Cara Membuat Blog yang Mudah dan Menarik

4 min read

Banyak orang yang belum tahu cara membuat blog. Padahal, di era serbadigital ini, hampir semua hal harus bisa ditemukan di dunia maya. Bisnis sederhana, toko online, atau branding personal, membutuhkan blog atau website, agar mudah dicari dan dikenal oleh masyarakat luas.

Sebelum melangkah ke cara membuat blog yang mudah dan menarik, pahami dahulu manfaat blog di bawah ini.

Manfaat Blog

Blog adalah platform yang  bisa diisi dengan segala macam hal tentang produk atau hal pribadi. Dengan menggunakan blog, Anda bisa mempromosikan bisnis yang sedang Anda kelola. Blog hampir sama dengan media sosial, tapi membuat Anda lebih leluasa menuliskan berbagai hal. Blog memberikan berbagai manfaat, baik untuk Anda pribadi maupun bisnis yang sedang dijalankan. Inilah beberapa manfaat blog:

Sebagai wadah untuk mengembangkan diri

Kekuatan blog ada pada tulisan. Dengan adanya blog, Anda bisa latihan menulis untuk menyampaikan ide-ide. Jika dikelola dan dikembangkan dengan baik, blog bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Terlebih jika tulisan Anda disukai dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Sarana untuk mengenalkan produk

Anda memiliki bisnis online? Kalau begitu, blog bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan produk. Tulislah segala sesuatu tentang produk Anda, agar masyarakat tahu seluk beluk produk tersebut. Buat artikel-artikel yang bermanfaat, sehingga orang senang membaca blog Anda. Jadi, blog akan ramai pengunjung. Blog yang ramai pengunjung, bisa mengajukan pemasangan iklan, yang akan menambah penghasilan.

Agar lebih sering muncul di mesin pencari

Apa pun yang Anda buat di blog, akan masuk ke dalam mesin pencari. Semakin sering Anda membuat konten tentang sesuatu, akan semakin sering juga sesuatu itu muncul di halaman pencarian, ketika orang mencarinya. Oleh karena itu, bisa dikatakan, blog sangat membantu menyebarluaskan informasi. Juga, membuat informasi mudah dan cepat sampai ke masyarakat.

blogger

Cara Membuat Blog

Anda bisa membuat blog sendiri. Sebab, caranya sangat mudah. Pada saat membuat blog, yang dibutuhkan adalah ketekunan dan ketelitian dalam mengikuti langkah-langkahnya. Mulai coba, yuk!

Memilih niche blog

Niche adalah tema tertentu yang Anda pilih untuk mengelola blog. Pada intinya, niche merupakan tema tulisan yang akan Anda buat selama blog ini ada. Misalnya, niche tentang kuliner, maka isi blog Anda sampai kapan pun akan berisi tentang dunia kuliner. Niche tentang teknologi, berarti tulisan, foto, dan video yang dimuat di blog adalah seputar teknologi.

Niche bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tujuan Anda membuat blog adalah untuk promosi bisnis, maka isinya sesuaikan dengan bisnis tersebut. Apabila Anda ingin melakukan personal branding, isi dengan aktivitas Anda, tentunya yang bisa membuat branding Anda berhasil.

Tentu saja Anda boleh tidak memilih niche. Artinya, Anda boleh saja mengisi blog dengan tema yang beragam dan tidak hanya satu bidang. Hal ini terutama ketika Anda membuat blog untuk belajar menulis, ingin menggunakan blog sebagai catatan harian pribadi, atau menulis hal-hal lain yang tidak harus tema yang sama.

Memilih platform blog

Ada beberapa platform blog yang direkomendasikan untuk saat ini. Beberapa platform itu adalah WordPress, Blogspot, Joomla, dan Drupal. Semua platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada platform yang mudah digunakan untuk pemula tetapi agak lebih sulit muncul di mesin pencari. Ada juga platform yang memiliki menu, fitur, atau plugin lengkap, tetapi agak sulit digunakan oleh pemula. Persamaan dari semua platform ini adalah, Anda harus menginstal dan memelajari cara-cara penggunaannya, dari awal instal hingga siap digunakan.

Anda menginginkan blog gratis? Silakan instal salah satu (atau mungkin semua) platform blog tersebut. Namun, jika Anda ingin membuat blog berbayar yang lebih profesional dan detil, harus bisa memelajari hal yang sedikit rumit untuk menginstalnya, dari awal hingga siap digunakan. Jangan lupa, tentukan nama domain dan pilih hosting.

Siapkan nama alamat atau domain

Blog ibarat rumah yang beralamat. Platform adalah rumahnya, dan nama blog adalah alamatnya. Jadi, siapkan nama blog yang benar dan sesuai dengan tujuan Anda. Jangan sampai salah menuliskan nama blog, karena inilah alamat blog yang akan selalu dibagikan ke mana-mana. Nama blog tidak dapat diganti, kecuali jika Anda ingin mengganti dengan blog yang baru.

Apabila Anda membuat blog berbayar, maka harus memesan hosting dan domain. Ibarat tempat tinggal, hosting adalah rumahnya dan domain adalah alamatnya. Anda bisa memesan sendiri hosting dan domain, lalu menginstall dan melakukan setting sendiri.

Tidak ingin ribet dan pusing dalam menyiapkan blog berbayar? Pesan saja langsung pada platform penyedia layanan pembuatan blog, seperti Gapura Hoster. Platform ini menyediakan blog atau web yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda hanya perlu menyampaikan tentang platform blog yang ingin digunakan, theme, desain, layout, dan nama domain. Anda tidak perlu repot melakukan install dan setting sendiri, karena semua dilakukan oleh tim Gapura Hoster. Anda tinggal mengisi blog dengan konten yang diinginkan.

Install dan masuk ke area admin

Ketika sudah selesai menginstal blog gratisan atau sudah selesai memesan blog berbayar, Anda sudah bisa masuk ke area admin, lalu melakukan setting. Misalnya, memilih plugin atau fitur yang dibutuhkan. Anda juga bisa mengutak-atik tampilan blog, terutama theme, plugin, dan layout. Anda pun bisa langsung melakukan posting blog, mengisi blog dengan konten yang diinginkan.

copywriting
copywriting

Cara Agar Blog Lebih Menarik

Setelah berhasil membuat blog, sekarang saatnya Anda mempercantiknya. Blog yang menarik akan membuat para pembaca senang berkunjung. Jika banyak pengunjung, blog akan semakin mudah muncul di halaman pencarian.

Apa saja yang harus dilakukan agar blog menarik? Simak di bawah ini, ya!

Pilih template

Template tersedia secara gratis ketika Anda membuat blog gratisan. Template bukan sekadar tampilan blog, tetapi juga warna, layout, dan bentuk serta ukuran font. Template juga berpengaruh pada kecepatan akses blog. Pilih-pilihlah template yang responsif agar mudah diakses. Pilih juga template blog yang dilengkapi fitur navigasi agar memudahkan pembaca dalam mengakses artikel-artikel Anda. Pastikan juga template blog Anda menyediakan tombol share media sosial agar semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda.

Pasang menu dan widget

Menu adalah navigasi yang mengantar pembaca menuju kategori tulisan yang telah Anda buat. Dengan adanya navigasi, pembaca jadi mudah menjelajah di blog Anda. Widget juga wajib dipasang. Widget adalah tombol-tombol yang memudahkan pembaca dalam mencari sesuatu di blog Anda. Misalnya, widget about me, search bar, dan recent post. Bisa saja suatu saat ada  agensi atau brand yang mengajak Anda bekerja sama dengan menggunakan blog. Nah, tombol-tombol tersebut penting untuk memudahkan mereka memeriksa atau menilai blog Anda.

Perhatikan konten blog

Inilah hal yang paling penting. Bagaimanapun bagusnya tampilan blog, kalau tidak diimbangi dengan konten yang bagus, blog Anda akan kurang diminati. Tujuan pembaca membuka blog Anda adalah karena membutuhkan informasi yang berguna. Jika isi blog dibuat asal saja, bagaimana orang mau tertarik membaca?

Jadi, buatlah konten blog yang bermanfaat. Cari ide yang bagus. Apabila blog Anda memiliki niche, konsistenlah dalam membuat konten yang sesuai niche. Buat konten blog berupa tips, misalnya tips memilih pakaian untuk orang bertubuh besar atau terlalu kecil, tips mengatur keuangan ala mahasiswa, cara memasak daging agar cepat empuk.

Cara membuat blog yang mudah dan menarik, bisa dipelajari sendiri. Awalnya mungkin terasa membingungkan, tapi setelah ditekuni, akan mengasyikkan. Selanjutnya, bersenang-senanglah dalam mengisi konten blog!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *