Waranugraha Yogya - High Wizard @ Gapurahoster - Menyukai hal baru seputar teknologi, digital marketing & bisnis.

8 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Bisa anda Coba untuk menambah Pemasukan

3 min read

menjadi reseller & dropshipper produk

Sudah menjadi hal yang lumrah jika mahasiswa saat ini ingin memiliki penghasilan tambahan. Bagi sebagian mahasiswa, memiliki penghasilan tambahan bisa membantu memenuhi kebutuhannya.

Ada berbagai ide bisnis yang bisa dijalankan oleh seorang mahasiswa tergantung pada bakat dan minat yang dimilikinya. Beberapa ide bisnis tersebut diantaranya :

 

1. Membuka Jasa Penerjemah

Ide bisnis pertama yang bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah menjadi penerjemah. Anda bisa membuat sebuah blog kemudian menawarkan keahlianmu melalui postingan blog tersebut agar banyak kalangan yang membutuhkan terjemahan berupa tulisan bisa menghubungimu melalui kontak yang tersedia dalam blog tersebut.

jasa penerjemah bahasa onlineSupaya lebih ekonomis, gunakan web hosting murah dari Gapurahoster untuk membuat blog, mulai 98 rb pertahun saja anda sudah bisa memiliki blog sendiri.
nah berapa potensi penghasilannya?
Anda bisa mendapatkan penghasilan puluhan ribu rupiah per lembar atau per sekian ratus kata yang diterjemahkan. Tergantung sistem penghitungan tarif mana yang anda gunakan.

 

2. Menjadi Reseller ataupun dropshipper Brand Ternama

Menjadi seorang pebisnis bisa Anda mulai sejak dini selama menjadi mahasiswa dengan menjadi reseller dari produk brand ternama. Bukan rahasia lagi jika banyak kalangan mahasiswa yang lebih aware terhadap produk branded sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan dari bisnis ini jika Anda menjalankannya dengan konsisten baik secara offline maupun online.

menjadi reseller & dropshipper produk
Dengan menjadi Reseller ataupun dropshipper anda bisa mengantongi keuntungan puluhan hingga ratusan ribu per penjualan tanpa harus repot memproduksi barang & packing.
Tinggal terima orderan, terima transferan selanjutnya produsen / supplier yang mengurus.
Keuntungan lain anda dapat melakukan “pivot” alias beralih ke produk lain dengan mudah dan cepat jika merasa kurang cocok dengan produk yang anda pasarkan saat ini.

 

3. Membuka Jasa Titip Produk

Satu lagi bisnis online yang bisa dijalankan dengan mudah oleh mahasiswa yaitu membuka jasa titip produk. Yup, bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi seringkali dapat titipan dari teman – teman anda, nah ini adalah Peluang!
patok tarif jasa titip produk dari orang – orang yang titip produk kepada anda, jadi tidak hanya dapat capek & repot saja, tapi ada hasilnya.


Anda bisa mempromosikan jasa yang anda miliki melalui media sosial atau blog pribadi agar lebih banyak orang yang mengetahui bisnis ini. Mempromosikannnya secara
online juga menjadi salah satu peluang agar bisnis anda bisa lebih banyak dikenal di masyarakat luas.

 

4. Menjalankan Bisnis Online

Jika Anda termasuk mahasiswa yang memiliki modal yang cukup, maka tidak ada salahnya jika Anda membuka sebuah bisnis online dengan serius. Memproduksi produk kemudian memasarkannya melalui internet.

memulai bisnis online sendiri

Bisnis online ini bisa dijalankan di sela-sela waktu luangmu serta memiliki segudang strategi pemasaran canggih seperti digital marketing menggunakan blog dan media sosial, sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan untuk membantu menutupi pengeluaran sehari-harimu.

 

5. Membuka Jasa Desain

Bisnis yang bisa menambah penghasilan mahasiswa selanjutnya adalah bisnis jasa desain. Anda bisa menampilkan portofolio berupa desain-desain yang pernah Anda buat melalui blog atau website portfolio dengan web hosting untuk bisnis lalu menyebarkan link blog tersebut melalui berbagai platform sosial media agar orang-orang yang membutuhkan desain bisa menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Salah satu lini bisnis Gapurahoster yaitu Instanesia dirintis dari tim yang memang menyukai desain & memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan dari jasa desain yang dimiliki.

Instanesia jasa desain grafis profesional

Jika Anda butuh penyedia web hosting terbaik dan harganya terjangkau, Anda bisa mengunjungi gapurahoster.co.id. GapuraHoster menyediakan beragam paket dengan harga yang murah, mulai dari starter, medium, hingga bisnis. Tidak hanya itu saja, customer support dari GapuraHoster akan tersedia dalam 24/7. Jadi, kalau Anda ada masalah, GapuraHoster siap menyelesaikannya.

 

6. Membuka Jasa Penulis Lepas

Jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa memang mayoritas termasuk dalam jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di sela-sela waktu luang. Salah satu bisnis tersebut adalah bisnis jasa penulis lepas.

jasa penulisan artikel lepas

Anda yang memiliki bakat di dunia literasi bisa membuka blog untuk menampilkan berbagai karya tulis yang Anda buat dan menyebarkannya ke berbagai sosial media untuk menarik konsumen. Penghasilan yang Anda terima dari bisnis ini juga cukup beragam tergantung kualitas dan kesepakatan yang ada, dari puluhan ribu sampai ratusan ribu per tulisan.

 

7. Jasa pembuatan Web dan Blog

Bisnis yang satu ini sangat cocok digeluti para mahasiswa jurusan IT, yaitu menawarkan jasa pembukaan web dan blog. Anda bisa bekerjasama dengan berbagai programmer dan developer berkualitas untuk menyediakan program berkualitas tinggi bagi berbagai kalangan seperti kalangan pengusaha.

Jasa pembuatan website profesional Globalcybermedia

Pendapatan dari jasa pembuatan website dan blog terhitung cukup tinggi, anda bisa mendapatkan jutaan rupiah per order dari bisnis ini.

 

8. Youtuber, Tiktokers & selebgram

Siapa yang tidak kenal dengan profesi Youtuber, Tiktokers & selebgram?  Bahkan profesi – profesi tersebut saat ini menjadi cita – cita anak muda kebanyakan.
nah jika anda memiliki sesuatu yang menarik untuk dibagikan, anda bisa menyalurkannya melalui media Youtube, tiktok atau Instagram. Tidak melulu harus bersifat hiburan & senang – senang saja, namun konten bermanfaat seputar keilmuan, tips & trik hingga hobi dapat anda posting & menghasilkan.
Penghasilan yang anda dapatkan bisa berasal dari adsense, endorse, kelas online, donasi ataupun dari afiliasi produk.
Ini dia salah satu contoh Youtuber yang mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber diatas : https://bit.ly/3cm6nd7

Nah, Itulah beberapa ide bisnis yang bisa digeluti oleh kalangan mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hampir setiap bisnis saat ini bisa dilakukan secara online sehingga para mahasiswa juga tidak akan kesulitan untuk membesarkan bisnisnya.

Dengan menggunakan berbagai strategi seperti membuat blog dengan web hosting untuk bisnis yang profesional, Anda bisa membangun bisnismu sendiri hingga sukses. Anda hanya perlu membeli web hosting dari developer atau programmer berkualitas untuk mendapatkan tampilan dan kualitas blog yang tinggi. Dengan menggunakan blog berkualitas tinggi, bisnismu akan lebih mudah dikenal dan diminati berbagai kalangan. 

Waranugraha Yogya - High Wizard @ Gapurahoster - Menyukai hal baru seputar teknologi, digital marketing & bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 8 =