Waranugraha Yogya - High Wizard @ Gapurahoster - Menyukai hal baru seputar teknologi, digital marketing & bisnis.

11 Istilah dalam Bisnis online yang perlu anda Ketahui

3 min read

11 Istilah dalam Bisnis online yang perlu anda Ketahui

Bisnis online merupakan salah satu trend bisnis yang muncul setelah adanya Internet.  Selama ada smartphone, komputer / laptop dan koneksi internet semua orang bisa melakukannya, tidak ada lagi alasan tidak punya modal untuk sewa ruko atau kios.  Anda bisa memanfaatkan social media, marketplace online ataupun website sebagai lapak jualan. Cukup modal web hosting murah, anda sudah memiliki toko online sendiri di Internet. 

Nah, berbicara tentang  bisnis online, akan ada beberapa istilah baru yang mungkin akan anda temui ketika berkomunikasi dengan rekan sesama penjual / pebisnis online ataupun dengan para pembeli seperti COD, profit, dropship, reseller & sebagainya.

Mari kita simak 11 istilah dalam bisnis online yang perlu anda ketahui agar tidak bingung ketika bertransaksi nantinya.

 

– Profit

Istilah satu ini merupakan terjemahan bahasa asing dari (keuntungan), dalam menjalankan bisnis tentu kita sebagai pengusaha harus mampu untuk melihat keuntungan dalam sebuah produk. Seperti misalnya dalam menjalankan bisnis online, strategi memasarkan produk dengan menggunakan situs merupakan hal yang sering digunakan oleh para pegiat bisnis saat ini.

 

– Omzet / Omset

Omzet adalah istilah untuk total penjualan. Mungkin anda pernah mendengar orang berbicara “omzet 100 juta / bulan”, “Omzet 1 Milliar Perbulan” dsb. Nah omset ini adalah hasil penjualan kotor, artinya belum ada pemisahan antara hasil penjualan dengan keuntungannya. Misalkan Omzet 100 jt perbulan, bisa jadi keuntungan / profitnya hanya 30 atau 40 juta.

 

– COD ( Cash on delivery )

Istilah satu ini lazim digunakan dalam dunia bisnis online, konsep cash on delivery atau COD membuat pembeli bisa membayar secara tunai saat barang sudah sampai. Misalnya saat pembeli akan membeli produk di sebuah situs penjualan online, pembeli tidak harus membayar secara langsung. Namun bisa membayar secara tunai saat barang tiba. Ada 2 pengartian COD yang ada di masyarakat. yang pertama COD diistilahkan untuk transaksi jual beli antara pembeli dan penjual yang dilakukan di tempat yang disepakati bersama, misalkan COD di cafe artinya penjual dan pembeli ketemuan di cafe kemudian bertransaksi disana.  Nah COD yang kedua adalah istilah untuk transaksi jual beli dimana pembeli membayar setelah barang sampai ditangannya, dimana pembayaran biasanya diserahkan kepada kurir yang mengirimkan barang ketangan pembeli.

 

 – PCB ( Pantau Cocok Bayar )

PCB adalah singkatan dari “Pantau Cocok Bayar” , mirip dengan COD dimana penjual dan pembeli bertemu kemudian mengecek / mengetes barang, negosasi kemudian bertransaksi.  Nah bedanya PCB biasanya dilakukan di tempat yang ditentukan oleh penjual misalkan di rumah atau toko si penjual.

 

Dropship

Sebuah istilah yang memiliki konsep penjual tidak harus memiliki stok atau menyimpan barang terlebih dahulu, hanya menerima produk dari supplier disebut dengan konsep dropship. Konsep ini sering kali digunakan karena tidak memiliki kesulitan dalam cara kerjanya, namun komunikasi yang baik harus dibangun antara dropshipper ( pelaku dropship) dan supplier (penyedia barang).

 

– Reseller

Reseller adalah istilah untuk para penjual yang mengambil produk ataupun jasa dari produsen , supplier , agen ataupun penjual lain kemudian menjualnya kepada pembeli lain. Berbeda dengan Dropship, umumnya reseller perlu melakukan stok produk dengan membeli produk terlebih dahulu untuk dijual lagi.

 

Trusted seller

Trusted seller biasanya disematkan kepada seller / penjual yang memiliki reputasi baik dalam bertransaksi, baik proses transaksi yang lancar tanpa drama masalah, kejujuran bertransaksi ataupun Produk / jasa yang dijual sesuai apa yang disampaikan / ditampilkan pada toko onlinenya.

 

– Recomended Seller

Recomended Seller biasanya status yang disematkan pada penjual yang direkomendasikan, bisa dari sisi kualitas produk / jasa , kejujuran bertransaksi , cara melayani pelanggan hingga kualitas respon pelanggan / support. Status ini biasanya disebutkan oleh para pelanggan kepada penjual produk atau jasa, jadi bukan klaim sepihak dari penjual / sellernya saja.
Pada beberapa situs yang menyediakan media bertransaksi untuk para penggunanya seperti marketplace atau forum biasanya memiliki badge Recomended seller kepada para seller / penjual yang memiliki reputasi baik untuk membantu calon pembeli baru ketika akan mencari produk ataupun jasa di medianya.

 

– Restock

Bila istilah ready stock dikenal dengan arti bahwa toko memiliki stok produk untuk dijual, sedangkan istilah restock memiliki arti bahwa stok di toko sedang kosong dan sedang dalam proses produksi ulang. Maka dari itu pembeli belum bisa meminta barang yang diinginkan.

 

Sold out

Bila restock memiliki arti bahwa toko sedang memproduksi ulang barang, istilah sold out mengacu pada produk dalam toko habis terjual. Maka tidak ada produk tersisa untuk dijual oleh toko, biasanya toko seperti ini tidak menyediakan barang dengan skala banyak.

 

– Pre order

Konsep pre order dikenal dengan toko yang memproduksi barang saat ada permintaan saja, maka dari itu toko tidak akan memproduksi barang saat tidak ada pembeli yang meminta. Konsep ini membuat toko tidak memiliki barang siap jual.

Masih banyak istilah-istilah yang bisa anda ketahui tentunya, hanya saja 11 Istilah dalam Bisnis online yang perlu anda Ketahui di atas akan sangat membantu anda dalam jual beli online.

Untuk membantu anda memulai bisnis online tanpa modal besar, anda bisa menggunakan web hosting murah dari Gapurahoster untuk memulai membangun website bisnis sendiri.  Hanya 98 Ribu per tahun website anda bisa online, menjangkau pelanggan lebih luas dan lebih banyak dan tentunya akan menghasilkan penjualan yang lebih besar lagi dari saat ini!

Gunakan juga Biolink dari Linkprofil.com untuk memudahkan anda membuat bio social media yang lebih menjual, tampak profesional dan pastinya memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi & bertransaksi dengan anda.

Waranugraha Yogya - High Wizard @ Gapurahoster - Menyukai hal baru seputar teknologi, digital marketing & bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 4 =