Konten seperti ini akan mudah disebarluaskan ke berbagai media sosial. Dengan demikian, blog Anda makin dikenal masyarakat. Kalau sudah begitu, akan semakin banyak orang yang menunggu konten Anda selanjutnya. Blog Anda pun berpotensi semakin ramai pengunjung.

 

Konten yang Mudah diingat

Ketika konten blog mudah dibaca, kalimatnya mudah dimengerti, dan isinya bermanfaat untuk dibagikan, blog Anda akan mudah diingat. Karenanya, hindari membuat konten yang mudah dilupakan. Isilah konten dengan hal-hal yang diperlukan, bisa dipelajari, dan bisa disimpan sebagai pelajaran.

konten yang mudah diingat

Berikan informasi yang akurat

Jangan asal saja dalam membuat konten blog. Buatlah konten yang informasinya akurat. Sebelum menulis, buatlah riset kecil-kecilan. Cari info yang benar seputar tulisan yang akan dibuat. Mencari informasi ini juga tidak bisa asal saja. Sebaiknya cari di situs-situs terpercaya atau buku-buku penunjang. Ingatlah bahwa konten blog Anda bisa saja dijadikan rujukan oleh orang lain. Jadi, jangan pernah memberikan info yang diragukan kebenarannya.

riset konten

 

Berikan jawaban atau solusi

Biasanya orang membuka internet bertujuan mencari jawaban atas sesuatu yang diperlukan. Jika blog Anda memuat jawaban-jawaban atau solusi atas berbagai masalah, orang akan betah berlama-lama membaca tulisan-tulisan Anda. Jadi, buatlah konten yang memberi jawaban atau solusi bagi banyak orang.
Contohnya, cara membuat paspor untuk anak. Jelaskan dokumen apa saja yang diperlukan, perlukah anak ikut hadir saat pembuatan paspor, dan ketentuan-ketentuan lain.

buat konten yang memberikan solusi

Konten tidak harus selalu panjang

Membuat konten blog yang baik, tidak harus selalu panjang. Cukup 500 – 700 kata, yang penting isinya bermanfaat. Jangan bertele-tele saat membuat tulisan, tapi buatlah langsung ke inti temanya. Konten yang terlalu bertele-tele justru akan membuat pembaca bosan dan langsung pergi dari blog Anda.
Jaga juga agar tiap paragrafnya tetap pendek-pendek. Satu paragraf hanya terdiri atas 2 – 3 kalimat.
Tujuan pembuatan paragraf pendek adalah agar pembaca dapat langsung menyerap informasi dengan cepat.
Adanya paragraf pendek-pendek ini juga menyisakan bagian latar belakang blog yang berwarna putih, sehingga blog tetap tampak bersih.

menulis konten

 

Komunikasikan dengan baik

Tulisan blog adalah alat komunikasi. Karenanya, membuat tulisan yang baik untuk konten blog berarti membuat tulisan yang bisa mengomunikasikan dengan pembaca. Sampaikan info dengan baik. Lengkapi dengan alat penunjang komunikasi yang lain, seperti video, gambar, atau grafis.
Tambahan informasi berupa tampilan visual ini akan membuat isi blog lebih mudah sampai ke pembaca. Selain itu, orang cenderung lebih mudah mengingat sesuatu jika disampaikan melalui visual.
Pembaca pun merasa lebih terhibur karena tampilan blog yang indah karena ada konten visual tersebut.

 

Ciptakan konten yang memancing interaksi

Cara membuat tulisan yang baik selanjutnya adalah mengusahakan agar isi konten dapat memancing interaksi pembaca. Misalnya berupa tulisan yang menghibur, informatif, menyajikan sesuatu yang baru, penilaian terhadap sesuatu, pandangan terhadap sesuatu yang sedang viral.
Kunci dalam membuat konten yang dapat memancing interaksi adalah, buatlah konten yang bisa membuat pembaca bertanya-tanya. Dengan demikian, pembaca akan ikut memberikan komentar sehingga terciptalah diskusi di kolom komentar blog Anda.

konten yang menarik interaksi

 

Buat konten secara rutin

Setelah mengetahui dan mempraktikkan cara membuat tulisan yang baik untuk konten blog, sekarang saatnya Anda menulis dengan rutin. Blog yang diisi secara berkala akan terasa hidup. Para pembaca pun akan semakin banyak, karena banyak hal yang bisa didapat dari blog tersebut.
Kondisi ini menguntungkan, sebab, semakin ramai blog, akan semakin dipercaya oleh mesin pencari. Jika trafic sudah tinggi, Anda akan semakin mudah memonetesasi blog, sehingga menjadi sumber penghasilan tambahan.

Cara membuat tulisan blog yang baik mungkin agak terasa ribet. Namun, semuanya bisa dipelajari satu per satu dan perlahan-lahan, sampai Anda terbiasa. Selamat membut konten!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − five =