Cara Melakukan Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

3 min read

Instagram marketing sudah banyak digunakan untuk menjalankan bisnis. Pada saat ini instagram memang menjadi media sosial yang ramai. Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki akun Instagram. Hinga saat ini ada satu milyar pengguna Instagram. Setiap harinya, ada 60 juta foto diunggah di platform tersebut dan mendapat like sejumlah 1,6 milyar.

Pihak Instagram pun terus menambah fiturnya dan memperbarui fitur yang sudah ada, sehingga semakin banyak pengguna yang menyukai media sosial yang satu ini.  Oleh karena itu, para pelaku bisnis memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produknya. Terlebih, sejak 2016 lalu, Instagram mencipatakn fitur Instagram for business. Semakin besarlah peluang Anda dalam dalam mendapatkan pelanggan, dengan memasarkan produk di media sosial ini.

Seperti media sosial yang lain, Instagram memiliki keunikan tersendiri. Anda perlu memelajari fitur-fiturnya seperti posting foto, posting video, Instagram TV, caption, followers, dan hashtag. Ketika Anda sudah mengubah setting akun menjadi Instagram bisnis, akan banyak lagi fitur yang memudahkan untuk berjualan, seperti insight, archieve, dan lain-lain. Anda pun bisa mengiklankan produk melalui Instagram, dengan cara berbayar.

Lalu, bagaimana melakukan instagram marketing agar bisnis Anda lebih berkembang? Simak di bawah ini!

Gunakan foto profil dan nama akun yang representatif

Nama akun ibarat nama diri. Melalui nama akun inilah bisnis Anda akan dikenali. Jadi, gunakan nama yang mudah dibaca dan diucapkan. Selain itu, gunakan nama akun yang sama pada semua media sosial Anda. Tujuannya adalah agar nama bisnis Anda mudah dicari. Perhatikan juga foto profil. Gunakan foto yang merepresentasikan Anda atau produk yang Anda jual. Misalnya, foto logo brand atau foto produk. Foto profil yang jelas seperti ini akan meningkatkan rasa percaya calon pelanggan terhadap bisnis Anda.

Cantumkan identitas di bio

Pada Instagram, di bagian profil, ada fitur bio. Isi bio dengan identitas yang berhubungan dengan bisnis Anda, seperti keterangan singkat tentang bisnis, nomor kontak untuk memesan produk, serta alamat website. Jangan lupa, selalu perbarui isi website, karena di sinilah terbuka kesempatan untuk mempromosikan produk.

Posting foto yang berkualitas

Instagram adalah media sosial yang menggunakan kekuatan visual. Banyak orang yang menyukai Instagram karena sangat memanjakan mata. Oleh karena itu, foto menjadi kekuatan utama. Postinglah foto berkualitas, baik dari segi ketajaman maupun keindahan gambarnya. Gunakan properti foto agar tampilan produk lebih menarik. Anda bisa memotret menggunakan kamera ponsel, karena ponsel pintar masa kini juga sudah memiliki kamera yang hasil fotonya tidak kalah dengan kamera mirrorless, asalkan Anda memahami dan menggunakan fitur-fiturnya dengan baik.

 

 

Buat konten yang bertema

Instagram marketing selanjutnya adalah membuat konten foto. Buatlah konten foto yang bertema, sesuaikan dengan produk bisnis Anda. Sebagai contoh, jika produk Anda adalah frozen food, buatlah konten foto dengan tema makanan praktis. Konten bukan berarti harus selalu berupa produk yang Anda jual, tapi selingi dengan informasi-informasi yang edukatif, seputar makanan. Carilah ide konten agar isi Instagram Anda bervariasi dan menarik. Jika Anda memiliki budget, pakailah jasa fotografer untuk memotret produk. Semakin menarik foto yang diunggah, semakin banyak calon pelanggan yang mempertimbangkan untuk membeli produk Anda.

Gunakan caption yang bermanfaat

Instagram memiliki fitur caption, yaitu tempat Anda bisa membubuhkan keterangan. Isilah dengan caption yang bermanfaat, yaitu sesuatu yang dibutuhkan oleh calon pelanggan. Caption bisa berupa informasi yang berkaitan langsung dengan produk, bisa juga hal lain tetapi masih ada hubungannya dengan produk. Para pengguna Instagram senang jika caption bermanfaat, dan pada akhirnya, yang awalnya tidak berniat membeli produk, mungkin saja jadi membeli produk Anda.

Gunakan hashtag yang sesuai

Hashtag atau tanda pagar digunakan untuk menandai suatu tema foto yang diunggah di Instagram. Dengan adanya hashtag, foto yang Anda posting di Instagram jadi lebih mudah dicari. Hashtag juga membuat jangkauan foto Anda menjadi semakin luas, sehingga lebih banyak orang yang tahu produk Anda. Gunakan hashtag yang sesuai dengan produk yang ditampilkan. Anda bisa mencari hashtag dengan melihat-lihat postingan orang lain yang sama temanya dengan postingan Anda. Adanya hashtag adalah kelebihan instagram marketing dibandingkan dengan marketing menggunakan media sosial lainnya.

Perhatikan waktu posting

Jika sudah mengganti setting menjadi Instagram for business, Anda bisa melihat waktu ketika follower Anda sedang online atau sedang membuka Instagram. Ada waktu tertentu di mana follower yang sedang online berada di jumlah paling banyak. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengunggah foto. Semakin banyak followers yang sedang online, semakin banyak pula orang yang melihat foto Instagram Anda. Itu berarti semakin ebsar juga peluang produk Anda dibeli.

Manfaatkan Instagram story

Instagram story adalah fitur yang bisa memunculkan foto atau video, yang masa tayangnya hanya selama 24 jam. Semua Instagram story muncul di barisan paling atas tampilan Instagram. Post Instagram story ada di deretan paling atas tampilan Instagram. Post yang paling baru selalu berada di bagian paling kiri deretan tersebut, sehingga seluruh followers Anda tahu bahwa Anda baru saja memasang Instagram story. Fitur ini dapat Anda manfaatkan sebagai Instagram marketing, untuk mempromosikan produk yang dijual. Banyak orang yang lebih senang melihat Instagram story daripada Instagram feed. Jadi, peluang Anda dalam mengenalkan produk pun semakin besar.

Tentukan gaya sendiri

Ada berapa pelaku bisnis yang memiliki produk yang sama dengan Anda? Tentu saja banyak. Itu berarti Anda memiliki banyak pesaing. Namun, Anda bisa tampil beda dengan cara mencari kelebihan dari produk yang Anda miliki. Perbedaan inilah yang akan menjadi nilai tambah sehingga lebih unggul dibandingkan produk sejenis lainnya. Dalam memasang foto di Instagram juga usahakan untuk menentukan gaya Anda sendiri. Buat ciri khas yang berbeda, misalnya pada setiap foto produk selalu menggunakan properti tertentu. Menggunakan gaya sendiri akan membuat produk Anda lebih mudah dikenal dan Instagram marketing menjadi lebih berhasil.

Follow banyak akun

Begitu sudah memiliki akun Instagram, follow-lah banyak akun. Sisi positif dari mem-follow banyak akun adalah, akun-akun yang Anda follow akan mencari tahu siapa Anda. Pada akhirnya mereka akan membuka dan melihat-lihat akun Anda. Di sinilah kesempatan agar akun Anda dan isinya diketahui lebih banyak orang. Ini kesempatan pula bagi Anda untuk mendapatkan follower. Sebab, orang yang Anda follow, biasanya akan mem-follow balik.

Tingkatkan jumlah follower

Semakin banyak jumlah follower, semakin banyak pula orang yang melihat produk Anda. Itu berarti lebih besar pula peluang produk akan dibeli. Di atas sudah disampaikan bahwa salah satu cara menambah follower adalah dengan mem-follow akun Instagram lain. Cara lain, buatlah giveaway dengan syarat para peserta harus mem-follow akun Instagram Anda. Meningkatkan jumlah follower juga bisa dilakukan dengan cara menyebar link Instagram Anda di lingkungan pertemanan untuk saling follow.

Bekerja sama dengan influencer

Di Instagram banyak orang yang memiliki banyak follower. Mereka pun ada yang berprofesi sebagai influencer. Pekerjaannya adalah mempromosikan produk orang lain agar penjualan lebih meningkat. Kekuatan dari para influencer ini menjadi salah satu cara Instagram marketing yang efeknya lumayan bagus. Jadi, siapkan budget untuk bekerja sama dengan influencer dalam mempromosikan bisnis Anda.

 

Sekarang semakin banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram marketing untuk mengembangkan bisnisnya. Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *