Cara Cepat Mendapatkan Klien untuk Jasa Pembuatan Website

3 min read

Jasa pembuatan website adalah pekerjaan yang masih akan terus dicari oleh banyak orang atau perusahaan. Profesi yang satu ini sangat dibutuhkan seiring meningkatnya kebutuhan performa di era digital. Ketika Anda sudah mahir membuat website, hal penting yang harus dipikirkan adalah cara mendapatkan klien. Bagaimanapun, jumlah klien akan sangat menentukan kelangsungan bisnis ini. Di sisi lain, mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website, memerlukan trik khusus. Di luar sana, sudah sangat banyak jasa pembuatan website. Itu berarti Anda harus melaksanakan kiat-kiat khusus agar bisa mendapatkan lebih banyak klien.

Ada beberapa cara cepat dalam mendapatkan jasa pembuatan website, yaitu:

Tentukan target pasar

Target pasar ini sangat penting, karena Anda harus membidik pasar sesuai sasaran. Tentukanlah, Anda akan menyasar di pasar kalangan bawah, menengah, atau atas. Apabila sudah menentukan target pasar, Anda akan lebih mudah dan fokus dalam memasarkan jasa website. Biaya promosi pasar yang sudah lebih tertarget juga akan lebih murah karena lebih tepat sasaran. Menentukan target pasar juga bisa dijadikan sebagai strategi langkah awal. Misalnya, Anda menentukan target pasar kelas bawah. Perlahan-lahan tingkatkan kualitas produk lalu menyasar pada pasar kelas menengah dan atas. Lakukan pengembangan usaha. Tingkatkan, misalnya dari pasar lokal ke pasar internasional. Selanjutnya, Anda bisa mengelompokkan pelanggan berdasarkan tingkat pasarnya. Jadi, Anda bisa menguasai berbagai tingkat pasar.

seo service
seo service

Sediakan semua kebutuhan klien

Dalam menjual jasa pembuatan website, sediakan semua yang dibutuhkan oleh pelanggan. Anda tidak mungkin hanya menyediakan jasa hosting, sementara, kebutuhan pelanggan akan website juga termasuk domain, koneksi internet, dan pemeliharaan website. Biasanya pelanggan akan lebih memilih tempat jasa pembuatan website yang lengkap, satu paket. Terlebih, tidak semua pelanggan mengerti kebutuhannya. Mereka akan memesan jasa pembuatan website yang sudah bisa online dan langsung menggunakannya. Memang, koneksi internet biasanya pelanggan membeli sendiri di tempat lain. Namun, jika Anda menyediakan juga paket pembuatan website yang sudah termasuk koneksi internetnya, akan menjadi nilai tambah di mata pelanggan.

Lengkapi website dengan blog

Dalam rangka mempromosikan jasa website, tentunya Anda memiliki website sendiri. Di sini Anda bisa “menjajakan barang dagangan”. Website untuk berjualan seperti ini biasanya hanya berupa “etalase” atau web statis yang mengenalkan produk-produk yang Anda jual. Mulai saat ini, lengkapilah website Anda dengan blog. Berbeda dengan web yang statis, blog bersifat dinamis, dalam arti, harus diisi secara berkala. Isilah blog ini dengan artikel yang bermanfaat bagi calon pelanggan. Dengan adanya artikel-artikel seperti ini, pelanggan akan mendapatkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi. Anda pun berarti telah memberikan nilai tambah pada calon pelanggan. Selain itu, blog yang rutin di-update, akan membuatnya lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

copywriting
copywriting

Promosikan di media sosial

Berbicara tentang mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website, tidak bisa dilepaskan dari media sosial. Website dan media sosial ibarat satu kesatuan yang sama-sama dibutuhkan banyak kalangan. Jadi, promosikan usaha jasa pembuatan website Anda melalui media sosial. Promosi dengan cara ini tidak memerlukan biaya. Semua media sosial dapat digunakan secara gratis. Keuntungan lain, platform ini digunakan oleh hampir semua orang. Dengan demikian, promosi Anda akan cepat sampai ke masyarakat. Peluang untuk mendapatkan klien pun semakin besar.

Bekerja sama dengan influencer

Di antara banyaknya pengguna media sosial, sebagian besar berprofesi sebagai influencer. Para influencer ini umumnya memiliki banyak pengikut dan biasanya para pengikut tersebut mudah meniru atau mengikuti segala sesuatu tentang influencer itu. Misalnya, influencer memakan produk A, maka setelah itu banyak pengikutnya yang memakai produk A juga. Manfaatkan fenomena ini untuk mempromosikan jasa pembuatan website yang Anda jalankan. Ajak kerja sama para influencer tersebut. Pilih influencer yang cocok dengan bidang usaha Anda, lalu tawarkan pekerjaan untuk mempromosikannya. Anda bisa membayarnya dengan uang atau barter dengan membuatkan website untuk mereka.

Tawarkan jasa gratis

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website gratis pada beberapa pelanggan. Hal ini akan menciptakan promosi dari mulut ke mulut. Setelah itu, mintalah mereka mer-review di media sosial agar tercipta promosi di dunia maya. Mungkin saja lingkaran pertemanan mereka ada yang tertarik menggunakan jasa website Anda. Dengan demikian, promosi pun menjadi getok tular yang tidak memerlukan banyak biaya.

Kirimkan email penawaran

Dalam mencari pelanggan, jangan tanggung-tanggung. Lakukan berbagai hal yang mungkin bisa mendatangkan pelanggan. Salah satunya adalah mengirimkan email penawaran ke berbagai pihak. Pada masa serbadigital seperti saat ini, semua instansi atau institusi pasti memerlukan website. Anda jadi lebih leluasa menawarkan jasa pembuatan website kepada kantor swasta, pemerintahan, dinas sosial, hingga perorangan. Calon pelanggan juga lebih senang mendapatkan penawaran melalui email dibandingkan dengan media lain. Anda boleh saja mengirimkan email penawaran langsung ke banyak alamat, tetapi pastikan untuk menuliskan alamat dan kata sapa masing-masing contact person instansi yang dikirimkan. Hal ini untuk menjaga etika dalam berkomunikasi.

Aktif di berbagai forum atau komunitas

Forum dan komunitas dapat memperluas pergaulan Anda. Orang-orang yang memiliki usaha jasa pembuatan website wajib bergaul untuk mengembangkan usahanya. Aktiflah dalam forum atau komunitas tersebut. Sesekali, Anda bisa membuat thread atau membuka diskusi tentang jasa pembuatan web. Dengan demikian semakin banyak orang tahu bahwa Anda ahli di bidang tersebut. Rangkul lebih banyak orang agar mereka tertarik menggunakan jasa Anda. Namun, perlu diingat. Lakukan secara soft selling. Sebab, jika Anda promosi berlebihan, justru berpotensi dikeluarkan dari forum atau komunitas tersebut.

Memberikan webinar tentang pembuatan website

Mumpung masih masa adaptasi kebiasaan baru, Anda bisa mengadakan pertemuan online dalam bentuk webinar. Pertemuan ini dalam rangka memanfaatkan perangkat digital yang sedang marak, untuk keperluan mempromosikan usaha yang Anda geluti. Buatlah webinar gratis yang isinya tentang memberikan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi terkait keperluannya akan website. Tampillah di muka umum sebagai orang yang benar-benar ahli dalam menjawab kebutuhan banyak orang. Berikan informasi yang sesuai dengan keinginan peserta. Selenggarakan webinar ini secara gratis agar semakin banyak orang yang tahu jasa yang Anda tawarkan. Batasi jumlah peserta agar webinar dapat berjalan lancar. Apabila peserta melebihi kapasitas, buatlah webinar sesi selanjutnya. Promosi dalam bentuk webinar ini lebih praktis karena peserta bisa mengikuti dari mana pun mereka berada.

Hadiri acara atau pameran yang sesuai

Anda bisa menghadiri acara-acara atau pameran, dalam mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website. Datangilah acara dan pameran yang sesuai, seperti pameran digital, industri, atau UMKM. Di sini, Anda bisa berkenalan dengan banyak orang yang sangat mungkin membutuhkan jasa Anda. Cobalah berkenalan dengan orang-orang yang Anda temui dan tawarkan jasa Anda. Tanyakan kebutuhan mereka dan berilah solusinya. Sering kali orang-orang ini membutuhkan informasi dan panduan. Sebab, mereka butuh jasa Anda tetapi tidak tahu ke mana harus mencari solusi atau langkah apa yang harus dilakukan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Jika dilihat satu per satu cara di atas, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website dengan cepat. Anda hanya perlu tekun dan terus menerus berusaha. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *